Life StyleTips

Tips Berolahraga Saat Puasa agar Tetap Sehat

Tips berolahraga saat puasa

Tips berolahraga saat puasa-Meski melakukan puasa dan tidak makan selama 12 jam lamanya, bukan berarti kita tidak melakukan apa-apa. Sama halnya seperti hari hari biasa, anda tetap bisa melakukan aktivitas apapun asal dalam batasan yang wajar.

Termasuk aktivitas olahraga. Beberapa cara berolahraga seperti push up, sit up, lari, jogging tetap bisa anda lakukan di bulan puasa tanpa membahayakan kesehatan tubuh. Dengan catatan, anda melakukannya dengan intensitas buang tidak berlebihan.

Baca juga : tips agar kuat berpuasa.

Manfaat Berolahraga Saat Berpuasa

Olahraga merupakan kegiatan yang memberikan banyak benefit bagi seseorang. Apalagi jika sampai berkeringat, manfaatnya semakin jelas bisa dirasakan. Apa saja manfaat berolahraga ketika berpuasa?

Memperlancar Metabolisme

Manfaat pertama yang bisa anda rasakan adalah metabolisme tubuh menjadi lancar. Pasalnya, saat berolahraga tubuh anda selalu bergerak. Hal itulah yang membuat metabolisme bisa bekerja secara maksimal.

Dengan olahraga ringan seperti bersepeda atau joging membuat tubuh tetap merasa fit walau sedang berpuasa. Berbeda halnya jika anda hanya berdiam diri saja, membuat lemak tubuh semakin menumpuk dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Imun

Dengan berolahraga, membuat tubuh anda menjadi lebih kebal dan tidak mudah terserang penyakit. Racun racun di dalam tubuh akan terbuang pada saat kita tidak mengkonsumsi apa-apa. Selama tidak ada kebiasaan buruk yang dilakukan saat berpuasa, insyaallah berolahraga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Berolahraga mampu meningkatkan sistem ke tubuh telah dibuktikan berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Zahedan University of Medical Sciences. Sebanyak 90 atlet yang rutin berolahraga 2 hingga 3 jam setiap harinya selama puasa, menunjukkan peningkatan kadar immunoglobulin A dalam tubuhnya.

Menjaga Berat Badan

Dengan rutin berolahraga selama bulan puasa, membuat berat badan anda menjadi lebih terkontrol. Tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Jika dilakukan dengan benar, insyaallah anda bisa mendapatkan berat tubuh yang ideal.

Namun perlu untuk diketahui, bahwa berat badan seseorang bisa saja meningkat secara drastis. Hal ini disebabkan karena saat berbuka puasa makanan yang dikonsumsi terlalu seperti balas dendam. Jika hal ini anda lakukan, maka olahraga jadi tiada artinya karena tidak mampu menurunkan berat badan anda secara maksimal.

Meningkatkan Rasa Bahagia

Berolahraga saat berpuasa maupun hari-haro biasa dapat meningkatkan rasa bahagia di dalam diri. Pasalnya, pada waktu berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat. Keringat inilah yang memicu keluarnya hormon endorfin yang dapat memicu rasa bahagia.

Karena hal itu juga, membuat hari-hari anda selama bulan puasa selalu bersemangat. Tidak ada lagi kata lesu, capek, lemas jika anda bisa berolahraga secara rutin.

Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Mungkin sebagian dari anda kerap kehilangan konsentrasi saat berpuasa. Itu disebabkan karena anda terlalu banyak tidur dan jarang bergerak. Berbeda halnya jika anda rajin berolahraga.

Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan daya konsentrasi seseorang. Hal ini didasarkan berdasarkan hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas California. Dengan berolahraga, daya ingat dan konsentrasi menjadi lebih terasa.

Baca juga : manfaat puasa untuk kesehatan tubuh.

Beberapa Tips Berolahraga Saat Puasa

Olahraga membawa banyak dampak positif bagi tubuh kita meski dilakukan pada saat berpuasa. Untuk itulah, tidak ada alasan bagi kita untuk bermalas-malasan. Anda tetap bisa olahraga saat perut kosong tanpa membahayakan kesehatan tubuh anda.

Supaya olahraga anda bisa lebih maksimal, kami memiliki beberapa tips yang bisa diterapkan. Mari disimak

Lakukan Pada Waktu-waktu Terbaik

tips berolahraga saat puasa

Perlu untuk anda ketahui, pada saat bulan ramadhan ada waktu-waktu terbaik yang direkomendasikan pakar kesehatan untuk melakukan olahraga. Waktu tersebut adalah setelah berbuka puasa, bukan saat berpuasa.

Mengapa demikian? Sebab setelah berbuka tubuh mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman. Lantas apakah berolahraga sebelum berbuka puasa adalah tindakan buruk?

Semua tergantung dari kondisi masing-masing. Jika setelah berolahraga anda justru merasa lemas dan pusing maka sebaiknya tidak dilakukan. Kemampuan tubuh setiap orang pasti berbeda-beda.

Lakukan Olahraga Ringan

tips berolahraga saat puasa

Tips berolahraga saat berpuasa berikutnya adalah tidak perlu melakukan yang berat-berat, cukup olahraga ringan saja. Contohnya adalah jogging, bersepeda, jalan kaki.

Melakukan olahraga berat tidak disarankan terutama bagi anda yang memiliki tubuh kurus. Dikhawatirkan tubuh tidak mampu untuk melakukan hal tersebut. Selain itu, menurut Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Andhika Raspati olahraga dengan intensitas tinggi dan durasi panjang dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Seimbangkan Dengan Asupan Nutrisi yang Cukup

nutrisi yang cukup

Berolahraga harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang seimbang. Konsumsi makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin serta emak supaya kebutuhan tubuh bisa terpenuhi.

Selain itu jangan lupa untuk penuhi asupan air mineral. Disarankan, untuk mengkonsumsi air minum sebanyak 1,5 liter hingga 2 liter setiap harinya. Dengan rutin mengkonsumsi air putih, membuat anda tidak merasa dehidrasi walaupun berolahraga.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup tips berolahraga saat puasa

Jangan berolahraga jika tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup. Sebab semua harus berjalan seimbang. Saat puasa, anda tetap disarankan untuk tidur 7-8 jam setiap harinya. Jangan begadang karena itu berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Olahraga yang Disarankan Pada Bulan Ramadhan

Seperti apa yang sudah saya jelaskan pada tips berolahraga saat puasa nomor 2, saat bulan puasa disarankan untuk melakukan olahraga yang ringan-ringan saja. Beberapa contoh olahraga ringan yang bisa anda lakukan antara lain yaitu :

Jogging

Anda bisa melakukan jogging setiap setelah sahur dan menjelang berbuka puasa. Olahraga ini tidak terlalu berat, insyaallah anda tidak akan merasa kelelahan. Jogging tidak perlu terlalu jauh, selama sudah bisa membuat anda berkeringat hal itu sudah cukup.

Bersepeda

Sama seperti jogging, bersepeda juga merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa anda lakukan di bulan puasa. Olahraga ini sangat menyenangkan dan memberikan banyak dampak positif bagi tubuh anda.

Bersepeda dapat mengencangkan otot kaki dan juga menyehatkan jantung. Bukan hanya itu saja, olahraga ini membuat tubuh tidak merasa lemas karena pikiran tenang dan oksigen lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Yoga

Olahraga yoga juga tidak terlalu berat untuk dilakukan. Bahkan, yoga bisa membuat diri kita merasa lebih rileks dan tenang. Selain itu, yoga juga bisa membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh.

Disarankan untuk melakukan yoga pada pagi atau sore hari. Selain itu pilih lokasi yoga jauh dari keramaian supaya anda bisa maksimal melakukannya. Atau anda juga bisa yoga di tempat khusus pelatihan yoga.

Jalan Kaki

Berbeda dengan olahraga lari, jalan kaki tidak terlalu menghabiskan banyak tenaga. Dari anak-anak hingga orang dewasa semua bisa melakukannya dengan begitu mudah. Olahraga ini memiliki banyak manfaat antara lain yaitu menurunkan risiko penyakit kronis, melancarkan pencernaan, dan menurunkan berat badan.

Baca juga : tips gaya hidup sehat.

Itulah beberapa tips berolahraga yang bisa anda lakukan saat puasa agar tubuh tetap sehat. Semoga bermanfaat dan tetap semangat puasa sampai hari ke 30

Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close