Tips

3 Tips Belajar Efektif agar Lancar Ujian

Tips belajar efektif

Artikel ini akan membahas tentang tips belajar efektif. Namanya anak sekolah pasti pernah mengalami yang namanya ujian. Eits, bukan ujian kehidupan ya tetapi ujian tulis yang biasa diadakan pada waktu-waktu tertentu. Di sekolah kamu pernah mengikuti beberapa jenis ujian, diantaranya ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, ujian kenaikan kelas, ujian sekolah, hingga puncaknya ujian nasional ketika kamu sudah kelas 3.

Apa yang perlu dilakukan untuk bisa melewati dengan baik semua ujian tersebut? Sudah pasti belajar yang rajin. Dan orang tuamu pasti mengatakan hal yang sama. Selain belajar, doa juga perlu dilakukan.

Bicara soal belajar, apakah kalian yakin sudah belajar dengan cara yang tepat? Apakah cara belajar yang dilakukan sudah bisa membuat kalian bisa menjawab soal dengan lancar? Faktanya memang tak selalu demikian.

Teman-teman saya banyak yang mengalaminya. Sekalipun mereka sudah belajar mati-matian, tetapi tetap sulit mengerjakan soal tersebut. Akar masalah dari semua permasalahan ini adalah soal strategi belajar yang perlu dilakukan oleh seorang siswa

Kesalahan Siswa Dalam Belajar

Banyak dari para siswa maupun siswi yang keliru dalam belajar. Terbukti dari gagalnya mereka ujian meskipun semalam sudah belajar hingga tak tidur semalaman. Perlu kamu ketahui, sebenarnya bukan durasi atau kuantitas yang jadi penyebabnya tetapi metode belajar yang selama ini dilakukan kurang tepat.

Berikut ini beberapa kesalahan yang dilakukan seorang siswa dalam mempersiapkan ujian dengan belajar. (Mungkin kamu juga melakukannya)

  • Belajar dengan sistem kebut semalam
  • Belajar dalam keadaan mood tidak baik
  • Belajar dalam keadaan tidak fit
  • Belajar hanya menjelang ujian saja
  • Belajar dengan menghafal
  • Dan lain sebagainya

Tips Belajar Efektif Agar Supaya Ujian Lancar

Jadi apa yang harus saya lakukan? Pada dasarnya setiap orang punya teknik belajar yang berbeda-beda. Namun dengan strategi yang tepat insyaallah materi yang dipelajari lebih mudah untuk dipahami. Langsung saja, berikut ini beberapa konsep belajar efektif yang bisa anda terapkan :

Belajar Tanpa SKS

Jangan sekali sekali belajar dengan sistem SKS alias Sistem Kebut Semalam. Ini tidak baik, dan bisa membuatmu merasa stres dan semakin malas untuk belajar. Apalagi jika materi yang dipelajari sangat banyak, tidak disarankan untuk belajar dengan cara seperti ini.

SKS adalah salah satu cara terburuk dalam belajar. Bahkan, jika kamu terus menerus melakukan hal seperti ini bukan ilmu yang didapatkan melainkan hanya membuatmu merasa stres, lelah, dan beresiko terserang insomnia.

Baca juga : tips menulis agar tidak bosan

Menggunakan Teknik Podomoro

Salah satu tips belajar efektif yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan teknik Podomoro. Teknik ini sendiri sangat direkomendasikan oleh berbagai peneliti karena telah terbukti hasilnya.

Adapun cara belajar efektif dan menyenangkan dengan teknik Podomoro adalah dengan memberi jeda selama 5 menit. Namun sebelum itu, kamu harus mengatur timer terlebih dahulu selama 25 menit. Teknik Podomoro dilakukan supaya kamu tidak mudah bosan dan jenuh ketika belajar.

Penting untuk diketahui : tips agar lulus UTBK SBMPTN

Belajar Sedikit Demi Sedikit

Jika kamu berniat untuk belajar untuk ujian, seharusnya sudah dilakukan sejak lama. Bukan H-1 ujian baru melakukannya. Semakin banyak materi, tentu saja seharusnya lebih banyak waktu yang harus kamu persiapkan.

Belajar sedikit demi sedikit. Walau hari itu bukanlah waktu untuk ulangan, tetapi belajar tetap jadi kebutuhan setiap siswa. Pada menjelang hari Hingga ujian, kamu tidak mengulang-ngulang saja sehingga proses belajar menjadi lebih mudah dan cepat.

Itukah beberapa tips belajar efektif supaya kamu bisa lancar ketika mengerjakan soal ujian. Dan yang tak kalah penting, jangan terlalu fokus untuk belajar terus menerus hingga ibadah dan waktu istirahatmu menjadi berkurang. Seimbangkan ketiganya, maka kamu akan merasakan dampak positifnya. Sekian dan terima kasih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close