Home » wordpress » Pengalaman Pribadi Mengatasi Website WordPress Terkena Virus dan Hacker Jahat

Pengalaman Pribadi Mengatasi Website WordPress Terkena Virus dan Hacker Jahat

Halo sahabat senang berbagi, kali ini mimin akan membagikan Pengalaman Pribadi Mengatasi Website WordPress Terkena Virus dan Hacker Jahat. Ada beberapa bug yang harus anda ketahui kenapa bisa terjangkit virus dan hacker jahat, dapat mengacak-ngacak isi webiste anda.

Pengalaman pribadi saat terkena virus dan hacker pada situs senang berbagi ini, awal mulanya yang pertama pemilihan template yang salah. Pernah mendownload template dari channel youtube kebetulan template tersebut gratis dan premium dan imbasnya mudah terkena virus dan hacker jahat.

Mematikan plugin antivirus seperti wordfence, anti copy paste artikel dan plugin keamanan wordpress lainnya dikira itu hal biasa . Ternyata banyak malware yang tersimpan dan siap mengacak-ngacak isi dari website wordpress kita, dan benar saja banyak ruginya pada website kita.

Benar setelah mematikan antivirus/plugin website down ter redirect ke alamat domain yang tidak kita kenal itu membuat wordpress hancur. Mulai dari visitor anjlok, penghasilan turun derastis,rank site turun jauh dari 900 ribu rank site global menjadi 4 jutaan.

Jadi dapat menjadi pelajaran buat temen-temen wordpress sebaiknya memperhatikan hal-hal kecil yang dapat membahayakan website wordpress anda. Jangan sampai seperti webiste senangberbagi.id ini yang sudah terjangkit Virus dan Hacker Jahat.

Cara Mengatasi Website WordPress Terkena Virus dan Hacker Jahat

Pengalaman Pribadi Mengatasi Website WordPress Terkena Virus dan Hacker Jahat
Sumber Gambar : webhostingadvices . com

1. Ganti Template Website WordPress Menjadi Premium/Template Bawaan WordPress

Tidak perlu template premium anda dapat mengganti dengan template bawaan wordpress yang gratis tanpa harus beli dengan harga yang mahal. Jika ingin pakai tema premium dapat mencari di Tokped atau online shop lainnya atau mungkin penyedia tema premium murah.

Ada yang jual satuan juga dan pastikan orang itu aman ya agar dapat memasang templatenya dengan benar ke wordpress anda. Namun untuk mengatasi virus dan hacker anda harus mencari penyedia template wordpress sekaligus membersihkan Virus/Malware pada situs anda.

Baca Juga:  Cara Menukarkan poin Yougov dengan Paypal

Pengalaman pernah memasang template premium dengan harga 100 ribuan namun itu tidak cukup nambah lagi 200 ribu untuk membersihkan virus-virusnya. Hal yang ia lakukan biasanya mematikan plugin satu-satu, menghapus semua komentar spam, menghapus eksternal link yang mengarah keluar.

Tidak hanya itu ia juga mereset ulang wordpress dan ternyata berhasil menghapus Virus Malware nya. Namun itu tidak cukup mari kita bahas lagi ke cara yang ke dua dan mungkin jadi referensi untuk anda juga. Karena cara ini work namun hanya beberapa virus saja yang terhapus tidak dengan hacker jahatnya teratasi.

2. Hapus Malware/Virus dengan Antivirus Premium

Sebelum cara yang pertama pengalaman pribadi menggunakan cara yang kedua ini yaitu menghapus malware dengan antivirus berbayar. Anda dapat menggunakan Malcare misalnya anda daftar https://malcare.com?src=021126. Pernah menggunakan antivirus dari Malcare dan jika ingin berlangganan kita harus mengeluarkan uang sekitar 99 dollar per tahun.

Berhasil menghaspus Malware yang ada pada wordpress dengan antivirus dari Malcare sampai ke induknya di database dan file php wordpress. Sayang dengan antivirus ini karena mahal selain itu tidak suka karena jika ia aktif akan langsung menghapus file wordpress.

Jadi banyak file yang hilang karena jika terkena virus sedikit saja antivirus ini langsung menghapus dan menyebabkan website kita down. Jadi buat anda yang tidak ingin pusing mengatasi website karena Virus dan Hacker jahat dapat menggunakan antivirus Premium atau berbayar.

Artikel Rekomendasi : Cara Mengamankan WordPress dari Virus Redirect Iklan Popup

3. Cek Fungsi PHP Header dan Wp-Config

Buka halaman tampilan template klik editor berkas tema, nanti buka fungsi php header cek ada script yang aneh atau tidak. Pengalaman pribadi mengatasi Hacker jahat ternyata ia mengganti script adsense dengan ID-PUB mereka ya tujuannya buat naikin penghasilan dari websitenya. Tapi sayang banget karena teknolgi adsense saat ini beda dengan dulu dan harus verifikasi website agar dapat menampilkan iklan yang menghasilkan.

Namun dengan hacker memasang ID-PUB di situs kita itu akan membuat situs tidak menghasilkan karena iklan kita jadi tidak tayang. Kerugian untuk website wordpress jadi anda harus mengecek secara berkala fungsi php yang sensitif diretas para hacker jahat. Fungsi php header, wp-config, htaccess, dan fungsi penting lainnya, harus segera sigap agar Hacker jahat tidak lebih jauh lagi menghancurkan website anda.

Baca Juga:  Cara Membuat Daftar isi dan Artikel Rekomendasi Otomatis di Wordpress

4. Cek Artikel yang terkena hack dan hapus LinkS Eksternal

Ada beberapa artikel yang sudah dimasuki oleh para hacker ia menyisipkan artikel, dan kata kunci yang mengarah kehalaman website meraka. Tugas anda menghapus semua link tersebut khususnya yang mengarah keluar anda dapat menggunakan plugin WP External Links untuk menghapusnya.

Jadi hapus satu persatu atau hapus secara serentak bersamaan dengan menggunakan plugin WP External Links dan hapus aktivitas hacker jahat. Cara ini yang digunakan oleh mimin pribadi untuk mengatas virus dan Hacker jahat yang menyerang situs senang berbagi ini.

5. Ganti Password Admin, Database, dan Cpanel Hosting atau Server Website

Selain menggunakan 4 cara tadi mimin juga mengganti semua semua password seperti password admin, database, cpanel hosting atau server website. Tentu dengan mengganti secara berkala akan menyulitkan hacker jahat meretas dan masuk ke website wordpess anda. Jadi penting sekali mengganti password agar website anda aman dari serangan hacker yang berusaha menguasai website wordpress anda.

Dampak Website WordPress Terkena Virus/Malware dan Hacker Jahat

1. Visitor dan View Website turun derastis sehingga anda akan kehilangan penghasilan, rank site website baik global ataupun rank site lokal.

2. Website down gimana tidak turun semua akses ke website anda akan diarahkan kehalaman meraka dan itu sangat merugikan sekali pemilik website.

3. Terancam kehilangan website WordPress anda selain web anda dimanfaatkan oleh hacker anda juga terancam kehilangan webiste anda. Ya jika hacker ingin memiliki website anda juga bisa karena ia sudah dapat mengendalikan secara penuh dari website anda.

Walaupun jarang tapi ini menjadi dampak yang paling menyeramkan apalagi kalau sampe hacker mengambil website anda. Ya ujung-ujungnya kita akan mengorbankan isi dari website kita dan tentunya dapat menyebabkan kehilangan website kita.

Baca Juga:  Situs Word Online Terbaik Untuk Laptop dan PC

4. Fungsi Website Terganggu seperti biasanya jika sudah terkena virus apalagi sudah kena hack fungsi website terganggu. Seperti penghasilan menurun, page view turun derastis, page one terganggu dan gangguan fungsi website lainnya yang sangat merugikan anda pastinya. Jadi sebaiknya secepatnya anda selesaikan masalah ini jika tidak ingin website anda rusak akibat virus dan hacker.

Penyebab Virus dan Hacker Masuk ke Website WordPress

1.Template gratis tidak jelas sumbernya penyebab utama web terkena virus dan mudah dibobol oleh hacker karena tahu ada bug pada website.

2. Menggunakan Plugin sembarangan biasanya plugin akan terinfeksi virus sebaiknya gunakan fungsi plugin sesuai kebutuhanagar tidak terjangkit virus dan hacker.

3. Sering Share postingan ke sosial media ternyata website anda mudah terkena virus dan hacker jika sering share ke sosial media seperti Grup Facebook, Twitter dan lainnya. Sebaiknya batasi share ke sosial media ya kalau web anda sudah bagus tidak perlu khawatir biarkan pengunjung mencari konten anda.

4. Tidak mengelola dengan baik website anda akan mudah sekali terkena virus, banyak yang hack dan juga melakukan spam pada halaman website. Jadi kelola dengan baik agar situs anda aman dari virus dan juga serangan hacker jahat yang mengincar website anda.

Artikel Lainnya : Tips Mengamankan WordPress dari Hacker

Kesimpulan

Itulah Pengalaman Pribadi Mengatasi Website WordPress Terkena Virus dan Hacker Jahat, yang pastinya jangan sampe anda juga menjadi korbannya. Mimin harap anda segera atasi baik dengan antivirus atau dengan cara manual tadi tapi sebaiknya anda backup dulu website anda agar tidak hilang.

Karena jika sudah terhapus itu sangat sulit untuk mengembalikannya lagi, jadi pastikan anda backup dulu agar aman. Kemudian anda bisa mulai untuk mengatasi masalah karena virus dan hacker website wordpress ini, dengan menggunakan 5 cara tadi. Atau memilik cara lain untuk mengatasi masalah virus dan hacker pada website wordpress anda. Terima kasih semoga berhasil dan dapat membantu anda menyelesaikan masalah pada website.

Tinggalkan komentar