Life StyleTips

Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Dimana Saja

Jenis olahraga ringan

Jenis Olahraga Ringan – Banyak orang yang malas berolahraga, menganggap kegiatan seperti ini sangat berat untuk dilakukan. Dan pada faktanya memang, tidak semua orang kuat berolahraga apalagi dalam jangka waktu yang sangat lama.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang Indonesia kurang antusias dan malas dalam hal menjaga kesehatan dan kurang berolahraga. Kalaupun berolahraga, biasanya tidak terlalu lama. Bahkan menurut, Shin Tae Yong orang Indonesia hanya kuat fisik 20 menit saja.

Padahal, olahraga itu sama sekali tidak berat. Bagi anda yang tidak terbiasa, bisa mencoba olahraga ringan terlebih dahulu. Olahraga yang sangat cocok dilakukan oleh para pemula. Apa saja contohnya? Akan saya jelaskan pada artikel ini

Baca : tips berolahraga saat puasa.

Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan (Di Rumah dan Sekitar Rumah)

Pada saat bulan Ramadhan seperti saat ini, anda perlu melakukan olahraga yang ringan ringan saja. Tidak perlu yang berat-berat apalagi sampai memaksakan diri. Berolahraga juga harus melihat kemampuan tubuh terlebih dahulu.

Dan berbagai jenis olahraga ringan bisa dilakukan di mana saja. Termasuk di rumah, yang bisa anda lakukan sesuai dengan anjuran pemerintah dalam usaha mencegah penyebaran virus corona. Apa saja olahraga tersebut? Berikut daftar dan juga penjelasannya :

Push up

Jenis olahraga ringan push up

Push up merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah saja. Tak perlu tempat khusus, dan juga tidak perlu untuk keluar rumah. Ada banyak manfaat olahraga push up, salah satunya adalah membentuk otot lengan.

Saat berpuasa, anda bisa menyesuaikan sendiri berapa kali push up yang bisa dilakukan. Sesuaikan dengan kemampuan tubuh agar anda tidak merasa kelelahan. Lakukan secara wajar sesuai dengan batas kemampuan

Sit up

Olahraga sit up

Selain push up, sit up juga merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan walau di rumah saja. Jika push up bermanfaat untuk membentuk otot lengan, maka sit up bermanfaat untuk membentuk otot perut.

Tak hanya itu saja, olahraga sit up juga bermanfaat untuk meminimalisir cedera punggung, meningkatkan fleksibilitas tubuh, dan juga meningkatkan keseimbangan tubuh. Olahraga yang satu ini tidak akan membuat anda merasa lelah sama sekali.

Yoga

Olahraga yoga

Salah satu contoh olahraga ringan di rumah untuk wanita maupun pria adalah yoga. Olahraga yang satu ini memberikan banyak dampak positif bagi siapapun yang melakukannya.

Selain dapat meningkatkan keseimbangan tubuh, olahraga tiga juga bisa membuat kita lebih rileks, mengurangi stres dan juga depresi. Olahraga ini juga tidak membuat anda merasa lelah karena gerakannya justru membuat diri merasa lebih rileks.

Naik Turun Tangga

Olahraga naik turun tangga

Jika di rumah anda terdapat tangga, maka salah satu jenis olahraga ringan ini bisa dilakukan. Caranya sangat mudah, anda cukup menaiki dan menuruni tangga selama beberapa kali.

Saat berpuasa, anda cukup melakukannya selama 10 sampai 15 menitan saja. Jangan lakukan lebih jika memang anda tidak sanggup untuk melakukannya. Olahraga naik turun tangga jika dilakukan secara rutin, maka bisa membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

Naik Turun Kursi

Olahraga naik turun kursi
Sumber gambar : Bukalapak

Jika rumah anda tidak berlantai dua, maka olahraga naik turun kursi bisa menjadi alternatif. Yang perlu anda siapkan hanyalah satu kursi kayu sebagai pengganti tangga. Disarankan pilih kursi yang cukup kuat agar bisa menopang tubuh anda ketika menaiki kursi tersebut.

Sebaiknya lakukan olahraga ini tanpa menggunakan alas kaki baik sepatu ataupun sandal. Tujuannya supaya anda tidak terjatuh karena kemungkinan alas kaki membuat kursi menjadi licin. Tak perlu lama, lakukan selama 10 hingga 15 menitan, insyaallah bisa membuat tubuh anda merasa lebih bugar.

Jalan Cepat

Olahraga ringan jalan cepat
Gambar via alodokter

Jalan cepat merupakan salah satu contoh jenis olahraga pagi yang tidak terlalu berat dilakukan. Selain dilakukan pada pagi hari, olahraga yang satu ini juga bagus dilakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

Anda bisa jalan cepat dimana pun. Di halaman rumah ataupun di salah satu ruangan yang cukup luas. Lakukan secara rutin selama 10-15 menit sehari, insyaallah bisa membuat tubuh anda menjadi lebih prima. Tak hanya itu, jalan cepat juga berguna menguatkan otot bagian kaki.

Bersepeda

Olahraga ringan bersepeda

Jenis olahraga ringan berikutnya yang bisa anda lakukan adalah bersepeda. Jenis olahraga yang satu ini bukan hanya menyehatkan, tetap juga sangat menyenangkan. Membuat anda merasa lebih nyaman karena suasana udara segar di pagi hari.

Waktu terbaik untuk bersepeda adalah pagi hari karena hawa dan udaranya masih sangat segar. Selain itu, sebaiknya bersepeda di jalur yang bebas kendaraan bermotor supaya anda bisa lebih nyaman ketika mengendarainya.

Senam

Senam
Sumber gambar : detikHealth

Lakukan senam pada pagi hari agar tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Olahraga yang satu ini mudah dilakukan dan tidak akan membuat anda merasa lelah berat.

Tak memerlukan waktu lama, 30 menit saja sudah cukup untuk mendatangkan banyak manfaat pada tubuh anda. Ada banyak jenis senam yang bisa anda lakukan, salah satunya adalah senam aerobik.

Tenis Meja

Olahraga tenis meja juga bisa dilakukan di rumah saja jika tidak bisa di gelanggang olahraga. Anda bisa menyiasatinya dengan menyiapkan satu meja besar dan juga net.

Olahraga tenis meja sebenarnya bisa dilakukan kapan saja sesuai keinginan. Akan tetapi, di bulan Ramadhan seperti saat ini disarankan untuk melakukannya pada pagi hari. Sebab, kondisi fisik masih sangat prima sehingga anda tidak akan merasa kecapean.

Jogging Ringan

Lakukan jogging ringan pada pagi atau sore hari untuk membuat tubuh tetap bugar meski berpuasa. Tak perlu lama-lama, cukup 20 menitan saja insyaallah manfaatnya bisa anda rasakan.

Lakukan secara rutin, paling tidak seminggu sekali agar manfaat yang didapat bisa lebih maksimal. Jogging di pagi dan sore hari adalah waktu terbaik karena tidak akan membuat kita merasa kelelahan.

Jumping Jack

Sumber gambar : coach mag

Jumping Jack juga merupakan jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam rumah. Bagi anda yang belum tau, jumping jack adalah latihan kardio aerobik yang bermanfaat untuk sistem kardiovaskular.

Tak hanya itu saja, manfaat jumping jack sangat banyak sekali. Antara lain yaitu menurunkan berat badan, meningkatkan koordinasi, menghilangkan stres, meningkatkan fleksibilitas, mengencangkan otot, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Squat

Squat juga merupakan olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah. Selain itu olahraga satu ini juga tergolong ringan jika anda bisa melakukannya dengan benar.

Olahraga squat dapat melatih tubuh bagian bawah dan juga inti otot. Apabila gerakannya tepat, maka olahraga ini memberikan banyak benefit untuk anda antara lain yaitu mengencangkan otot paha dan juga meningkatkan sirkulasi pencernaan.

Baca juga : tips agar kuat berpuasa.

Itulah beberapa contoh olahraga ringan yang bisa anda lakukan di dalam maupun sekitar rumah. Pada bulan Ramadan, meski berpuasa bukan berarti kita bermalas-malasan. Berolahragalah, Agara tubuh jadi lebih sehat dan bugar.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close