Tips

14 Tips Melamar Kerja Agar Cepat Dipanggil Interview

Bekerja diperusahaan yang diharapkan adalah impian setiap orang. Ketika masih menempuh pendidikan, pasti mereka sudah menyusun rencana tentang kariernya dimasa depan. Dimana dia akan bekerja, perusahaan apa yang cocok dengan studinya dan bagaimana cara dia meniti karier agar bisa sukses. Berikut pembahasan mengenai Tips Melamar Kerja Agar Cepat Dipanggil Interview.

Namun tidak jarang orang mengabaikan hal yang sangat penting. Yaitu langkah pertama yang akan bisa membawanya ke gerbang kesuksesan. Hal itu tak lain adalah lamaran kerja. Perlu kamu tahu, lamaran kerja adalah titik awal pihak perusahaan akan menilaimu. Jadi kamu perlu mempersiapkannya secara matang.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengirimkan lamaran kerja. Pada kesempatan ini, sahabat senang berbagi akan memberikan 14 tips melamar kerja agar cepat dipanggil interview. Yuk langsung aja kita simak, apa aja sih yang harus kita siapkan kalo mau melamar kerja?

Inilah 14 Tips Melamar Kerja Agar Cepat Dipanggil Interview

Tips Melamar Kerja Agar Cepat Dipanggil Interview
Sumber Gambar : www.freepik.com

1. CV yang Menarik

Tips melamar kerja yang pertama adalah CV yang menarik. CV (Curiculum Vitae) adalah salah satu hal yang sangat penting saat melamar pekerjaan. Kenapa sih CV penting? Biasanya pihak perusahaan akan menilai kandidat calon karyawan dari CV, Karena di dalam CV terdapat biodata pelamar. Berikan informasi yang lengkap mulai dari data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja atau magang, dan keahlian. Buatlah CV semenarik mungkin agar pihak perusahaan penasaran dan menjadikanmu sebagai kandidat calon karyawan.

2. Pilih Pekerjaan Sesuai Jurusan

Hal lain yang harus diperhatikan saat melamar kerja adalah jenis pekerjaannya. Contohnya jika jurusan study kamu perpajakan maka kamu harus melamar ke kantor pajak. Jangan sampai jurusan study dan pekerjaan yang kamu pilih bertolak belakang. Karena itu akan membuat pihak HRD tidak menghiraukan kalian karena skill

kamu bukan disitu.

3. Perbanyak Relasi

Nah kalau tips melamar kerja yang satu ini ampuh banget nih. Memperbanyak relari atau jaringa pertemanan itu penting banget. Apalagi saat kamu lagi cari kerja, kamu bisa dapatkan info lowongan pekerjaan dari teman. Kamu juga bisa mendapatkan bocoran tentang perusahaan. Kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang cara melamar kerja disana, Apa saja syarat-syaratnya agar bisa cepat dipanggil interview dan diterima kerja diperusahaan tersebeut.

4. Kirimlah Lamaran Ke Beberapa Perusahaan

Saat melamar kerja, jangan sampai kamu melamar hanya ke satu perusahaan saja. Apalagi jika belum tentu kamu akan diterima di perusahaan tersebut. Tips melamar kerja selanjutnya yaitu kamu harus mengirimkan lamaran pekerjaan ke beberapa perusahaan. Hal ini akan membuat peluang kerjamu semakin besar. Jaman sudah semkin canggih, kamu bisa mengirimkan lamaran lewat aplikasi atau email. Jadi kamu tidak perlu datang ke perusahaan langsung.

5.Cantumkan Keahlian

Tips melamar kerja selanjutnya adalah dengan mencantumkan keahlian. Hal ini dijamin ampuh dan membuat kalian cepat dipanggil interview. Kamu bisa cantumkan keahlianmu seperti kemampuan teknologi, menguasai bahasa asing, dan dan kemampuan lainnya yang bisa membuat pihak perusahaan melirik lamaran kerja kamu.

6. Gunakan Jasa Headhunter

Headhnter adalah rekruter yang mencarikan kandidat bagi perusahaan yang membutuhkan karyawan. Ketika kamu sudah melakukan berbagai cara untuk melamar kerja, tapi belum juga dapat kerjaan, kamu bisa menggunakan jasa headhunter. Tips melamar kerja ini juga direkomendasikan, karena dapat membuat kamu semakin cepat mendapatkan pekerjaan. Namun kamu harus hati-hati dalam memilihnya, pilihlah headhunter yang bisa dipercaya dan sudah banyak yang menggunakan jasanya.

7.  Sesuaikan Gaji

Ketika kamu mengisi form lamaran kerja, biasanya ada kolom gaji. Disitu kamu bisa sebutkan berapa gaji yang kamu inginkan. Tips melamar kerja selanjutnya yaitu sesuaikan gaji. Biasanya tiap perusahaan memiliki ukuran gaji masing-masing pegawai sesuai dengan posisinya. Kamu bisa menyebutkan gaji standar perusahaan tersebut. Jangan terlalu kecil dan jangan juga terlalu besar, Ini adalah salah satu hal yang menjadi pertimbangan pihak perusahaan.

8. Memberi Subject Yang Jelas

Ketika mengirim lamaran kerja lewat email. Usahakan kamu mengisi subjectnya dengan jelas. Misal di perusahaan tersebut sedang buka lowongan untuk Admin maka kamu bisa bisa mengisi subject email dengan Apply for Administration. Jika kamu tidak mencantumkan subject, maka kemungkinan besar pihak perusahaan akan mengabaikan email yang kamu kirim. Kamu bisa coba tips melamar kerja ini

9. Ceritakan Pengalaman Kerja Di CV

Tips melamar kerja selanjutnya yaitu dengan menceritakan pengalaman kerja di CV. Jangan merasa malu atau sungkan untuk cerita tentang pengalaman kerja sebelumnya. Semakin bagus pengalaman kerjamu maka semakin bagus juga peluang kerjanya. Selain pengalaman kerja, kamu juga bisamencantumkan IPK (Indeks prestasi komulatif) dan nilai TOEFL yang kalian peroleh.

10. Surat Lamaran Kerja yang Benar

Tips lamatran kerja Selain CV, yang harus kamu perhatikan yaitu surat lamaran kerja. buatlah surat lamaran kerja dengan benar karena itu bersifat resmi. Walaupun sudah ada CV kamu tetap harus menyertakan surat lamaran kerja. isi dari surat lamaran kerja terdiri dari pembuka, data diri, maksud dan tujuan dari surat lamaran, lampira berkas-berkas dan penutup. Surat lamaran kerja harus ditulis tangan, tulis lah dengan rapih dan jangan ada kata yang salah atau typo.

11. Pakailah Pakaian Formal

Tips melamar kerja selanjutnya, jika kamu memilih untuk melamar kerja secara langsung, maka kamu harus memakai pakaian formal yang rapih dan sopan. Biasanya pelamar menggunakan setelan hitam putih, kamu juga bisa memakai jas hitam agar terlihat lebih profesional.

12. Sopan Santun

Saat melamar kerja baik secara online maupun datang langsung ke perusahaan, hal yang harus kamu perhatikan yaitu sopan santun. Jangan sampai kamu melontarkan kata-kata jorok atau kasar. Itu akan membuat performamu sebagai kandidat tercoreng. Bicaralah dengan bijak dan santun agar kamu masuk ke list kandidat calon karyawan seperti yang di harapkan.

13.Jangan Alay di Media Sosial

Ketika akan melamar kerja, hal yang harus kamu perhatikan adalah media sosial. Biasanya sebelum menetapkanmu sebagai karyawan, perusahaan akan mencari tahu sedetail mungkin tentang kamu, salah satu caranya yaitu dengan melacak di media sosial. Jangan sampai kamu meng-upload  hal-hal negatif di media sosial. Kemungkinan nesar itu akan membuat namamu di blacklist di perusahaan.

14. Kirim Lamaran Kerja dengan Beberapa Cara

Tips melamar kerja yang terakhir yaitu kirim lamaran kerja dengan beberapa cara. Seperti kita ketahui bahwa ada banyak sekali cara untuk melamar kerja, kamu bisa menggunakan berbagai cara untuk melamar ke perusahaan yang sama. Kamu bisa mengirim lamaran lewat email, website perusahaan, kirim lamaran secara langsung dan masih banyak cara lainnya yang bisa kamu lakukan. Hal ini akan membuat pihak perusahaan yakin bahwa kamu sungguh-sungguh untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Artikel Lainnya : 13 Tips Menghadapi Senior Ditempat Kerja

Akhir kata

Itulah 14 tips melamar kerja agar cepat dipanggil  interview. Kamu wajib melakukannya jika memang kamu benar-benar ingin cepat mendapatkan pekerjaan. Namun, jangan lupa untuk tetap dorong usaha kalian dengan doa. Karena usaha tanpa doa akan berujung sia-sia. Good Luck!

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close