Dunia InternetTechnologyTipsTIPS DAN TRIK

Cara Live Streaming di Youtube Tanpa Ribet

Cara live streaming di youtube

Ada banyak cara live streaming di Youtube yang bisa anda gunakan sebagai pemilik channel atau content creator. Karena bila diperhatikan, kini live streaming atau tayangan langsung tengah menjadi trend di antara para Youtuber, khususnya jika anda memiliki konten seputar gaming, memasak, menggambar dan seni, atau musik.

Sebab dibandingkan menonton tayangan reguler, tentunya viewers dan subscribers lebih suka menyaksikan live streaming secara langsung. Sebab lebih terasa kedekatan antara anda dan viewers di live streaming dibanginkan dengan di tayangan biasa yang sudah di edit.

Selain itu dari sisi content creator, anda juga tidak perlu mengedit kembali video yang akan ditayangkan. Jadi cara live streaming di Youtube ini akan menghemat waktu dan tenaga yang dikeluarkan untuk mengedit video.

2 Cara Live Streaming di Youtube

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk memulai live streaming di Youtube. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan encoder dan cara yang kedua menggunakan webcam. Berikut ini adalah penjelasan untuk kedua cara live streaming di Youtube.

1. Live Streaming dengan Encoder

Untuik cara yang pertama, anda perlu memiliki encoder baik yang berupa software maupun hardware. Encoder ini adalah media agar layar yang ada di komputer atau di console anda bisa ditampilkan ke dalam live streaming Youtube dan bisa disaksikan oleh viewers.

Ada dua jenis encoder yang bisa digunakan. Pertama adalah software encoder yang menampilkan layar komputer. Contohnnya :

  • OBS (Open Broadcasting Software)
  • Bandicam
  • Stage Ten
  • Stream Labs
  • XSplit

Sedangkan yang kedua adalah hardware encoder. Alat ini akan menayangkan tampilan pada tv, console, atau media lainnya yang bukan komputer. Beberapa contoh hardware encoder adalah :

  • Elgato
  • Teradek Vidiu Pro
  • LiveU Solo
  • Air Server

Anda bisa mengunduh salah satu dari banyak software encoder yang tersedia baik gratis maupun berbayar. Bila sudah, silahkan ikuti langkah – langkah di bawah ini.

  1. Pastkan encoder sudah terpasang dengan benar dan sudah menampilkan layar komputer maupun console anda
  2. Masuk ke menu live streaming di website Youtube, kemudian masukan judul, deskripsi dan thumbnail yang ingin digunakan
  3. Kemudian masukan tags dan jadwal bila anda ingin live streaming tayang pada waktu yang ditentukan
  4. Jika halaman live streaming Youtube sudah tersambung dengan encoder, anda bisa memilih kualitas output menjadi rendah atau tinggi. Kami sarankan untuk menggunakan latency rendah bila koneksi internet anda kurang stabil
  5. Selanjutnya atur status live streaming menjadi publik, privat, atau tidak publik
  6. Jika semua sudah siap, live streaming bisa segera dimulai

Baca juga : cara upload video youtube.

2. Cara Live Streaming Youtube dengan Webcam

Cara yang berikutnya bisa anda lakukan tanpa menggunakan encoder. Namun untuk merekam dan menampilkan tayangan di live stream, anda membutuhkan webcam baik yang sudah menyatu dengan laptop ataupun yang terpisah.

Selain itu, terdapat persyaratan lain yang perlu dipenuhi untuk memulai live streaming dengan webcam. Di antaranya adalah :

  • Menggunakan browser Chrome 60+ atau Firefox 53+
  • Channel Yotube sudah terverifikasi dan tidak dalam masa pembatasan

Jika semua syarat sudah dipenuhi, anda bisa ikuti langkah – langkah di bawah ini.

  1. Masuk ke halamam Youtube Webcam
  2. Verifikasi channel dan izinkan browser untuk mengakses kamera serta mikrofon
  3. Masuk ke halaman Live Streaming
  4. Buat judul, deskripsi, thumbnail, tags, dan setelan privasi
  5. Tekan Berikutnya dan Live Stream sudah bisa dimulai

Baca juga : cara monitize channel youtube.

Demikianlah cara live streaming di Youtube menggunakan webcam dan menggunakan encoder. Silahkan anda pilih cara mana yang paling mudah untuk diikuti.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close