Home » Tips » 10 Jenis Masker Terbaik Untuk Melindungi diri dari Virus Corona (COVID-19)

10 Jenis Masker Terbaik Untuk Melindungi diri dari Virus Corona (COVID-19)

Jenis Masker Terbaik – Pada tahun 2020 ini indonesia diresahkan dengan adanya wabah penyakit yang sangat memetikan yang disebut Virus Corona. Bukan hanya indonesia saja, bahkan seluruh dunia terserang oleh virus corona atau Covid-19. Virus Corona dengan nama ilmiah severe acute respitatory syndrome coronavirus adalah jenis virus mematikan yang berasal dari kota Wuhan China yang ditemukan pada akhir Desember 2019.

Tanda-tanda jika terkena virus corona yaitu demam, batuk kering, sakit tenggorokan dan sakit kepala dan sesak nafas. Virus ini sangat mudah menyebar dan menular seperti dari bersin, berjabat tangat, ataupun dari benda-benda yang sering disentuh orang banyak. Maka pemerintah mengambil kebijakan physical distancing dengan darurat sipil tentunya. Semua pihak yang bertugas baik tingkat pusat ataupun daerah harus lebih tegas dan disiplin menerapkan kebijakan ini.

Masyarakat dihimbau untuk tetap dirumah saja agar virus corona tersebut tidak semakin menyebar. Dan bagi kamu yang mempunyai keperluan yang sangat penting, dihimbah untuk selalu memakai APD (Alat Pelindung Diri) seperti masker ketika kamu keluar rumah. Ainsi, les petits asgg.fr/ tracas de sante habituels pourront etre rapidement traites.

Karena pandemi virus corona ini, stok masker jadi sangat terbatas. tapi jangan khawatir, kali ini sahabat senang berbagi akan membagikan tentang 10 macam jenis masker untuk melindungi diri dari virus corona (covid-19). Yuk langsung aja kita bahas apa aja sih 10 jenis masker yang bisa dipakai agar terlindung dari virus corona ??

10 Macam Jenis Masker Terbaik Untuk Melindungi diri dari Virus Corona (COVID-19)

Jenis Masker Terbaik
Sumber Gambar : www.aa.com.tr

1. Masker Bedah

Masker bedah diperuntukkan untuk tenaga medis, namun sering kali masyarakat umum juga memakai jenis masker terbaik ini dikehidupan sehari-sehari seperti saat  mengalami pilek. masker ini juga bisa melindungi diri anda dari viris Corona jika memasangnya secara tepat. Jika tidak tepat, walaupun kamu memakai masker bisa jadi virus-virus dengan mudahnya masuk dan menetap di tubuh.

Kelebihan dari masker bedah ini  yaitu pengguna tidak akan merasa pengap karena masker bedah ini memiliki 3 lapisan. 2 lapiasan dalam yang berwarna putih yang berfungsi untuk menyerap cairan, bagian tengah sebagai filter dan bagian luar yang anti air. Sedangkan kekurangannya yaitu masker ini hanya sekali pakai dang tidak boleh lebih dari empat jam yang sudah sangat sulit untuk didapatkan sehingga harganya melambung tinggi.

2. Simple Mask

Simple mask ini adalah jenis masker yang biasa dipakai ketika berkendara motor. Desain simple mask sangat mirip dengan masker bedah dan hanya sekali pakai. Simple mask mampu melindungi  30% sampai 40% dari bakteri atau virus yang ada di sekitar kamu.

3. Masker Kain Katun

Masker kain  adalah salah satu jenis masker terbaik yang mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. banyak sekali konveksi yang memproduksi masker kain katun ini, bahkan kamu juga bisa membuatnya sendiri dirumah untuk. Masker kain katun ini bisa melindungi kamu dari penularan berbagai virus termasuk virus  corona karena bahannya yang cukup tebal. Selain itu juga nyaman digunakan karena teksturnya yang halus dan adem.

4. Masker Bahan Scuba

Masker kain scuba yang dikenal sebagai masker korea merupakan rekomendasi masker yang bisa digunakan untuk melindungi diri dari virus corona atau covid-19. Masker scuba terbuat dari bahan yang lembut dan bisa melindungi pernafasan saat pergi keluar rumah. Kelebihan jenis masker terbaik ini bisa dipakai berulang kali, tapi dengan harga yang cukup mahal yaitu dengan harga 200ribu-300ribu/pcs.

5. Masker Baff Atau Masker Motor

Masker baff atau masker motor ini biasanaya digunakan ketika bepergianmengendarai motor. Tetapi ditengah pandemi seperti sekarang ini, masker motor juga bisa dijadikan untuk melindungi diri dari virus corona. Kamu bisa memakainya ketika akan perlu keluar rumah walaupun tidak mengendarai motor. Masker ini juga tergolong murah dan mudah di temukan di pasaran.

6. Masker N95

Masker N95 adalah jenis masker terbaik yang bisa digunakan dengan waktu lama dan efektif melindungi diri kamu dari virus corona.  Masker N95 terbuat dari bahan yang tebal dan sulit untuk disentuh, sehingga dapat menghalangi masuknya partikel termasuk virus corona yang berukuran sangat kecil.

Namun pemakaian masker N95 dalam waktu lama dapat menyebabkan orang yang menggunakannya lemas karena udara didalam masker tidak keluar sama sekali. Masker ini juga tidak boleh digunakan oleh anak-anak karena desain masker ini hanya untuk ukuran orang dewasa.

7. Masker N99

Masker N99 yang mampu menyaring udara sampai 99% ini juga bisa kamu gunakan untuk melindungi diri dari virus corona. Masker ini dijual dengan harga 20 ribu yang bisa kalian dapatkan di apotek atau toko online. Namun kekurangan dari masker ini adalah bahan yang terlalu berat dan membuat susah untuk bernafas. Bahannya yang kaku juga membuat masker ini kurang diminati.

8.  Masker N100

Fungsi dan kualitas dari masker N100 Hampir sama dengan masker N99. Bedanya, masker N99 mampuyaring udara sebesar 99% sedangkan masker N100 mampu menyaring udara sampai 100%. Harganyapun cukup mahal, yaitu 200-250 ribu rupiah /pcs.

9.  Ferrox PM25

Masker ini muncul pada akhir tahun 2019 dan PT. Prima Semesta Asia selaku distributor dari masker tersebutu. Masker ini sangat dibuat dari bahan yang nyaman untuk digunakan dan mampu anda dari berbagai polusi termasuk virus corona atau covid-19.

Saat memakai masker ini selain melindungi dari Covid-19, kamu juga tidak akan merasa kepanasan karenaFerrox PM 25 ini mengandung bahan materiah seperti Zorflex Carbon Filter Composite yang

10. Face Shield / Masker Mika

Face shield terbuat dari mika yang seperti kaca yang mampu mengontrol inveksi dan virus pada area wajah.  Masker ini menutupi seluruh kepala sehingga tidak usah khawatir akan ada virus yang masuk .Namun Face shield adalah jenis masker terbaik yang lumayan sulit untuk didapatkan baik masyarakan umum maupun untuk tenaga medis.

Artikel Lainnya : 20 Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana

Kesimpulan

Itulah 10  jenis masker terbaik untuk melindungi diri dari virus corona (covid-19). Pepatah mengatak  mencegah lebih baik dari pada mengobati. Dan memakai masker adalah salah satu usaha untuk mencegah kamu terkena penyakit, termasuk dari virus corona atau covid-19 yang sedang membuat dunia resah. Demikian dan semoga bermanfaat bagu sahabat senang berbagi sekalian.

Tinggalkan komentar