Dunia InternetTips

Cara Aman Membeli Barang Secara Online Untuk Pemula

Halo guys kali ini mimin akan membahas Cara Aman Membeli Barang Secara Online Untuk Pemula. Khusus yang baru tahu tentang dunia internet anda wajib waspada terhadap penipuan online ini. Karena saat kita belanja online dan transaksi online pasti ada saja orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan menipu orang khususnya pemula.

Yang jelas anda harus lebih berhati-hati saat melakukan pembelian barangan secara online ini. Yang pastinya wajib berhati-hati saat anda membeli barang dari internet. Seperti sosial media facebook, instaram, whatsapp dll yang jelas itu semua anda harus hati-hati.

Nah kali ini mimin akan membagikan sedikit tentang Cara Aman Membeli Barang Secara Online Untuk Pemula.Yang pasti ini dapat kalian terapkan saat pertama kali membeli barang secara online. Yang jelas anda jangan asal-asalan membeli barang dari online ini karna banyak sekali rippernya.

Cara Aman Membeli Barang Secara Online Untuk Pemula

Cara Aman Membeli Barang Secara Online Untuk Pemula
Sumber Gambar : narahita.com

1. Membeli Barang Langsung dari Aplikasi dan Situs Online Terpercaya

Cara yang pertama yang harus anda lakukan yaitu membeli barang secara online harus bisa dari aplikasi dan situs online terpercaya. Khusus untuk pemula ini anda bisa mengecek platform terpercaya jual beli barang terbesar di Indonesia saat ini. Ya anda bisa mengecek pada Aplikasi dan situs online seperti Bukalapak, JD.ID, Shopee, Lazada, Tokopedia, dan masih banyak lagi platform terpercaya yang dapat anda gunakan untuk membeli barang silahkan masuk pada situs dan aplikasi online terpercaya tersebut.

2. Hindari Membeli Barang dari Sosial Media

Yang kedua anda harus menghindari pembelian barang dari sosial media seperti yang banyak sekali kejadian dari Instagram. Banyak modus penipuan dari sosial media ini dengan iming-iming harga murah dan banyak pembelinya juga. Anda harus peka penipu membuat harga lebih murah dan membuat testimoni palsu untuk mengelabui korbanya. Jadi anda jangan membeli barang dari sosial media apapun itu. Karena untuk pemula sangat berbahaya tidak tahu menau tentang pembelian online dari internet. YA sebaiknya cari aman anda bisa langsung membeli pada toko-toko online terpercaya seperti pada cara yang pertama mimin singgug tadi.

3. Transaksi Menggunakan Metode Pembayaran Yang Terpercaya

Khusus pemula anda jangan asal kirim uang ke penjual secara langsung ini sering terjadi dan sering anda termakan oleh iming-iming penipu. Sebaiknya anda melakukan pembayaran dari Platform jual beli terpercaya pihak ke-3 yaitu seperti Olshop, Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia dan masih banyak lagi platform terpercaya. Yang mana pada saat pembayaran atas nama perusahaan tersebut dengan begitu penipu akan tunduk ke aturan dari platform jual beli tersebut. Jadi jika ada masalah uang yang telah anda kirim dapat anda kembalikan dengan mudah yang pastinya itu aman dan terpercaya khusunya untuk pemula.

4. Pelajari Fitur Pengembalian Barang dari Aplikasi dan Situs Jual Beli Online

Jika anda membeli barang dari aplikasi dan situs jual beli online terpercaya anda harus mengenali apa itu fitur pengembalian barang. Jadi saat anda mendapatkan barang tidak sesuai harapan anda dan tidak sesuai dengan deskripsi anda dapat memanfaatkan fitur ini. Saat ini banyak penjual yang tidak memberikan garansi pada barang yang sudah kita beli. Alhasil kita harus lebih teliti membaca deskripsi barang yang akan kita beli.

Karena jika salah anda akan kesulitan dalam proses pengembalian barang ini. Bahkan harus membayar ongkir sendiri saat ingin mengembalikan barang yang kamu akan return atau kembalikan. Silahkan baca terlebih dahulu dengan teliti jika barang tidak sesuai harapan dapat kembalikan lagi atau tidak. Jika tidak anda sebaiknya pilih penjual/reseller lainnya yang lebih aman lagi dalam memproses pembelian barang secara online jadi harap anda perhatikan ya demi kemabaikan sebagai pembeli online.

5. Pilih Produk Barang seperti Gambar aslinya

Jika anda pemula membeli barang secara online anda bisa memilih produk dengan gambar foto real pict. Ini sangat perlu sekali karena anda akan memilih banyak sekali produk yang sama namun terkedang hasilnya berbeda. Anda sebaiknya memilih produk dengan gambar Real Pict agar tidak tertipu dengan barang aslinya. Karena terkadang dari gambar terlihat bagus namun nyatanya tidak seperti itu. Jadi anda harus telitit juga saat memilih barang yang akan anda beli secara online ini. Khususnya bagi pemula ini sangat penting sekali untuk mendapatkan kepuasan saat anda membeli barang pertama kali secara online. Karena ada saja penjual yang nakal yang memberikan foto bagus namun aslinya jauh dari yang kita bayangkan. Tentu ini harus anda ketahui untuk keamanan dan kenyamanan saat pertama kali anda mebeli barang secara online.

6. Mengetahui Ukuran Barang Yang Hendak Kita Beli

Cara yang ke-6 ini anda harus mengetahui ukuran barang yang akan kita beli misalnya saja pada produk pakaian. Anda harus tahu ukuran anda dan ukuran pada produk barang yang akan kita beli. Ini sangat wajib lakukan agar mendapatkan barang sesuai harapan anda pastinya. Terkadang ada customer yang hanya membeli barang saja tidak teliti pada deskripsi dan ukuran barangnya y jadi alhasil mengecewakan karna barang mungkin terlalu besar atau kecil saat anda kenakan.

Jadi harus teliti dan mengetahui ukuran barang yang hendak kita beli secara online. Apa kaitannya dengan keamanan saat anda membeli barang tentu saja ada guys. Karena jika salah memilih atau penjual lalai anda akan kesulitan menggunakannya dan ujung-ujungnya harus mengembalikan barang kembali. Itu terlalu beresiko apalagi anda tidak menggunakan fitur pengembalian barang saat melakukan pembelian sebelumnya.

7. Kenali Penjual atau Reseller Anda

Poin ke-7 ini sangat penting jika anda tidak mau tertipu baik uang dan juga waktu anda sebaiknya anda kenali siapa penjual atau reseller anda. Anda dapat masuk ke profil penjualnya. Aplikasi dan situs online sudah menyediakannya anda dapat melihat pada halaman profilnya. Jelas dapat dengan mudah rewayat penjual produk barang yang akan anda beli. Karena terkadang pemula tidak memperhatikan ini alhasil barang tidak sampai-sampai dan tidak kunjung mereka proses. Kasus seperti ini memang ada saat penjual itu tidak aktif lebih dari satu minggu sampai satu bulan sebaiknya jangan membeli barang dari penjual/reseller seperti itu.

8. Hindari Pembelian Barang bekas dari Aplikasi dan Situs Online

Khusus pemula anda sebaiknya membeli barang baru saja dari online ini karena jika melibatkan barang bekas. Mimin tidak menjamin temen-temen dapatkan barang terbaik karena ada saja penjual yang nakal. Kita tahu kondisi barangnya seperti apa karena itu adalah barang bekas. Jadi sebaiknya anda hindari membeli barang secara online dengan barang bekas ini. Jadi seperti itu anda bisa membeli barang yang baru agar anda tidak tertipu dengan barang yang anda beli secara online ini.

9. Jangan Membuang Bungkus dari Pembelian barang Online sembarangan

Khusus pemula sebaiknya anda merusak bungkus hasil dari pembelian barang anda secara online. Karena ini dapat disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tentu saja karena identitas kita lengkap ada pada bungkus tersebut saat kurir antar barang ke alamat rumah anda. Jika alamat tersebut tidak anda buang dan musnahkan jangan sampe ada yang mengambil data anda. Seperti nama lengkap, alamat lengkap dan nomor hp anda terlebih lagi tempat atau lokasi rumah anda. Itu sangat berbahaya sekali jadi anda harus lebih waspada saat membeli barang ini. Silahkan pilih platform terpercaya agar data anda mereka lindungi. Selanjutnya anda musnahkan apapun itu yang berkaitan dengan data anda karena itu untuk keaman diri anda sendiri saat pertama kali belanja online.

10. Hindari Pembelian Barang Secara Online dengan Sytem COD dari Orang yang Tidak dikenal dari Sosial Media

Cara yang ke-10 ini jujur mimin belum pernah melakukannya namun jika pemula sebaiknya hindari juga pembelian barang secara online. Dengan system COD yaitu kita ketemu dan menentukan lokasinya. Untuk keamanan dalam bertransaksi anda sebaiknya ajak teman anda yang sudah tahu pembelian barang dari online dengan system COD ini. Selanjutnya anda harus tahu juga kondisi barangnya minusnya apa saja. Terutama barang bekas ini mimin tidak rekomendasikan namun jika anda maksa anda bisa mengajak orang yang sudah berpengalaman COD ini.

Karena yang udah tahu biasanya lebih pinter mengecek kondisi barang sampai anda jadi membelinya. Itulah cara aman saat anda membeli barang secara online yang dapat anda lakukan. Jangan sampe anda tidak puas dan merasa tertipu saaat membeli barang secara online ini. Yang jelas tidak sulit-sulit amat membeli barang online ini yang malah banyak kemudahannya. Yang terpenting anda tahu cara aman membeli barangnya. Ok Terima kasih selamat berbalanja online dan jadi pembeli yang smart ya.

Artikel Lainnya : Tips Belanja Online Agar Mendapatkan Harga Terbaik

Akhir Kata

Itulah 10 Cara Aman Membeli Barang Secara Online Untuk Pemula yang dapat anda praktekan khusus untuk anda pemula saja. Namun jika sudah beberapa kali tentu saja akan jauh lebih tahu dan anda mungkin lebih aman lagi saat bertransaksi membeli barang secara online. Ok Terima kasih semoga bermanfaat artikelnya.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close