Home » Tips » Cara Menggunakan Ovo untuk Berbagai Keperluan

Cara Menggunakan Ovo untuk Berbagai Keperluan

Bagaimanakah cara menggunakan ovo? 

Sebagaimana yang kita ketahui, Ovo merupakan layanan e-wallet yang berada di bawah naungan PT Visionet Internasional. Tercatat hingga kini, aplikasi ovo telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di google play store. Hal tersebut menjadi bukti sahih bahwasanya dompet digital satu ini memang sangat populer di Indonesia.

Berdasarkan hal itulah, saya merasa perlu membagikan hal ini kepada anda semua. Menjelaskan bagaimana cara menggunakan ovo, terutama bagi anda yang baru pertama kali menggunakannya. Langsung saja, simak ulasan dan panduannya berikut ini :

Bagaimana Cara Menggunakan Ovo?

Cara Menggunakan Ovo untuk Berbagai Keperluan

Ovo bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti kirim uang, isi pulsa, isi paket data, bayar BPJS, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk bisa memakainya, anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi ovo di google play store dan melakukan pendaftaran sebagai member. Bagaimana caranya?

Cara Mendaftar Ovo

Untuk melakukan pendaftaran akun ovo, anda bisa mengikuti panduan yang akan saya jelaskan berikut ini :

  • Download aplikasi ovo di google play store atau app store.
  • Install dan buka aplikasinya pada smartphone anda.
  • Untuk membuat akun ovo, silakan klik “join now”.
  • Selanjutnya anda akan diminta memasukkan data-data berupa nama, nomor hp, dan juga alamat surel.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan lewat email dan juga SMS.
  • Tunggu proses verifikasinya dan tentukan kode keamanan. Kode keamanan ini berupa PIN sebanyak 6 digit.
  • Akun ovo anda segera aktif dan bisa digunakan.

Setelah memiliki akun ovo secara otomatis anda menjadi member ovo club. Anda bisa menyimpan saldo mencapai dua juta Rupiah dengan batas nilai transaksi dalam satu bulan maksimal 20 juta rupiah.

Jika ingin meningkatkan status member dan bisa menyimpan saldo dan mengirim lebih banyak lagi maka anda harus meng-upgrade ke Ovo premium. Bagaimana caranya?

Cara Upgrade Ovo Premium

Guna meningkatkan status keanggotaan ovo dari ovo club ke Ovo premier ada 2 cara yang bisa anda lakukan. Pertama, dengan mendatangi langsung ovo booth yang ada di wilayah anda (apabila ada) dengan membawa kartu identitas seperti KTP atau SIM. Cara kedua yaitu langsung melalui aplikasi dengan cara sebagai berikut :

  • Login ke akun ovo anda.
  • Pilih ovo id dan tap tombol upgrade.
  • Klik “upgrade sekarang” lalu pilih “upgrade online”.
  • Tap tombol mulai
  • Proses selanjutnya yaitu memfoto e-ktp anda dengan posisi tidak keluar dari kotak yang telah tersedia. Pastikan semua data maupun foto yang ada pada KTP terbaca dengan jelas. Jika sudah selesai, tap tombol “gunakan”.
  • Kemudian isi form yang tersedia (nomor KTP dan nama ibu kandung) lalu klik tombol “konfirmasi”.
  • Proses masih belum selesai, anda masih harus berfoto selfie sembari memegang KTP. Pastikan posisi wajah anda ada di bagian oval, sementara itu posisi KTP ada pada bagian kotak. Jika posisi sudah pas, tap tombol proses lalu klik tombol lanjutkan.
  • Selanjutnya tinggal menunggu pemberitahuan apakah permohonan upgrade disetujui atau ditolak. Jika diterima maka akan muncul tulisan ovo premier pada aplikasi ovo anda. Apabila ditolak, maka bisa mengajukan permohonan lagi.

Agar dapat dengan mudah lolos menjadi member ovo premier, pastikan KTP jelas termasuk ketika berswafoto memegang KTP tersebut. Selain itu pastikan data-data yang ada pada KTP anda sesuai dengan apa yang sudah disubmit pada saat pengajuan. Insyaallah, kurang 24 jam statusnya sudah menjadi ovo premier.

Cara Top Up Ovo

Akun sudah punya dan juga sudah menjadi member premier, tentu saja Ovo anda harus diisi saldo supaya bisa digunakan untuk berbagai transaksi. Top up Ovo bisa dilakukan melalui bank atau merchant ovo yakni Ovo booth dan Alfamart. Berikut ini cara mengisi saldo ovo :

Isi Saldo Ovo Via Bank

Beberapa bank yang support pengisian saldo ovo yaitu Bank BCA, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Nobu, Bank BRISyariah, Bank BTPN, Bank Sinarmas, Bank Permata, Bank Danamon, dan masih banyak lagi yang lainnya. Proses top up bisa dilakukan melalui aplikasi internet/mobile banking atau melalui Anjungan Tunai Mandiri atau ATM

Isi Saldo Via Alfamart

Bila anda ingin mengisi saldo ovo di Alfamart, caranya sangat mudah. Yakni sebagai berikut.

  • Datang ke alfamart terdekat
  • Informasikan ke kasir tentang jumlah saldo yang ingin anda top up.
  • Berikan uang ke kasir sesuai dengan jumlah nominal top up.
  • Informasikan nomor hp anda yang terdaftar pada aplikasi ovo
  • Tak berselang lama, anda akan menerima pemberitahuan top-up OVO Cash setelah berhasil.

Artikel Lainnya : Cara Menukarkan Poin Dealio Terbaru dengan Saldo OVO, Langsung Masuk!

Akhir Kata

Sangat mudah bukan? Jadi itulah cara menggunakan ovo mulai dari tahap pendaftaran hingga isi saldo agar bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan transaksi. Semoga panduan ini bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar