BISNIS ONLINEDunia InternetPeluang UsahaTechTips

Tips Simple Meningkatkan Penjualan Barang Secara Online

Halo sahabat senang berbagi kali ini mimin akan membagikan Tips Simple Meningkatkan Penjualan Barang Secara Online. Mungkin saat ini banyak sekali orang yang terjun menjual barangnya secara online. Entah itu barang elektronik, kebutuhan kantor dan kebutuhan sehari-hari. Atau juga mungkin fashion, makanan, cemilan, snack atau juga berupa barang lainnya. Yang jelas sekarang penjualan barang dan sejenisnya semakin maju dengan adanya teknologi internet ini.

Buat yang baru terjun atau sudah lama pada penjualan barang secara Online jangan buang waktu lagi. Anda harus banyak membaca bagaimana berjualan online yang baik. Persaingan dalam dunia online ini tidak hanya orang sekampung, kecamatan, kota saja. Persaingan saat ini sudah sampai tingkat nasional bahkan mungkin hingga internasional. Jadi perlu sekali pengetahuan agar kita dapat sukses dalam berjualan secara online ini.

Nah buat anda yang ingin berjualan barang secara online bisa perhatikan tips sederhana dari mimin ini. Sudah mimin praktekan juga dan alhamdulillah bekerja baik. Yang terpenting harus sabar dalam melayani calon pembeli barang online anda. Karena hampir setiap orang banyak yang bertanya dulu sebelum membeli barangnya. Jadi anda harus sabar menunggu calon pembeli anda membeli dan melakukan transaksi pembelian barang yang anda jual.

Berikut adalah Tips Simple Meningkatkan Penjualan Barang Secara Online yang bisa kamu mulai dari yang paling sederhana sekali. Karena bisa langsung temen-temen lakukan dan praktekan.

Tips Simple Meningkatkan Penjualan Barang Secara Online

Tips Simple Meningkat Penjualan Barang Secara Online

1. Tentukan Produk Yang Akan Anda Jual

Jualah barang yang tidak dijual ditempat anda, mimin dulu pernah mengikuti seminar kewiraushaan saat mimin masih duduk bangku kuliah. Saat itu mimin ingat sekali pematerinya menjelas yang mana beliau bilang jualah barang yang tidak ada pada tempat kamu. Artinya kita jual barang yang bagus yang tidak orang lain jual. Menentukan produk yang akan anda jual ini memang sangat penting karena ini yang akan kita pasarkan secara online nantinya. Mulai dari Fashion, Cemilan mungkin, Makanan khas daerah anda, ataupun produk lainnya yang memiliki daya jual yang menguntungkan. Tentunya dengan menentukan produk yang belum banyak orang jual ini akan mengurangi pesaingan anda dalam penjualan barang secara online. Jika memang tidak cukup dengan tips yang pertama kita perhatikan tips yang berikutnya untuk meningkatkan penjualan.

2. Bahasa dan Kata Yang Harus di Perhatikan saat mempromosikan Produk Yang Akan Anda Jual

Bahasa dan kata-kata ini juga harus anda tentukan sangat sederhana memang namun ini dapat meningkatkan penjualan anda. Misalnya harga murah anda ganti dengan kata harga terjangkau. Khuss jadi kata spesial, beli jadi kata miliki, produk ganti jadi solusi, potongan harga jadi penawaran spesial. Untuk panggilan anda bisa gunakan juga, kata kaka, bunda atau anda. Kurangin kata-kata formal seperti saya dsb yang tentunya sangat sederhana namun bisa sobat coba praktekan. Dengan begitu calon pembeli kita lebih nyaman dan lebih tertarik membeli produk kita secara online pastinya. Bahasa juga sangat kita butuhkan harus sabar dan sopan dalam melayani pemebeli kita jangan emosian karna memang rizki sudah allah tentukan dan tidak akan tertukar.

3. Pilih Sosial Media Yang Paling Anda Sukai Untuk Berjualan

Banyak juga sih sosial media yang bisa anda gunakan untuk berjualan secara online. Yang terpenting anda suka dan nyaman berjualan pada sosial media sebut sajah Facebook, WhatsApp, Instagram. Mungkin anda suka dengan Twitter, Youtube, pinterest dan masih banyak lagi. Pilihlah sosial media yang anda sukai untuk berjualan. Kemudian carilah pelanggan dan calon pembeli barang setiap harinya. Tentu harus sabar untuk mendapatkan pembeli dan pelanggan baru dari sosial media ini. Karena banyak sekali saingan kita tidak hanya kita sajah yang berjualan.

4. Manfaatkan Fitur-Fitur Sosial Media Pilihan Anda

Tips yang ke-4 ini yang paling penting setelah anda menggunakan sosial media itu untuk mempromosikan produk anda. Pastikan lebih membaca dan mencari tahu fitur-fitur sosial media tersebut. Seperti pada Facebook misalnyanya Grup-Grup, Fanspage, Marketplace, dan Postingan. Silahkan gunakan bahasa dan kata-kata yang dapat memikat calon pembeli dan pelanggan baru anda lagi. Karena dengan fitur-fitur tersebut akan jadi lebih mudah sekali dalam meningkat penjualan barang secara online.

Kemudian fitur dari Sosial Media lainnya seperti WhatsApp anda bisa menyisipkan nomor WA anda. Tambahkan juga WA Link yang langsung masuk ke WhatsApp chat anda. Silahkan buat WA Link dengan masukan nomor hp anda misalnya. https://wa.me/no.hp awa anda. Atau anda bisa menambahkan deskripsi untuk isi chat wa anda. Berikut caranya.

https://api.whatsapp.com/send?phone=081223879xxx&text=Saya%20tertarik%20untuk%20membeli%20produk%20ini%20segera.

Penjelasannya &text yaitu untuk menambahkan pesan pada link whatsapp, dan %20 untuk menambahkan spase pada isi pesan WA anda. Jadi silahkan manfaatkan fitur-fitur tersebut untuk meningkatkan penjualan barang secara online anda. Belum lagi pada instagram, twitter dan Youtube bisa anda cari tahu karena memang masih banyak cara agar penjualan barang anda lebih naik lagi dengan sosial media ini.

5. Mempromosikan Barang Anda dengan Berbayar

Tips ini banyak dilakukan oleh perusahaan dan pelaku usaha yang sudah serius dengan barang yang mereka jual. Karena dengan mempromosikan barang anda dengan berbayar ini akan menjangkau orang seluruh Indonesia bahkan dunia. Karena memang sifatnya tertarget yang bisa kita seting sesuai yang kita inginkan. Namun sayangnya tips ini harus membutuhkan biaya lebih agar anda dapat menggunakan fitur promosi barang anda secara maksimal.

Sebut saja seperti FB ADS, Google Ads, Instagram Ads, Tiktok Ads dan masih banyak lagi. Tentunya dengan teknik ini anda bisa menjangkau semua calon pembeli dan pelanggan baru anda bahkan hingga seluruh Indonesia dan luar negeri sekalipun. Karena memang dengan fitur berbayar ini perusahan memberikan lebih fitur sesuai yang kita inginkan pastinya. Secara otomatis lebih mudah lagi dalam meningkatkan penjualan barang secara online. Namun butuh modal dan juga pengetahuan lebih lagi untuk mencobanya. Jadi silahkan pelajari lagi tentang tips yang ke-5 ini sederhana sih cuman rumit dan membutuhkan waktu dan modal untuk mempraktekannya.

6. Buat Akun dari Situs/Aplikasi Toko Online

Tips yang ke-6 ini buat anda yang sudah serius ingin berjualan online secara maksimal silahkan anda buat akun dari situs/aplikasi terbaik. Sebut saja Olx, Lazada, Shopee, Tokped, Bukalapak, JD.ID dan masih banyak lagi. Jadilah penjual atau reseller pada situs atau toko online yang anda pilih kemudian anda masukan barang yang akan anda jual. Buat judul barang, deskripsi barang, kemudian foto real pict, dan harga barang yang anda akan jual. Tentunya itu sangat perlu untuk anda mendapatkan calon pembeli dan pelanggan pada situs/toko online terbaik di Indonesia.

Cari tahu bagaimana bisa sukses jualan di Olshop terbaik tersebut dan dapat meningkat penjualan barang secara online anda. Karena banyak tips dan triknya dengan membuat akun dan membuka lapak pada toko online tersebut. Selain itu saingannyapun jutaan orang mungkin produk yang sama kita jual. Makanya dari tips yang pertama sudah membahasnya agar kita dapat meningkatkan penjualan barang secara online. Jadi silahkan anda coba tipsnya dan semoga sukses ya jualan secara online ini.

7. Fokus dalam berjualan barang secara Online

Jujur saja karna mimin senang sekali dalam menulis dan kebebasan bisanya malah tidak aktif dan fokus berjualan barang online ini. Jangan sampe ada pembeli anda malah sedang fokus pada bidang lainnya. Karena konsumen/pembeli bisanya akan terus menanyakan barang yang anda jual. Apakah layak atau tidaknya mereka beli mulai dari kualitas barang, ukuran, type, warna, stock barang, harga barang. Mereka akan banyak sekali menanyakan tentang itu semua. Jika anda sudah sukses selalu aktif dan fokus fastrespon juga bisanya pelanggan dan pembeli anda akan senang membeli produk anda. Nantinya anda bisa mendapatkan feedback yang baik dari pelanggan. Dengan begitu bisanya lapak anda akan mendapatkan bintang 5 dan anda mendapatkan testimoni dan ulasan yang baik dari pembeli anda. Silahkan bisa coba ya tipsnya segitu dulu nanti kita bahas lagi lain waktu dan terus simak artikel-artikel dari mimin. Terima kasih.

Artikel Lainnya : 7 Etika Sosial Media Yang Harus Anda Ketahui!

Akhir Kata

Itulah Tips Simple Meningkatkan Penjualan Barang Secara Online yang terpenting anda bisa fokus dan manfaatkan fitur-fitur yang ada. Untuk meningkatkan penjualan barang anda secara online. Tidak hanya itu anda harus terus berprilaku baik dan sopan kepada calon pembeli dan pelanggan anda. Karena etika juga anda harus jaga dan ramah kestiap calon pembeli anda agar mereka senang dan puas belanja pada lapak anda. OK Terima kasih semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close