Tips

Teknik Belajar Pomodoro, Seperti Apa?

Sebelumnya, saya sudah menjelaskan dan memberikan sedikit tips bagaimana cara belajar secara efektif. Saat ini saya akan memberikan informasi mengenai teknik belajar pomodoro yang dinilai lebih efektif daripada cara belajar yang dilakukan seseorang pada umumnya.

Pomodoro sendiri merupakan sebuah teknik belajar berdasarkan manajemen waktu. Francesco Crilio adalah orang pertama yang menciptakan dan mengembangkan teknik belajar yang satu ini pada akhir 1980an

Pomodoro berasal dari bahasa spanyol yaitu tomat. Crilio menggunakan istilah tersebut sebab ketika masih menjadi mahasiswa, dirinya menggunakan kitchen timer menggunakan bahan dari buah tomat.

Teknik Belajar Pomodoro

Cara belajar yang baik dengan pomodoro sangat mengedepankan aspek time manajemen alias manajamen waktu. Bukan kuantitas yang menjadi hal utama, melainkan kualitas belajar itu sendiri. Prosesnya tidak terlalu lama, tetapi dijamin hasilnya bakal maksimal.

Teknik ini sangat cocok dilakukan bagi kamu yang merasa masih belum mampu mengatur waktu dengan baik. Karena biar bagaimanapun jua, disiplin waktu adalah hal yang harus kamu miliki sebagai salah satu kunci kesuksesan di masa mendatang. Ketidakmampuan memanajemen waktu justru membuatmu menjadi rugi.

Podomoro juga merupakan hal yang tepat dilakukan jika kamu ingin meningkatkan produktivitas waktu. Bagaiman cara melakukannya? Langsung saja, mari kita bahas pada konten berikut ini :

Tentukan Tugas Terlebih Dahulu

Yang pertama, coba buat tugas terlebih dahulu untuk berlatih menjalani teknik pomodoro ini. Misalnya saja, menulis artikel 1000 kata atau membuat sinopsis novel sebanyak 3 halaman.

Blok Waktu

Tahapan selanjutnya adalah dengan membuat blok waktu. Tak perlu lama-lama, 25 menit sudah cukup. Kamu bisa mengaturnya menggunakan alarm pada gadget. Jika dimulai jam 8.00 WIB, maka set alarm pada pukul 08.25 WIB.

Mulai Bekerja

Selanjutnya kamu bisa langsung menulis dalam kurun waktu 25 menit. Ingat, kamu hanya boleh menulis artikel saja tidak melakukan hal lainnya. Jangan main gadget, buka sosmed, mendengarkan musik, apalagi sampai tertidur. Fokus pada tujuan awal bahwa kamu ingin menyelesaikan tugas penulisan artikel ini.

Beristirahat Selama 5 Menit

Setelah alarm sudah berbunyi, hentikan semua pekerjaan yang kamu lakukan. Sekarang kamu bisa beristirahat selama 5 menit dengan melakukan perenggangan atau pergi ke toilet terlebih dahulu. Ingat, waktu yang kamu miliki hanya 5 menit saja tidak lebih.

Lakukan Teknik Pomodoro yang Sebanyak 3-4 Kali

Lakukan hal yang sama untuk tahapan selanjutnya. Menulis lagi dan setelah 25 menit berisitirahatlah sejenak sebelum melakukan pekerjaan kembali. Jika kamu sudah melakukan hal ini sebanyak 4 kali, untuk berikutnya bisa beristirahat lebih lama dalam waktu 15-30 menitan.

Teknik ini akan semakin membuatmu tertantang menyelesaikan tugas tepat pada waktunya. Namun tidak sampai membuatmu sakit karena diberikan waktu untuk beristirahat sejenak guna melepas penat. Kamu juga akan lebih fokus dalam bekerja dan tidak terganggu dengan hal lainnya.

Bagaimana sangat mudah bukan? Cara tersebut juga bisa kamu terapkan ketika belajar untuk ujian agar tidak stres dan lebih mudah dalam menangkap dan memahami setiap materi yang telah dibaca. Selain itu, melakukan teknik belajar pomodoro ini membuat bisa terhindar dari gangguan mata.

Jadi, ayo lakukan mulai dari sekarang. Belajarlah mengatur waktu sebaik mungkin sebagai langkah awal yang baik untuk mendisiplinkan diri. Pomodoro adalah teknik yang tepat untuk mempelajarinya. Sekian dan semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close