Home » Technology » Teknologi Terbaru di Masa Pandemi 2020

Teknologi Terbaru di Masa Pandemi 2020

teknologi terbaru di masa pandemi

Manusia adalah makhluk yang bisa beradaptasi dengan masalah sekitarnya, itulah mengapa ada banyak teknologi terbaru di masa pandemi ini yang muncul untuk membantu mempermudah kehidupan manusia.

Sehingga dalam kondisi yang terbatas pun, umat manusia masih bisa melanjutkan hidup dengan berbagai cara. Contohnya yaitu bekerja, belajar, atau bahkan mencari hiburan untuk menghilangkan rasa jenuh.

Pada masa pandemi ini, kebanyakan dari Anda mungkin berpikir bahwa segala halnya terbatas. Pemerintah membatasi adanya kontak fisik dengan orang lain dari jarak dekat, menghimbau pekerja untuk bekerja dari rumah.

Selain itu, juga menganjurkan untuk tidak menyentuh barang yang sudah tersentuh oleh orang lain, termasuk uang kembalian.

Namun dari keterbatasan itulah beragam teknologi terbaru pada masa pandemi ini muncul untuk menunjang kehidupan manusia agar bisa terus berjalan.

Teknologi – Teknologi Terbaru di Masa Pandemi

Jika Anda masih belum sadar bahwa ada banyak teknologi baru yang muncul dan menjadi penyelamat masa pandemi, berikut ini adalah beberapa contoh terobosan dalam dunia teknologi yang muncul belakangan ini.

Telemedicine

Teknologi mengenai telemedicine sempat populer oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tujuan utama dari layanan telemedicine ini adalah agar para pasien rumah sakit yang datang untuk berkonsultasi tanpa memerlukan tindakan darurat bisa melakukannya melalui komunikasi daring.

Saat ini, Kemenkes juga sudah memiliki layanan telemedicine sendiri dan bekerja sama dengan lebih dari 30 ribu dokter.

Kebanyakan layanan telemedis Indonesia bisa Anda gunakan secara gratis. Namun untuk berkonsultasi tentang masalah kesehatan yang lebih serius, sebaiknya untuk membuat janji komunikasi daring bersama spesialis atau dokter yang Anda inginkan.

Baca juga : teknologi untuk mendeteksi virus corona.

Aplikasi Rapat dan Belajar Daring

Demi mengurangi resiko penularan virus Covid – 19, pemerintah membatasi masyarakatnya agar tidak keluar rumah untuk hal – hal yang tidak perlu. Bahkan para pelajar pun tidak boleh datang ke sekolah untuk belajar.

Tapi bukan berarti para pelajar harus ketinggalan mata pelajaran dan para pekerja harus meninggalkan pekerjaannya. Karena berkat keterbatasan ini, ahli menciptakan aplikasi rapat dan belajar daring dari berbagai perusahaan seperti Google Meet, Zoom, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari anjuran bekerja pada rumah ini juga lah banyak aplikasi  – aplikasi lain yang bisa membantu pekerjaan Anda. Misalnya perangkat lunak untuk melihat layar komputer rekan kerja menggunakan Team Viewer atau website untuk memonitor kinerja tim dengan Monday.com.

Baca juga : aplikasi belajar online terbaik.

Drone dan Robot Pengirim Paket

Pernahkah Anda membayangkan dunia di masa depan, yang mana banyak robot mengantarkan barang pada jalanan?

Percaya atau tidak, hal tersebut sudah terwujud pada beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Australia dan Jepang berkat kondisi pandemi ini.

Meskipun sudah tercipta jauh sebelum virus corona muncul, namun teknologi ini baru bisa Anda manfaatkan dengan efektif setelah pandemi. Tujuannya sudah pasti untuk menghindari kontak fisik antara kurir dengan penerima barang.

Teknologi Pembayaran Non Tunai Tanpa Kartu Kredit

Satu lagi teknologi yang semakin pesat pada masa pandemi demi mengurangi resiko penularan Covid – 19 adalah layanan pembayaran non tunai tanpa kartu kredit maupun kartu debit ATM.

Saat ini, Anda sudah bisa melakukan pembayaran menggunakan dompet digital bahkan ketika membeli makan ringan seperti martabak atau nasi goreng pinggir jalan sekalipun.

Walaupun akan lebih aman lagi bila Anda memesannya melalui layanan ojek online dari rumah.

Baca juga : kredit hp tanpa DP terbaik.

Itulah beberapa contoh teknologi terbaru pada masa pandemi yang membantu umat manusia. Ternyata, selalu ada hikmah dibalik setiap kejadian dan manusia pasti bisa beradaptasi dan mencari jalan keluar dari tiap masalah.

Tinggalkan komentar