Life StyleTips
Trending

8 Persiapan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan Agar Semakin Berkah

Tak terasa Ramadhan sudah di depan mata. Bulan yang penuh berkah akan segera tiba, berbagai macam tayangan iklan sirup di televisi pun sudah muncul, seperti alarm pemberitahuan kepada warga indonesia bahwa bulan suci ramadhan sudah dekat. 8 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Untuk menyambut bulan suci ramadhan dan juga menunaikan ibadah puasa secara maksimal, harus memerlukan persiapan yang matang agar segala ibadah yang kita laksanakan pada bulan ramadhan semakin berkah.

Persiapan menyambut bulan suci ramadhan

Persiapan menyambut bulan suci ramadhan

Simak apa saja yang perlu kita persiapkan untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini

1. Persiapan fisik dan mental Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Bulan suci ramadhan ialah bulan yang sangat dianjurkan untuk berbuat segala kebaikan dan ladang mengumpulkan pahala. Ditambah dengan ibadah puasa menahan lapar dan dahaga, sudah pasti kita memerlukan kondisi fisik yang prima. Kalo sampai jatuh sakit, tentu saja membuat ibadah jadi nggak maksimal.

Baca Juga : 40 Menu Sahur Praktis yang Mudah Untuk disajikan

Kita harus menjaga kondisi fisik mulai dari sekarang dengan mengurangi segala kebiasaan buruk yang tidak sehat seperti bergadang. Mulailah dengan berolahraga agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Bukan hanya kondisi fisik saja yang perlu dipersiapkan, mental juga harus kita persiapkan karena pada bulan ramadhan kita akan beribadah puasa dengan optimal selama satu bulan lamanya. Sambutlah bulan suci ramadhan dengan jiwa yang bersih dan ketulusan hati.

Dengan demikian, segala kesulitan dan sikap malas ibadah bisa diatasi dan dihilangkan. Ibadah akan menjadi lebih menyenangkan.

2. Perdalam Ilmu Agama

Persiapan dalam menyambut bulan suci ramadhan selanjutnya adalah dengan memperdalam ilmu. Mempelajari mengenai hal apa saja yang seharusnya dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan pada saat bulan ramadhan. Pelajari pula tata cara beribadah dengan baik.

Tidak ada salahnya kita memperbanyak bacaan-bacaan mengenai agama sebelum menyambut bulan suci ramadhan dan sering-seringlah mengikuti forum agama untuk memperdalam pengetahuan kita agar bisa menunaikan ibadah di bulan suci ramadhan dengan lebih khusyu.

3. Persiapkan Kebutuhan Ramadhan

Persiapan dalam menyambut bulan suci ramadhan yang penting dilakukan adalah dengan mempersiapkan segala kebutuhan sehari-hari di bulan ramadhan mulai dari perlengkapan ibadah hingga keperluan dapur.

Agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan maksimal, tentunya kita harus mempersiapkan kebutuhan sahur dan buka dengan makanan yang bergizi, mulai dari sembako hingga bumbu masak yang memadai.

Baca Juga : 5 Buah-buahan yang Populer Saat Bulan Ramadhan

4. Perkuat Iman

Persiapan dalam menyambut bulan suci ramadhan yang paling mendasar adalah persiapan iman. Persiapan secara keimanan bisa dilakukan dengan mulai melatih dan mengendalikan kebiasaan yang kurang baik sehari-hari.

Misalnya bisa mulai dengan hal yang sederhana dengan memastikan shoalt Lima Waktu tepat waktu.

5. Membersihkan Halaman Sekitar

Kebersihan adalah bagian dari Iman, Slogan itu benar adanya. Dengan kita membersihkan lingkungan sekitar, lingkungan rumah, bahkan ikut serta dalam membersihkan masjid atau mushola akan lebih baik.

Pada saat menyambut bulan suci ramadhan, biasanya diadakan kerja bakti atau membuat hiasan untuk menyambut bulan penuh berkah ini. Jika lingkungan kiata bersih, pastinya ibadah juga akan lebih nyaman. Jadi, kita harus senantiasa menjaga kebersihan.

6. Persiapan Materi

dalam menyambut bulan ramadhan, persiapan bukan hanya dari fisik dan mental saja persiapan materi juga tidak boleh dilewatkan. Menjelang Ramadhan, harga-harga barang biasanya akan meningkat.

Maka dari itu, kita harus pandai-pandai dalam mengelola keuangan dengan hidup hemat untuk memenuhi kebutuhan dan juga amal ibadah di bulan suci ramadhan.

Artikel Lainnya : 20 Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana

7. Persiapkan Perlengkapan Ibadah

Hal yang tak kalah penting dalam menyambut bulan suci ramadhan adalah dengan adanya perlengkapan ibadah yang terpenuhi, hal ini sangat penting untuk mendukung dalam mempertebal iman kita di bulan suci ramadhan.

Agar ibadah bisa dilakukan secara maksimal maka dari itu kita harus mempersiapkan segala perlengkapannya mulai dari sajadah, sarung, mukena, peci, hingga pakaian yang bersih.

8. Mengharap ampunanNya

Jika semua persiapan diatas sudah dilakukan, tinggal kita pasrah berdo’a dan berharap kepada Allah SWT agar dosa yang terlah diperbuat dapat diampuni olehNya dan kita bisa memasuki bulan ramadhan dalam keadaan suci.

Selalu bersyukur dan memuji Allah atas kedatangan bulan yang penuh berkah ini. Semoga tahun ini kita dipertemukan lagi dengan bulan ramadhan dan bisa menjalankan segala Ibadah di bulan suci ramadhan dalam keadaan sehat Walafiat.

Akhir Kata

Sebelum menyambut bulan suci ramadhan bulan yang penuh berkah ini sebaiknya kita mempersiapkan segalanya agar kita mampu menjalankan ibadah puasa serta ibadah lainnya di bulan suci ramadhan dengan nyaman.

Demikianlah artikel tentang persiapan dalam menyambut bulan suci ramadhan agar semakin berkah. Semoga kita senantiasa dalam keadaan sehat agar bisa menjalankan ibadah puasa tahun ini. Semoga bermanfaat

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close