AndroidTechTechnologyTEKNOTipsTIPS DAN TRIK

Cara Mengatasi Kamera Smartphone Buram, Sangat Mudah!

cara mengatasi kamera smartphone buram – Smartphone keluaran abad 21 rata-rata memang sudah dilengkapi dengan kamera. Adapun fungsi dari kamera ini adalah untuk mengambil gambar ataupun video.

Setiap smartphone punya kualitas kamera yang berbeda-beda. Ada yang kualitasnya sangat bagus, biasa saja, namun ada juga yang kualitasnya sangat buruk sehingga membuat hasil jepretan gambar menu tidak jelas.

Tetapi jangan salah dulu, meskipun hp memiliki spesifikasi kamera yang bagus tak berarti hasil jepretannya juga bagus. Faktanya, ada juga smartphone populer tapi hasil jepretan kameranya buram.

Tentu hal ini bukanlah sesuatu yang bagus. Terlebih lagi jika Anda gemar mempublikasikan foto pada sosial media, kalau gambarnya buruk bisa saja Anda mendapatkan komentar yang buruk dari netizen.

Cara Mengatasi Kamera Smartphone Buram dengan Mudah

cara mengatasi kamera smartphone buram

Ada banyak hal yang menyebabkan mengapa hasil potret kamera hp Anda bisa buram atau terlihat tidak jelas. Salah satunya adalah karena menumpuknya kotoran yang ada pada kamera hp tersebut.

Selain itu penyebab lainnya bisa karena lensa yang bermasalah atau lensa casing tambahan yang memang kualitasnya tidak apik. Jika Anda ingin kualitas kamera Anda semakin bagus, silakan ikuti beberapa tips berikut ini :

Bersihkan HP Terlebih Dahulu

Sesuai dengan apa yang sudah saya jelaskan di atas, salah satu penyebab dari buramnya hasil jepretan kamera smartphone adalah karena adanya kotoran. Tentu saja, untuk menghilangkannya Anda harus membersihkan hp tersebut terutama pada bagian kamera.

Membersihkan hp yang kotor bisa menggunakan tisu atau kapas. Pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati dan perlahan, jangan sampai justru semakin membuat kotor bodi smartphone.

Selain, sebaiknya membersihkan HP dalam keadaan hidup bukan dalam keadaan mati. Bila ingin bersih, Anda bisa menggunakan LCD Cleaner.

Membersihkan Casing HP

Cara mengatasi kamera smartphone buram selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian casing yang juga jadi penyebab masalah yang sama. Membersihkannya menggunakan odol odol atau minyak kayu.

Selain itu, bersihkan casing dalam keadaan terlepas dengan bodi hpnya supaya hasilnya menjadi lebih maksimal. Tidak ada sedikitpun bagian casing yang tertinggal dari pembersihan.

Menggunakan Hair Dryer

Hair Dryer juga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan embun yang yang menempel pada lensa kamera hp. Embun ini juga menjadi penyebab menurunnya kualitas kamera smartphone Anda.

Memang, embun pada lensa kamera handphone sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, penggunaan hair dryer dapat mempercepat proses pengeringan. Selain itu, tidak semua tipe hp bisa kering dengan cepat.

Membersihkan lensa handphone dengan hair dryer sebaiknya dilakukan dalam keadaan handphone mati dan baterai terlepas (jika ponsel Anda bukan baterai tanam). Selain itu, pastikan hp dalam kondisi tidak terlalu panas.

Reset Pengaturan Kamera

Tak hanya dengan bersih-bersih bagian luar saja, cara mengatasi kamera smartphone buram atau tidak jernih juga bisa dilakukan dari dalam. Yakni dengan melakukan reset pengaturan kamera.

Adapun cara mereset kamera hp sangatlah mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikutnya ini :

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Selanjutnya, menuju aplikasi dan carilah aplikasi kamera.
  • Terakhir, ketuk hapus data.

Dengan reset kamera, membuat pengaturan kamera akan kembali menjadi default seperti saat pertama kali menggunakannya.

Baca juga : cara mengatasi kamera zoom tidak berfungsi.

Tak sulit sama sekali bukan? Itulah beberapa tips mengatasi kamera hp yang buram karena berbagai sebab. Semoga bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang memiliki problem yang sama sehubungan dengan hal tersebut.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close