Tips

Tips Agar Suara Bagus nan Merdu

Tips agar suara bagus

Tips agar suara bagus – Apakah kamu menginginkan suara yang merdu? Ya meskipun bukan berprofesi sebagai penyanyi tetapi jika punya suara bagus tentu saja memberikan banyak keuntungan. Teman-temanmu pasti sangat takjub jika kamu memiliki suara yang sangat merdu.

Dengan suara yang merdu pula, kamu tak perlu malu untuk menyanyikan sebuah atau beberapa lagu untuk orang lain. Baik itu lagu untuk orang tua, kakak, adik, pasangan, istri, suami, dan orang spesial lainnya dalam hidup kamu.

Namun tidak semua orang dilahirkan dengan suara yang langsung merdu. Ada yang suaranya (mohon maaf) cempreng sehingga membuat suaranya menganggu banyak orang apabila ia bernyanyi. Dan ada juga yang sedari kecil memang memiliki suara yang bagus tanpa harus mengikuti kursus atau les vokal.

Tips Agar Suara Bagus dan Merdu

Supaya bisa mendapatkan suara yang apik sebenarnya tidaklah sulit. Dan kamu pun tidak hatsu mengeluarkan biaya yang besar untuk mewujudkannya.

Selain itu cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk memperindah suara. Bagaimana caranya dan apa saja yang harus dilakukan? Mari simak penjelasan selengkapnya mengenai tips agar suara bagus pada konten berikut ini :

Sering Menyanyi

Ada pepatah mengatakan ala bisa karena biasa. Kamu bisa jago bernyanyi karena sering bernyanyi, dan kamu pun bisa memiliki suara merdu karena kamu sering berlatih bernyanyi.

Cobalah untuk menyanyikan lagu-lagu yang menjadi favorit kamu. Tak perlu memikIrlandia bagus atau tidak, yang penting kamu merasakan dan mengetahui nada-nada serta irama dari lagu tersebut.

Jangan Memaksakan Nada Tinggi

Pada faktanya tidak semua orang kuat bernyanyi dengan nada tinggi. Jika dipaksa, tentu membuat suara menjadi tidak enak dan cenderung sumbang.

Kamu harus bisa mengontrol suara. Untuk belajar, saya sarankan untuk tidak memilih lagu yang bernada terlalu tinggi. Carilah lagu melankolis dengan nada yang tidak terlalu tinggi.

Melatih Pernapasan

Bagaimana cara agar suara tinggi namun tetap terdengar merdu? Kuncinya ada pada pernapasan. Selama ini, banyak orang bernyanyi namun dengan cara bernafas yang salah.

Yang benar, saat bernyanyi biasakan bernafas dengan difragma bukan pernapasan dada. Lakukan secara konsisten selama berminggu-minggu, insyaallah suara kamu menjadi sedikit lebih baik daripada sebelumnya.

Baca juga : tips menghilangkan gejala flu.

Menghindari Kafein, Rokok, dan Alkohol

Tips agar suara bagus dan tidak fals berikutnya adalah dengan mengurangi atau menghindari kafein, rokok, dan juga alkohol. Pasalnya ketiganya membuat masalah pada pita suara dan pernapasan apabila kamu sering mengkonsumsinya.

Kafein dan alkohol membuat pelumas pada pita suara menjadi hilang. Alhasil suara yang dihasilkan pun menjadi tidak maksimal. Sementara itu, rokok membuat masalah pada kesehatan pernapasan yang notabene sangat penting bagi seorang penyanyi.

Jangan Minum yang Terlalu Panas atau Dingin

Minuman yang terlalu panas ataupun terlalu dingin juga tidak bagus untuk pita suara kamu. Sebab, pita suara sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Karena itulah, sebaiknya hindari minuman yang terlalu panas atau minuman yang terlalu dingin seperti air es.

Disarankan untuk minum air dengan suhu suami suam kuku atau air hangat. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya pita suara kamu menjadi lebih sehat sehingga mampu menghasilkan suara yang jauh lebih merdu.

Baca juga : minuman segar untuk takjil.

Rutin Minum Air Putih

Salah satu tips agar suara bagus, merdu, dan tidak fals adalah dengan rutin minum air putih. Sesuai dengan penjelasan pada poin sebelumnya, konsumsi air putih hangat atau anget anget kuku.

Mengapa hal ini perlu untuk kamu lakukan? Tujuan utama adalah untuk mencegah dehidrasi. Pita suara sangat memerlukan pelumas supaya bergetar dan menghasilkan suara, jika pelumasnya cukup maka suara yang dihasilkan pun juga baik.

Hindari Asam Lambung Tinggi

Untuk dapat memiliki suara yang merdu, disarankan untuk mengurangi atau meninggalkan makanan yang mengandung asam yang tinggi. Pasalnya, makanan tersebut membuat asam lambung kamu menjadi tinggi.

Asam lambung bersifat korosif dan dapat merusak pita suara. Karena itulah, untuk menghasilkan suara terbaik maka jaga kondisi lambung kamu agar selalu sehat.

Minum Kencur

Tahukah kamu? Kencur dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan suara yang merdu dan enak didengar. Sejak bertahun-tahun yang lalu, kencur dipercaya mampu mengatasi beragam jenis penyakit termasuk masalah yang ada pada pita suara.

Cara membuat suara merdu dengan kencur sangatlah mudah. Kamu cukup memotong kecil-kecil kencur yang telah dicuci bersih lalu rendam di air hangat. Apabila airnya sudah berubah warna menjadi kekuningan, maka minuman tersebut sudah bisa kamu konsumsi.

Memang rasanya sedikit pahit, namun demi suara yang merdu dan tidak fals metode ini sebaiknya kamu lakukan. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

Minum Jahe

Tips agar suara bagus dan indah lainnya adalah dengan mengkonsumsi jahe. Minuman ini membuat tenggorokanmu menjadi lebih baik sehingga suara yang dihasilkan pun juga menjadi indah.

Adapun cara membuat ramuan jahe yaitu mencampurkan terlebih dahulu jahe dengan beberapa bahan lainnya yaitu dua buah cabe merah, dua sendok madu, dan juga kelapa parut. Selanjutnya tambah air hangat secukupnya dan tunggu beberapa menit dan peras semua bahan tersebut.

Hasil perasan itulah yang nantinya diminum. Lakukan secara rutin untuk suara yang lebih merdu dan tenggorokan yang lebih sehat.

Menghindari Lingkungan Udara Buruk

Kondisi udara sangat berpengaruh terhadap pernapasan manusia. Dan sebagaimana yang kita ketahui, pernapasan menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kualitas suara manusia.

Udara yang panas dan dingin membuat tenggorokanmu menjadi cepat kering. Selain itu, hal tersebut juga membuat pita suara jadi rusak karena terganggunya proses pelumasan. Untuk itu, jika ingin memiliki suara merdu jangan terlalu sering berada di ruangan ber-AC dan jangan sering keluar malam.

Rutin Berolahraga

Salah satu cara untuk menjaga atau meningkatkan kualitas suara adalah dengan berolahraga. Sebab, berolahraga membuat pernapasan kamu jadi kuat dan panjang.

Dengan pernapasan yang panjang dan kuat membuatmu bisa menyanyi lagu dengan nada tinggi tanpa fals sedikit pun. Tak hanya itu saja, olahraga juga kondisi tubuhmu jauh lebih sehat.

Baca juga : tips berolahraga saat puasa.

Menghindari Makanan Pedas dan Berminyak

Cara agar suara merdu berikutnya adalah dengan mengurangi atau menghindari konsumsi makanan pedas dan juga berminyak. Tentu kamu pun tau, jika kedua jenis makanan ini tidak bagus dikonsumsi secara berlebihan karena berpengaruh terhadap kesehatan.

Makanan berminyak jika dikonsumsi bisa meningkatkan suhu tenggorokan sehingga dapat menyebabkan disfungsi pita suara. Hal ini juga berlaku pada makanan pedas yang juga bisa jadi penyebab disfungsi pita suara.

Baca juga : tips bermain gitar bagi pemula.

Bagimana, tidak terlalu sulit bukan? Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk bisa menghasilkan suara merdu bak penyanyi terkenal. Dijamin kamu tak malu lagi kalau menyanyi di hadapan banyak orang.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close