Home » Tips » Tips Simple Menjaga Kebun Pertanian dari Sampah

Tips Simple Menjaga Kebun Pertanian dari Sampah

Halo sahabat senang berbagi kali ini mimin akan membagikan Tips Simple Menjaga Kebun Pertanian dari Sampah. Sampah memang ada dua jenis sampah organik dan anorganik. Yang mana sampah organik ini sangat mudah terurai bedanya dengan sampah anorganik sangat sulit terurai.

Jadi buat yang suka main ke kebun pertanian yang mungkin keluarga kita sedang panen anda harus menjaganya dari sampah-sampah. Khususnya dari sampah anorganik ini seperti plastik, sedotan, kaleng dan masih banyak lagi sampah lainnya yang dapat merusak kebun pertanian kita.

Ada beberapa Tips Simple Menjaga Kebun Pertanian dari Sampah yang mungkin tidak sadari kita sering lakukan. Yang tentunya kebiasaan ini tidak patut kita lakukan lagi saat ke kebun pertanian. Entah itu cocok tanam ataupun saat panen tanaman yang sudah kita tanam sebelumnya. Berikut adalah Tipsnya dapat anda coba ya semoga mengingatkan.

Tips Simple Menjaga Kebun Pertanian dari Sampah

Tips Simple Menjaga Kebun Pertanian dari Sampah

1. Jangan Beli Makanan dan Minuman dari Luar

Tips yang pertama ini yang sering kita lupakan terkadang kita malah beli makanan dan minuman dari luar. Tentunya makanan yang kita beli pastinya banyak sekali mengandung plastik dan juga terkadang minuman yang kita beli dalam bentuk aqua gelas dan botol mungkin. Tentu saja ini dapat membuat kebun pertanian kita banyak sampah. Ini bukan cara baik kita dalam menjaga kebun kita tetap bersih dari sampah dan juga limbah yang kita bawa dari luar ke kebun pertanian.

Baca Juga:  5 Cara Mendapatkan Uang dari Android Termudah

Yang baik adalah bawa makanan dan minuman dari rumah sendiri kalau bisa mebawa boto minum agar kita tidak menggunakan aqua saat minum nantinya. Lalu makanan bawa piring pribadi seperti piring plastik. Yang pasti bekasnya dapat kita bawa lagi dan kita cuci lagi dirumah. Dengan begitu kita secara tidak langsung telah menjaga kebun pertanian kita dari sampah-sampah yang tidak sadar kita bawa dari luar.

2. Jangan membeli Jajanan Es saat berkebun

Walaupun terik matahari panas sebaiknya anda tidak membeli jajan es saat berkebun karena ini pasti akan mengundang plastik. Ya pastinya jika anda jajan es saat mau kekebun atau anda menyuruh anak anda untuk membelikan es. Pastinya es yang kalian minum itu dengan plastik secara tidak langsung kita akan membuang plastiknya dikebun juga bukan. Selain itu jika anda membeli es dengan sedotan akan menambah lagi jumlah sampah yang ada pada kebun pertanian tempat anda panen atau bercocok tanam. Jadi dapat anda perhatikan tips sederhana untuk menjaga kebun pertanian anda tetap bersih dari sampah terutama sampah anorganik.

3. Membawa kantong plastik untuk membuang sampah

Tips yang ke-3 ini dapat anda praktekan dan jangan sampe anda lupa membawa kanton plastik untuk tempat membuang sampah. Ya jika anda sudah mempersiapkannya dari rumah anda dapat membuang sampah pada kantong plastik tersebut. Dengan begitu kebun lahan pertanian anda akan selalu tetap bersih dan terhindar dari tumpukan sampah. Terutama sampah plastik, botol, kaleng dsb.

4. Buang botol/bungkus obat hama, urea dan pupuk pada tempatnya

Tips berikutnya yang mungkin kita harus mengingatkan kepada petani atau yang bekerja diladang harus kita ingatkan. Jangan asal buang sampah sembarang termasuk bekas bungkus obat hama, urea dan pupuk. Pastikan itu semua kita buang ketempat sampah kalau bisa kita kumpulkan ya. Terus kita bawa balik dan buang lah pada tempat sampah bukan kita membuangnya di kebun lahan pertanian kita. Tentu jika seperti itu lahan pertanian kita akan banyak sampah dan itu membuat kita tidak nyaman baik saat bekerja ataupun aktivitas bercocok tanam dan juga panen.

5. Rajin Membersihkan Area lahan kebun pertanian

Tentu saja dengan anda rajin membersihkan area lahan pertanian anda akan lebih nyaman lagi saat bertanam ataupun saat panen. Karena terhindar dari tumpukan sampah yang ada. Jikalowpun ada sampah organik wajar saja namanya juga dikebun, nanti juga mudah terurainya beda lagi kalau sampah anorganik akan sulit sekali. Jadi anda perlu sekali untuk membersihkan area lahan kebun pertanian tersebut. Untuk menjaga kebersihan lahan kebun pertanian anda pastinya.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Saldo Shopeepay 10 Juta Terbaru

Artikel Lainnya : 3 Langkah Sederhana Untuk Mengurangi Sampah ditempat Anda

Akhir Kata

Itulah Tips Simple Menjaga Kebun Pertanian dari Sampah agar tempat kita bercocok tanam terhindar dari sampah-sampah anorganik. Selain itu tanah saat kita berkebun akan lebih bagus tidak tercemar oleh plastik, botol dan sampah anorganik lainnya. Semoga dengan artikel ini kita bisa peduli terhadap lingkungan terutama tempat petani bercocok tanam. Itu sangat kita perlukan agar mendapatkan tanaman yang terhindar dari bahan-bahan berbahaya tercemarnya oleh sampah. Ok Terima kasih semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar