TipsTIPS DAN TRIK

Cara Menghafal Al-Qur’an dari Wirda Mansur

Cara Menghafal Al-Qur’an dari Wirda Mansur – Assalamu’alaikum readers. Indahnya bulan Ramadhan sedang kita rasakan saat ini. Meskipun kita tengah berada dalam ujian wabah pandemi, semoga tak menghalangi suka cita kita dalam menyambut Ramadhan ya. Salah satu yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim saat Ramadhan adalah soal pahala yang insya Allah dilipatgandakan jika kita melakukan amalan baik. Salah satunya adalah membaca Al-Qur’an.

Manfaatkan Waktu Luang di Rumah untuk Mempraktikkan Cara Menghafal Al-Qur’an

Pada masa pandemi ini, kita mesti kerjasama untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Yakni dengan di rumah saja, jika tak ada keperluan mendesak ya seharusnya jangan keluar rumah dulu. Nah di rumah saja tentu lebih banyak waktu luangnya karena kita tidak perlu menghabiskan waktu di jalan untuk berangkat kerja atau pun belajar. Ramadhan tahun ini tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tapi makna Ramadhan tetaplah sama. Ada baiknya kita manfaatkan waktu senggang di rumah selama Ramadhan ini untuk melakukan amal baik, yakni salah satunya dengan menghafal Al-Qur’an. Karena banyak keutamaan yang akan diraih jika kita dapat menjadi penghafal Al-Qur’an. Cara menghafal Al-Qur’an yang efektif sudah pasti menjadi acuan kita dalam hal ini.

Menghafal Al-Qur’an dari Wirda Mansur

Cara Menghafal Al-Qur'an dari Wirda Mansur
Sumber Gambar : instagram.com/wirda_mansur

Keutaamaan yang akan didapatkan jika menjadi penghafal Al-Qur’an antara lain kelak di dalam Surga akan diberikan derajat yang tinggi. Penghafal Al-Qur’an dapat memberikan mahkota di Surga untuk orang tua, terbebas dari siksa dan masih banyak lagi. Namun, menghafal Al-Qur’an bukan pekerjaan yang mudah. Bahkan untuk menghafal satu ayat pun kadang membutuhkan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu kali ini Senang Berbagi ingin sharing “Cara Menghafal Al-Qur’an dari Wirda Mansur”.

Wirda Mansur dikenal sebagai seorang remaja yang hafal Al-Qur’an. Karena hafalan Al-Qur’annya, puteri pertama dari Ustadz Yusuf Mansur ini bisa bersekolah di luar negeri. Pada suatu kesempatan melalui video di channel youtubenya, Wirda Mansur membagikan Cara Menghafal Al-Qur’an yang selama ini ia praktikkan. Dan berikut adalah cara-caranya :

Mengulang 20 sampai 60 kali dalam Satu Ayat

Cara menghafal Al-Qur’an dari Wirda Mansur yang pertama adalah dengan mengulang 20 sampai 60 kali dalam satu ayat. Karena semakin banyak kita mengulang, maka hafalan itu akan semakin nempel di otak kita. Siapkan Al-Qur’an, gunakan tasbih digital untuk menghitung pengulangan. Selama pengulangan jangan tutup Al-Qur’an karena pada saat melihat ayatnya otomatis otak merekam.

Hafal Huruf Qur’an Beserta Nomor Ayat

menghafal Al-Qur’an dari Wirda Mansur yang kedua adalah dengan menghafal huruf Qur’an beserta nomor ayatnya. Yakni dengan cara baca terlebih dahulu ayat yang ingin dihafal, dilihat ayat berapa dan sambil disebutkan.

by Audio dengan Mendownload Aplikasi Ayat

Dengan menggunakan audio yang bisa didapatkan dari mendownload aplikasi Ayat. Kelebihannya yakni kita bisa mengulang suara Syekh, banyak pilihan nada Syekh. Sehingga kita bisa mengetahui panjang dan pendek yang benar, tajwid yang benar, dan bagaimana cara membaca yang benar.

Artikel Lainnya : Tips Berolahraga Saat Puasa agar Tetap Sehat

Yang paling utama dari menghafal Al-Qur’an adalah luruskan niat hanya untuk Allah SWT. Dan perbanyak istighfar meminta ampunan Allah SWT. Karena ada kemungkinan, jika kita sulit menghafal Al-Qur’an karena banyaknya dosa-dosa kita. Nah gaes, itu dia cara menghafal Al-Qur’an dari Wirda Mansur, semoga bermanfaat ya dan bisa dipraktikkan dalam keseharian. Selamat menghafal Al-Qur’an!

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close