AndroidTechTechnologyTEKNOTipsTIPS DAN TRIK

Cara Mengatasi Layar HP Android Gerak Sendiri

Cara mengatasi layar hp android gerak sendiri

Ada banyak langkah yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi layar hp Android gerak sendiri. Baik itu yang tidak perlu membongkar komponen dari smartphone maupun dengan langsung mengganti perangkat touchscreen.

Namun mengingat harga touchscreen smartphone cukup mahal, ada baiknya Anda mulai dengan cara yang paling terjangkau dulu.

Meskipun pada umumnya masalah ini disebabkan oleh faktor kelistrikan seperti kabel pengisi daya yang tidak stabil atau kondisi baterai yang sudah kembung, namun terdapat pula faktor lain yang berhubungan dengan perangkat lunak. Misalnya karena terdapat bug dalam sistem operasi smartphone.

Pada awalnya, hal ini mungkin bukan kendala besar. Namun jika tidak segera diatasi, masalah ini bisa makin mengganggu, khususnya ketika mulai menyebabkan banyak salah ketik atau tiba – tiba membuka aplikasi dengan sendirinya.

5 Cara Mengatasi Layar HP Android Gerak Sendiri

Daripada menunggu hingga layar sentuh smartphone benar – benar rusak dan harus diservis dengan biaya tinggi, lebih baik Anda mencoba cara mengatasi layar hp Android gerak sendiri berikut ini.

Gunakan Charger Ori

Seperti yang terbahasa tadi, umumnya masalah layar sentuh bergerak sendiri berhubungan erat dengan kelistrikan.

Bila Anda mengalami masalah yang sama hanya ketika gawai sedang terisi daya baterainya, maka kemungkinan besar hal ini karena kabel charger yang tidak bisa menghantarkan listrik dengan stabil.

Bukan hanya bisa menjadi penyebab ghost touch, hal ini juga bisa menyebabkan baterai menjadi kembung dan cepat habis. Oleh karena itu, selalu gunakan charger ori untuk mengisi daya gawai.

Baca juga : cara membersihkan virus hp android.

Ganti Baterai Smartphone

Masih tentang kelistrikan, penyebab layar hp bergerak naik turun sendiri juga bisa karena baterai yang sudah bermasalah. Umumnya sebelum layar smartphone melompat sendiri, penyebabnya bisa Anda identifikasi dengan LCD smartphone yang terlihat seperti tertekan pada bagian tengah.

Cara untuk mengatasi masalah ini tentunya dengan mengganti baterai gawai dengan yang masih baru. Namun jika smartphone Anda menggunakan baterai tanam, kami sarankan untuk membawa ke teknisi profesional yang punya alat lengkap.

Update ROM atau Ganti Dengan ROM Ori

Bisa mengubah ROM dan memodifikasinya sesuka hati memang jadi keunggulan dalam gawai bersistem operasi android. Namun kelebihan ini juga tidak sempurna karena banyak custom ROM yang ternyata menimbulkan masalah pada gawai. Salah satunya adalah menimbulkan ghost touch karena bug.

Cara mengatasi layar hp android gerak sendiri untuk pengguna custom ROM sebenarnya ada 2. Yaitu dengan mengupdate ROM yang Anda gunakan atau dengan melakukan flash ulang dan mengganti ROM-nya dengan yang original kembali.

Cek Cara Mengatasi Bug Multitouch pada Forum Online

Beberapa smartphone android yang menggunakan ROM original pun tidak lepas dari masalah multitouch atau ghost touch ini. Bahkan banyan pemilik gawai dengan merk ternama yang sampai membahasnya pada forum online untuk menemukan solusinya.

Oleh karena itu untuk mengetahui apakah layar hp sering gerak sendiri yang Anda alami sebabnya karena multitouch, Anda bisa cek forum – forum teknologi ternama maupun dalam negeri dengan merk spesifik. Misalnya mencari “Cara mengatasi ghost touch Samsung J2 Prime” atau “Kenapa touchscreen iPhone gerak sendiri?”.

Baca juga : cara mengatasi error pada google chrome.

Bersihkan Layar Smartphone

Cara mengatasi layar sentuh bergerak sendiri pada smartphone yang terakhir, paling mudah, murah dan cepat adalah dengan membersihkan layar smartphone menggunakan tisu.

Sebab kadang kala kotoran seperti rambut, tetesan air, ataupun noda yang bisa menghantarkan listrik bisa membuat layar hp Anda gerak sendiri.

Baca juga : cara mengatasi aplikasi telah berhenti pada android.

Demikianlah cara mengatasi layar hp android gerak sendiri tanpa harus mengganti LCD dan touchscreen smartphone. Umumnya touchscreen dan LCD smartphone hanya harus Anda ganti jika masalah ini karena gawai pernah jatuh atau terbanting hingga sebagian layarnya rusak.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close