Dunia InternetINTERNETTechTechnologyTEKNOTipsTIPS DAN TRIK

Cara Mengatasi WiFi Lemot, Dijamin Ampuh!

Cara mengatasi WiFi lemot

Harga paket internet yang tinggi, membuat seseorang lebih memilih koneksi WiFi untuk bisa mengakses internet. Terlebih lagi pada masa pademi seperti saat ini, kebutuhan wifi akan selalu meningkat setiap harinya.

Salah satu perusahaan telekomunikasi yang menyediakan layanan WiFi, mengklaim mengalami kenaikan trafik sekitar 10% setiap bulannya. Data tersebut tentu saja masuk akal, sebab sebagian sekolah, kampus, dan juga kantor masih menerapkan sistem belajar dan bekerja dari rumah.

Wifi bisa juga mengalami error, salah satunya adalah koneksi yang lambat. Sudah tidak punya kuota internet, WiFi pun juga lambat semakin menambah masalah membuat kita semakin kesal.

Cara Mengatasi WiFi Lemot

Anda tak perlu panik menghadapi hal seperti itu. Kami akan mengkonfirmasikan beberapa cara mengatasi koneksi WiFi yang lambat dengan beberapa metode sebagai berikut :

Cek Posisi Router

Cara pertama Anda bisa mengecek posisi router terlebih dahulu untuk memastikan sinyal bergerak ke arah yang tepat. Karena hal itulah, Anda wajib memastikan jika router berada pada bagian tengah ruangan.

Jangan letakkan router dekat samping jendela. Tujuannya, agar tidak ada sinyal yang terkirim keluar ruangan. Jika hal seperti ini sudah terjadi, maka koneksi WiFi tidak bisa menjangkau seluruh ruangan.

Letakkan Router pada Tempat Terbaik

Anda tidak bisa menaruh router pada sembarang tempat. Karena hal itu akan berpengaruh terhadap kekuatan sinyal dan koneksi WiFi yang Anda miliki. Pastikan Anda menaruhnya pada tempat yang biasa Anda gunakan untuk menggunakan internet.

Selain itu, alangkah lebih jika meletakkan router pada tempat yang lebih tinggi seperti meja atau kursi. Jangan taruh di lantai, sebab lantai mengandung bahan yang membuat sulit ditembus sinyal WiFi.

Menyambungkan Kabel LAN

Cara mengatasi WiFi lemot berikutnya adalah menyambungkan kabel LAN yang mungkin saja Anda lupa atau salah dalam memasangnya.

Jangan khawatir, bila Anda tidak paham masalah seperti ini jangan ragu menghubungi pihak provider untuk meminta bantuan. Atau bisa juga meminta bantuan orang lain yang lebih paham tentang hal ini.

Pastikan Tidak Terlalu Banyak Pengguna

Jumlah pengguna WiFi dalam satu router yang banyak menjadi penyebab koneksi WiFi menjadi lelet. Ini biasa terjadi jika Anda menggunakan WiFi pada tempat umum seperti cafe, restoran, kampus, atau tempat-tempat lain yang berpotensi mendatangkan banyak pengguna.

Solusinya adalah jangan menggunakan WiFi di tempat umum. Pilih tempat yang sekiranya tidak terlalu memiliki banyak pengguna dan semakin baik jika Anda memiliki WiFi tersendiri di rumah supaya lebih bebas dalam menggunakannya.

Jauhkan dari Barang Elektronik Lain

Cara mengatasi WiFi lemot yang juga bisa Anda lakukan adalah menjauhkan router dari barang-barang elektronik seperti televisi, telepon nirkabel, dan juga microwave.

Perangkat-perangkat tersebut menghasilkan sinyal elektromagnetik yang dapat melemahkan kinerja sinyal WiFi. Untuk itulah, jauhkan router dari benda-benda tersebut.

Atur Antena

Guna mempercepat koneksi WiFi yang lamban, Anda bisa mengatur antena router supaya berdiri atau dalam posisi vertikal. Posisi seperti ini membuat sinyal bergerak secara horizontal sehingga sinyal WiFi menjangkau ke seluruh ruangan.

Beli Router Baru

Ini adalah metode terakhir jika memang keenam cara tersebut mentok tak menyelesaikan masalah. Anda bisa membeli router yang baru untuk menggantikan router lama. Akan tetapi pastikan kualitasnya jauh lebih baik lagi!

Baca juga : cara mempercepat koneksi internet.

Tidak sulit bukan? Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat mengalami problem koneksi WiFi yang lambat. Insyaallah koneksinya jadi wus wus seperti sedia kala.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close