Home » TIPS DAN TRIK » 7 Tips Mencegah dan Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

7 Tips Mencegah dan Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, salah satu permasalahan yang sering muncul selama menunaikan ibadah puasa ialah bau mulut. Bau tidak sedap dalam mulut terkadang sulit dihindari karena kondisi mulut yang cenderung kering dan tidak beraktivitas selama puasa dan juga akibat adanya bakteri dalam mulut. Tips mencegah bau mulut saat Puasa

Bau mulut saat puasa bisa muncul secara alami karena tidak makan dan minum selama seharian. Selain itu, banyaknya sisa makanan yang menumpuk di sela-sela gigi juga memicu bau tidak sedap. Jangan sampai bau mulut menggangu waktu puasa dan membuat tidak percaya diri saat ngobrol dengan orang lain.

Untuk mengatasi bau mulut saat puasa, di bawah ini deretan tips yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut.

Bau Mulut
Source : Pixabay

Inilah 7 Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

1. Jaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Jangan lupa sikat gigi setelah makan sahur agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal dan menjadi sarang berkembangnyaa bakteri di mulut. Sikat gigi dan bersihkan mulut seperti biasa bisa mencegah bau mulut secara alami saat puasa.

Pastikan juga kebersihan lidah untuk menghindari bau mulut dan nafas yang tidak segar dengan cara menyikat lembut bagian atas lidah dengan gerakan memutar.

2. Minum Air yang cukup

Untuk mengatasi bau mulut saat puasa diusahakan minum air putih antara 8-10 gelas saat sahur dan berbuka untuk meminimalisir bau mulut saat puasa. Air putih yang kita minum akan meningkatkan produksi air liur, sehingga kebersihan mulut akan terjaga dan terhindar dari bau yang tidak sedap.

Baca Juga:  Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Aplikasi Snack Video Terbaru

Minum air putih paling tidak 8 gelas juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat puasa serta kita bisa tetap segar sepanjang hari.

3. Minum Teh Hijau Saat Sahur dan Berbuka

Bukan hanya air putih, dengan minum teh hijau dapat mencegah bau mulut ketika puasa. Dalam teh hijau terdapat kandungan polifenol atau antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi bakteri pada saluran pernafasan dan mulut.

Baca Juga : Cara Bayar Zakat Online Tanpa Ribet

Manfaat lainnya dari teh hijau ialah mengurangi peradangan pada rongga mulut dan gangguan pernafasan akibat asap rokok. Jadi, jangan lupa siapkan teh hijau tanpa gula pada saat sahur dan berbuka puasa agar kita dapat merasakan manfaatnya.

4. Berkumur supaya mulut bersih dan segar

Dengan berkumur dengan benar, bisa membersihkan kotoran dan bakteri yang ada di dalam mulut. Berkumur sudah terbukti dapat membantu membersihkan mulut sehingga bau mulut dapat teratasi.

Kita juga bisa berkumur dengan menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik karena dapat membantu membersihkan mulut dan menjauhkan dari nafas yang tidak segar. Antiseptik dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut saat puasa.

5. Hindari Makanan yang Berbau Saat Sahur

Perbanyak konsumsi sayur dan buah saat sahur dan berbuka bisa membuat mulut lebih terasa segar ketika berpuasa seharian. Buah dan sayur yang bisa kita konsumsi untuk mencegah bau mulut ialah apel, pisang, jeruk dan wortel.

Artikel Lainnya : 5 Rekomendasi Zakat Online Terpercaya

Agar terhindar dari bau mulut saat berpuasa sebaiknya kita hindari makanan yang memiliki bau menyengat seperti jengkol, petai, dan bawang saat makan sahur. Selain itu hindari juga makanan yang lengket seperti cokelat, eskrim dan sebagainya. Jika tetap ingin memakannya segeralah bersihkan mulut supaya sisa makanan tidak menempel di gigi setelah memakannya.

Baca Juga:  20 Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana

6. Bersihkan Karang Gigi

Penyebab utama dari bau mulut adalah karang gigi. Bukan hanya saat berpuasa saja kita harus memperhatikan kebersihan mulut, tetapi sudah seharusnya kita menjaga kesehatan mulut kita agar tidak ada karang gigi yang menempel.

Dengan demikian maka dapat mengurangi masalah bau mulut dan gigi, Sehingga bau mulut dapat kita hindari bukan hanya pada saat puasa.

7. Tidak Tidur Berlebihan Saat Puasa

Cara alami mencegah bau mulut saat puasa bisa dilakukan dengan tidak tidur berlebihan di siang hari saat berpuasa. Tidur terlalu lama disiang hari pada saat puasa tidak baik walaupun hitungannya ketika tidurnya orang berpuasa adalah ibadah, akan tertapi apapun hal yang berlebihan justru tidak baik.

Baca Juga : 40 Menu Sahur Praktis yang Mudah Untuk Disajikan

Pada saat tidur tubuh akan memperoduksi sedikit air liur sehingga mulut menjadi kering dan hal tersebut bisa menyebabkan bau mulut.

Akhir Kata

Jangan sampai kita malas menjaga kebersihan mulut agar nafas segar sepanjang hari selama menjalankan ibadah puasa. Ikuti Beberapa Tips diatas agar kita terhindar dari bau mulut saat puasa.

Semoga Bermanfaat

Tinggalkan komentar