Tips

10 Kegitan Lebaran Saat Tidak bisa Mudik

Mendengar kata lebaran pasti yang orang pikirkan adalah mudik dan berkumpul dengan keluarga dikampung. Hal ini adalah yang dinanti-nanti oleh semua orang. Karena pada saat lebaranlah biasanya semua anggota keluarga lengkap akan berkumpul. Semua orang yang merantau keluar kota pasti akan pulang ke kampung halaman ketika lebaran. Ini sudah menjadi tradisi warga indonesia yang sulit dihindari.

Saat lebaran biasanya mereka akan saling berkunjung kerumah saudara atau tetangga masing-masing, berkumpul dengan kerabat dan ziarah kemakam keluarga. Namun, saat ini pandemi Covid019 belum juga usai. Hari rayapun sudah semakin dekat. Harapan untuk bisa mudikpun sangat jauh. Terlebih pemerintah menyarankan masyarakat agar tidak mudik tahun ini. Cuti hari raya yang semula tanggal 28-31 Mei 2020, kini digeser ke akhir tahun pada tanggal 28-31 Desember 2020.

Meski begitu, kalian yang gak bisa mudik pada saat lebaran gak usah sedih, justru kalian harus memanfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin. Kalian yang masih melakukan aktivitas  bekerja bisa memanfaatkannya untuk istirahat dan bersantai. Untuk itu ada 10 kegiatan lebaran Saat tidak Bisa Mudik. Langsung aja yuk kita simak

Inilah 10 Kegiatan Lebaran Saat Tidak Bisa Mudik

lebaran
Sumber Gambar : fundraising.co.uk

1. Berkunjung ke Rumah Saudara atau Teman

Walaupun tidak mudik saat lebaran, kamu bisa bersilaturahmi kerumah saudara atau teman yang berada dikota yang sama. Kegiatan ini bisa mengurangi kesedihan kamu karena tidak pulang ke kampung halaman. Kamu bisa habiskan waktu untuk mengobrol  dan berbagi cerita dengan mereka. Jangan lupa untuk saling meminta maaf juga tentunya.

2. Vidio Call

Video call juga merupakan kegiatan yang bisa dilakukan saat lebaran walaupun tidak mudik. Mungkin hari-hari biasa kamu jarang untuk video call  dengan keluarga dikampung karena kesibukanmu. Namun saat lebaran lakukanlah video call. walaupun tidak bisa kumpul secara langsung setidaknya kamu hadir ditengah-tengah mereka.kamu juga bisa video call dengan beberapa saudara atau temanmu dan digabungkan sehingga kalian bisa saling meminta maaf lewat video call.

3. Membuat Makanan Khas Lebaran

Seperti yang kita ketahui, lebaran atau hari raya idul fitri mempunya makanan khas. Apalagi kalau bukan ketupat dan lontong sayur. Kamu yang tidak bisa mudik bisa membuatnya untuk dimakan pas hari lebaran. Kamu juga bisa menyediakan cemilan-cemilan seperti kue nastar, coklat, dan makanan khas lebaran lainnya. Kegitan ini cukup efektip agar kamu tetap bisa merasakan  suasana lebaran walaupun tidak mudik.

4. Karaoke

Kamu yang tidak mudik saat lebaran, mungkin hanya akan diam ditempat hunian atau kost saja. Untuk menghilangkan rasa jenuh, kamu bisa karaoke sendiri atau dengan teman-temanmu yang bernasib sama. Karena hari lebaran adalah hari islam, kamu bisa karaoke lagu-lagu religi atau sholawat. Pastikan juga hal ini tidak mengganggu orang-orang disekitarmu ya.

5. Nonton Drama Kesukaan

Kegiatan hari raya walau tidak mudik selanjutnya adalah nonton drama kesukaan. hari-hari biasa karena tidak punya banyak waktu luang, mungkin saja hal ini sangat sulit untuk dilakukan. Namun pas lebaran mungkin akan ada beberapa hari libur. Biar lebaran tetap terasa tidak bosan dan menyenangkan walau tidak mudik, Kamu bisa nonton  marathon seharian. Kamu bisa nonton drama yang ingin kamu tonton sebelum kembali ke aktivitas seperti biasa lagi.

6. Ngemil Makanan Kesukaan

Nah, kalo ini cocok banget buat kamu yang suka ngemil dan kerjanya ngabisin makanan. Tidak sedikit orang yang tidak bisa tanpa ngemil. Kamu bisa sediakan stok makanan atau cemilan untuk mengisi hari lebaran karena tidak bisa mudik. Tapi ingat, tetaplah konsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan, susu, dan makanan sehat lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

7. Berkreasi

Bagi orang yang suka berkreasi dan menciptakan sesuatu, ini sangat cocok dilakukan ketika lebaran tidak mudik. Kamu bisa mencurahkan isi hati kamu kepada kreasimu. Entah itu berupa tulisan seperti puisi atau cerpen, gambar, atau membuat sesuatu yang bisa digunakan seperti pernak-pernik. Mungkin ini terlihat seperti sepele, tapi ini akan mampu mengalihkan pikiranmu dari rasa sedih karena tidak mudik.

8. Memanjakan Diri Sendiri

Memanjakan diri sendiri atau bisa juga di sebut dengan me-time bisa kamu lakukan ketika lebaran tidak mudik. Kamu mungkin jarang memanjakan diri sendiri karena sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lain. Padahal ini sangat pnting untuk membuat otak tetap fresh. Nah ketika libur lebaran, kamu bisa memanfaatkannya untuk memanjakan diri sendiri seperti tidur siang, maskeran, perawatan tubuh, olah raga ringan dan hal lainnya yang bisa membuatmu relaks

. Semua hal tersebut bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Sehingga tidak terlalu membutuhkan banyak uang untuk melakukannya.

9. Main Game

Dengan bermain game mungkin kamu akan sedikit merasa terhibur. Kamu bisa melakukannya ketika lebaran tidak bisa mudik. Baik itu game ofline ataupun online. Ketika bermain game online, kamu bisa mengajak teman atau saudara kamu. Ini akan membuat kamu merasa bahagia karena walau jauh tapi kamu masih bisa bersenang-senang dengan mereka lewat game.

10. Membaca Buku Atau Novel

Bagi kamu yang suka baca, membaca buku atau novel pasti akan sangat menyenangkan jika dilakkukan ketika lebaran tidak bisa pulang.  Kamu bisa membaca buku favorit yang belum sempat kamu baca. Agar terasa menyenangkan, kamu harus baca buku dengan genre yang sesuai dengan yang kamu suka. Bacalah dengan santai sambil minum teh dan duduk ditaman. Agar kamu tidak merasa bosan karena diam didalam rumah atau di kamar terus.

Artikel Lainnya : Mengenal Macam – Macam Zakat dan Syarat Sah Zakat Dalam Islam

Akhir Kata

Itulah 10 tips kegiatan saat lebaran walau tidak mudik. Kamu bisa melakukan hal-hal tersebut untuk menghibur diri. Dengan tidak mudik, kamu adalah orang hebat yang melindungi keluargamu dari virus yang saat ini masih menjajah. Janganlah berkecil hati, suatu hari kita akan bisa berkumpul dengan keluarga tercinta. Tetaplah berdoa yang terbaik. Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close