Tips

Cara Menghafal Perkalian dengan Cepat dan Mudah

Cara menghafal perkalian dengan cepat

Orang tua begitu menginginkan anaknya jago matematika, terutama masalah perkalian tentunya bisa dikenalkan Cara menghafal perkalian. Coba lihat saja, anak-anak yang sudah berusia 7 atau 8 tahun biasanya diajari perkalian oleh kedua orang tua mereka. Dan mereka yang sebenarnya masih kelas 1 dan 2 SD.

Memang begitulah matematika di zaman sekarang. Anak kelas 1 SD pun kini dituntut untuk bisa memahami dan menghafal materi perkalian, setidaknya sampai perkalian 10.

Namun pada faktanya, kemampuan anak dalam menghafal Perkalian itu berbeda-beda. Ada yang cepat dan ada juga yang memang Lambat. Hal ini disebabkan karena kemampuan otak mereka yang tidak sama. Sebagai orang tua, anda perlu mencari cara efektif supaya si buah hati bisa menghafal perkalin dengan cepat tanpa membuatnya merasa stres.

Cara Menghafal Perkalian dengan Cepat

Ada beberapa cara mengajarkan perkalian pada anak kelas 1 SD hingga 6 SD dengan beberapa metode yang tentunya sangat mudah dilakukan. Bahkan beberapa metodenya masih belum diajarkan di sekolah oleh bapak dan ibu guru, apa saja itu? Berikut ada penjelasannya

1. Cara menghafal perkalian dari Tabel Perkalian

Apakah anda sudah tau tentang tabel perkalian? Mungkin saja anda sudah tau, tetapi belum tentu anak anda. Tabel perkalian merupakan metode yang berguna bagi pelajar untuk mengenali pola Perkalian, mulai dari 1-10. Seperti inilah tabel perkalian yang dimaksud. judi online

Sumber gambar : merdeka

Dengan memahami tabel tersebut, membuat pelajar bisa menemukan cara tersendiri untuk bisa mengenali perkalian. Bukan dengan cara lama yang dianggap membuat anak merasa stres dan tidak nyaman.

Adanya tabel perkalian ini membuat anak bisa berpikir dan mengenali pola-pola dan fakta tentang perkalian. Mereka akan menemukan pola sendiri menghafal perkalian sehingga bisa lebih lama dalam mengingatnya.

2. Menggunakan Alat Peraga

Salah satu cara mudah untuk anak menghafal perkalian bisa anda lakukan dengan menggunakan alat peraga. Tentu saja alat peraga ini haruslah menarik sehingga membuat anak merasa tertarik untuk belajar. Anda bisa membeli di pasar dan sangat mudah ditemukan.

Salah satunya anda bisa membelikan anak poster perkalian dengan angka berwarna. Ini akan membuat anak merasa tidak bosan ketika harus belajar tentang perkalian setiap harinya. Sebagai orang tua, tentu saja anda harus aktif mendampingi dan mengajarinya tentang perkalian.

Baca juga : tips belajar yang efektif.

3. Ajarkan Tentang Konsep Perkalian

Cara menghafal perkalian dengan cepat berikutnya adalah dengan mengajarkan konsep kepada mereka. Jadi, bukan sekedar menghafal saja melainkan anak benar-benar tau darimana dan bagaimana hasil perkalian tersebut bisa didapatkan.

Konsep perkalian yang harus anak anda ketahui adalah perkalian itu merupakan penjumlahan yang berulang. Contohnya saja 5×4, sama artinya dengan 5+5+5+5 dan hasilnya sama-sama 20.

Selain konsep penjumlahan berulang, ada lagi konsep perkalian yang mungkin belum diketahui oleh anak anda. Salah satunya tentang kebalikan, dimana 5×7 itu sama hasilnya dengan 7×5. Tak hanya itu saja ada beberapa pola atau konsep perkalian lainnya antara lain :

Semua hasil perkalian 10 pasti diakhiri dengan angka nol.

Hasil perkalian dengan nol hasilnya selalu nol. (0x1=0 atau 0x7=0).

Baca juga : teknik Podomoro

Bagaimana tidak sulit bukan? Itulah beberapa cara menghafal perkalian dengan cepat dan mudah tanpa membuat siswa atau pelajar menjadi stres dan tidak nyaman. Terapkan dari sekarang, insyaallah tidak membutuhkan waktu lama anak-anak sudah bisa hafal dan memahami perkalian dari 1 hingga 10. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close