PAKET DATATipsTIPS DAN TRIK

8 Cara Menghemat Kuota Internet di Bulan ramadhan

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari di bulan ramadhan seperti saat ini kita bisa mengisinya dengan berbagai macam kegiatan positif agar pahala puasa kita berlipat ganda. Namun, ramadhan kali ini berbeda dengan ramadhan sebelumnya karena ramadhan kali ini kita mesti dirumah aja. Nah terkadang dalam menjalankan aktivitas dirumah aja kita merasa jenuh. Kita bisa mengatasi hal tersebut dengan berselancar di dunia maya contohnya, facebookan, Youtuban dan lain sebagainya yang mana aktivitas tersebut memerlukan kuota internet. Cara Menghemat kuota Internet di Bulan Ramadhan

Kuota internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting. Untuk bisa berselancar di dunia maya harus menggunakan jaringan internet. Apalagi di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini pemerintah menghimbau agar kita dirumah aja maka kuota internet menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Smartphone yang kita gunakan setiap hari membutuhkan kuota internet agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Inilah cara menghemat Kuota Internet di Bulan ramadhan.

Tidak sedikit dari kita yang setiap hari menggunakan kuota internet mulai dari bermain game online, mencari berbagai informasi, hingga bermain media sosial yang tanpa di sadari aktivitas tersebut dapat menguras kuota internet. Akibat terlalu asyik berselancar di dunia maya terkadang kita tidak bisa mengontrol kuota yang kita miliki. Untuk itu kita harus pintar-pintar dalam menghemat kuota internet agar segala aktivitas berselancar kita di dunia maya tidak terkendala. Simak beberapa Tips dibawah ini untuk menghemat kouta internet.

Inilah 8 Cara Menghemat Kuota Internet di Bulan Ramadhan

Dibawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet

1. Pilih Paket sesuai kebutuhan

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa paket internet yang kuotanya kecil bisa menghemat pengeluaran. Akan tetapi anggapan tersebut belum tentu benar karena kuota internet yang habis sebelum waktunya malah membuat kita harus mengeluarkan lagi biaya untuk membeli kembali kuota internet agar terus aktif berselancar di dunia maya. Cermat lah dalam memilih beragam paket yang ada di provider yang kita gunakan.

Baca Juga : Daftar Paket Internet Indosat Terbaru 2020

2. Nonaktifkan sinkronisasi otomatis

cara menghemat kuota internet

Fitur sinkronisasi otomatis ini akan melakukan update beberapa aplikasi yang ada di smartphone kita saat terhubung dengan jaringan internet. Walaupun tidak kita gunakan, banyak aplikasi di smartpohe kita yang dapat melakukan sinkronisasi otomatis atau memperbaharui secara otomatis walau tidak digunakan. Untuk itu kita dapat mengatasi hal tersebut dengan menonaktifkan sinkronisasi otomatis terhadap aplikasi yang jarang digunakan agar dapat menghemat kuota.

3. Tutup Aplikasi yang tidak digunakan

cara menghemat Kuota Internet

Sejumlah aplikasi yang sedang aktif pada background smartphone kita mampu menguras pemakaian kuota internet. Jika aplikasi tersebut sudah tidak kita gunakan, sebaiknya menutup aplikasi tersebut. Selain untuk meminimalkan penggunaan baterai smartphone kita, cara ini juga akan lebih menghemat kuota internet yang kita miliki.

4. Menggunakan aplikasi Hemat Data

cara menghemat Kuota Internet

Salah satu penyebab dari terkurasnya kuota internet kita ialah dengan penggunaan media sosial secara tidak sadar. Maka dari itu untuk menghemat kuota internet agar tidak boros, cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan beberapa aplikasi media sosial hemat data. Diantaranya jika kita menggunakan Facebook, Instagram, Youtube. Cobalah untuk menggunakan versi lite, ini bertujuan untuk lebih menghemat kuota internet kita.

Baca Juga : Daftar Harga Paket Internet All Operator Terbaru 2020

5. Batasi penggunaan Data dan Mengaktifkan Peringatannya

cara menghemat Kuota Internet

Cara yang bisa kita terapkan untuk menghemat kuota internet ialah dengan membatasi penggunaan mobile data dengan mengaktifkan peringatannya. Dengan menggunakan fitur ini, maka kita akan mendapatkan peringatan saat penggunaan kuota internet melampaui batas.

6.Nonaktifkan Data Internet

Nonaktifkan fitur mobile data pada smartphone kita jika tidak digunakan atau jika berada dalam kawasan fasilitas wifi, atau jika ingin bersitirahat. Hal ini bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet kita.

7. Manfaatkan Wifi

Manfaatkan Wifi

Agar menghemat kuota internet, Kita wajib memanfaatkan fitur Wifi semaksimal mungkin. Update dan unduhlah aplikasi yang dbutuhkan oleh smartphone kita dengan menggunakan Wifi. Pastikan juga mengaktifkan fitur sinkronisasi atau pembaharuan aplikasi jika terhubung ke Wifi saja, agar ketika menggunakan kuota internet kita tidak terkuras lagi.

Artikel Lainnya : Tips Bukber Seru Walaupun Ketemu Mantan

8. Batasi Penggunaan data masing-masing Aplikasi

Batasi Penggunaan data masing-masing Aplikasi

Selain membatasi penggunaan mobile data, cara untuk menghemat kuota internet ialah dengan membuat pembatasan penggunaan pada aplikasi yang kita gunakan. Beberapa aplikasi memiliki opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan datanya sendiri. Maka dari itu cara ini bisa kita lakukan untuk menghemat kuota internet yang kita miliki.

Akhir Kata

Demikianlah cara yang bisa dilakukan agar menghemat kuota di bulan Ramdhan. Isilah waktu luang dibulan ramadhan dengan hal-hal yang bermanfaat. Selamat Ramadhan.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close