AndroidGadgetsTips

10 Tips Mengamankan Mbanking dari Hacker Jahat

Halo sahabat senang berbagi kali ini akan membahas 10 Tips mengamankan Mbanking dari Hacker Jahat. Nah Tips ini sebaiknya perhatikan agar aman terutama untuk yang menggunakan Mbanking.

Selain mudah dalam melakukan transaksi seperti transfer uang, tarik tunai, bayar transaksi dsb. Mbanking juga rentang sekali terhadapap peretaasan oleh hacker jahat yang banyak sekali berkeliaran.

Ada beberapa Tips yang harus kita perhatikan agar Mbanking temen-temen tetap saman, jadi harap perhatikan ya. Karena kita tidak mau terjadi hal yang tidak kita inginkan terhadap Aplikasi mbanking kita. Jadi simah berikut 10 Tips Mengamankan Mbanking dari Hacker Jahat.

10 Tips Mengamankan Mbanking dari Hacker Jahat

10 Tips Mengamankan Mbanking dari Hacker Jahat

1. Update Apps Mbanking

Jika temen-temen merasa aneh dengan aplikasi Mbanking yang sedang digunakan sebaiknya lakukan update apps Mbanking. Karena setiap bulannya akan selalu ada update aplikasi mbaking ini. Harap perhatikan karena setiap update itu akan membuat mbanking kita selalu aman. Karena programer aplikasi sudah memperbaiki yang mungkin ada celah apda aplikasi Mbanking yang kita gunakan saat ini. Jadi silahkan cek ke playstore kemudian ketikan nama Banking temen-temen. Jika pada halaman pencarian dan menemukan updatean sebaiknya langsung update untuk membuat Aplikasi Mbanking temen-temen lebih aman lagi.

2. Jangan Gunakan Aplikasi VPN

Mungkin buat temen-temen hal sepele dengan menginstal aplikasi VPN ini ya ternyata ini sangat mengancam keamanan ke Mbanking anda. Jadi silahkan hapus dan jangan memasang nya jika memang menggunakan Mbanking pada Android anda. Karena memang jika sudah mengaktifkan VPN siapapun dapat dengan mudah menyadap dan mematamatai isi dari Smartphone Android anda. Terutama jika menggunakan VPN yang asal-asalan bisa-bisa android temen-temen mudah ke hack orang jahat. Jadi sebaiknya mending tidak menggunakan Aplikasi VPN jika meman menggunakan Aplikasi Mbanking ini.

3. Gunakan Jaringan Internet Data Pribadi

Selain aman dari hacker dengan menggunakan jaringan internet data pribadi ini mencegah hacker jahat memanfaatkan jaringan public. Seperti Wifi umum yang akan lebih mudah orang jahat gunakan untuk memata-matai Mbanking temen-temen. Jadi berhati-hatilah menggunakan jaringan wifi public untuk transaksi Mbanking kalian.

4. Ganti PIN dan Password Mbanking

Jika ada hal yang mencurigakan dari Mbaking temen-temen segara lakukan penggantian PIN dan password Mbanking anda. Ini sangat perlu gunakan PIN yang rumit dan juga password yang minimal terdapat huruf kapital, kecil, angka dan symbol karakter. Tentunya jangan menggunakan pin atau password yang mudah seperti nama kota, atau nama pribadi. Yang mudah orang lain tebaik termasuk oleh hacker jahat ini.

5. Aktifkan Biometrik Untuk Login

Jika anda menggunakan Mbanking BNI karena saya menggunakan juga tentunya ada fitur Biometrik. Jadi anda bisa mengaktifkan fitur login ini menggunakan sidik jari temen-temen. Tentunya dengan cara login menggunakan fingerprint ini lebih aman. Karena untuk masuk ke aplikasi Mbanking itu memerlukan tangan temen-temen pribadi. Jadi dengan begitu hacker jahat akan sangat kesulitan menembus Mbanking anda.

6. Hindari Instal Aplikasi tidak aman

Jika temen-temen memasang Aplikasi bukan dari Playstore ini sudah berpotensi membuat mbanking temen-temen terancam. Jadi sebaiknya hindari memasang/menginstal aplikasi bukan dari sumber yang terpercaya. Silahkan memasang aplikasi yang aman pastikan juga aplikasi tersebut memiliki izin tentunya ini akan membuat aman Mbanking anda. Jangan sampe asal instal dan aplikasi tersebut berisikan mata-mata. Yang tentunya dapat mencuri data kamu mulai dari kontak, gambar dan lain sebagainya.

7. Cek Mutasi Rekening Anda

Untuk menghindari hacker jahat sebaiknya anda selalu mengecek mutasi rekening masuk anda pada mbanking. Uang yang masuk dan keluar harus dengan teliti anda perhatikan. Jangan sampe anda bersikap masa bodoh dengan mutasi rekening ini,. Karena kita akan lebih tahu mbaking kita dipergunakan untuk apa saja. Sehingga Mbanking temen-temen jauh lebih aman lagi dengan selalu mengecek mutasi rekening secara berkala.

8. Jangan simpan user id dan kata sandi anda

Memang sangat mudah kita ingat jika user id atau kata sandi anda memilih menyimpannya untuk login otomatis. Memang sangat nyaman akan tetapi ini sangat berbahaya apalgi kalau hacker jahat sudah masuk ke smartphone kamu. Makan dengan otomatis dapat langsung masuk ke Mbanking anda tanpa harus memasukan user id dan kata sandi lagi. Sebaiknya hindari menyimpan user id dan kata sandi saat login pada aplikasi Mbanking anda.

9. Hindari mengakses situs yang tidak aman

Untuk membedakan situs itu aman atau tidak tinggal cek pada halaman browser temen-temen. Untuk situs yang aman biasanya sudah memiliki standar https yang tentunya artinya situs itu sudah aman. Yang dari pada anda mengakses situs hanya dengan http saja. Tentu itu sangat berbeda mulai dari keamanan situs yang anda akses. Jadi sebaiknya hindari situs yang belum memiliki keamanan untuk anda akses.

10. Hindari Transaksi langsung Menggunaan kartu debit

Saya sarankan jangan melakukan transaksi langsung menggunakan kartu debit temen-temen. Transaksi seperti ini biasanya membutuhkan nomor kartu atm/debit anda langsung. Selanjutnya memasukan 3 digit dari kartu debit atau kartu atm atau kredit anda langsung. Ini yang paling berbahaya karena secara otomatis seluruh uang kamu ada pada kendali aplikasi saat kamu bertransaksi tersebut. Jadi hindari transaksi langsung menggunakan kartu debit walaupun sangat mudah dan praktis transaksi ini menurut mimin sangat berbahaya. Jadi harap perhatikan hal-hal seperti itu untuk menghindari hacker-hacker jahat yang berkeliaran diluar sana.

Artikel Lainnya : Cara Mengatasi mBCA Terblokir akibat Salah Input Kode Akses

Akhir Kata

Itulah 10 Tips Mengamankan Mbanking dari Hacker Jahat tentunya jangan sampe mbanking anda gampang diretas. Jadi perhatikan hal-hal tersebut untuk kemanan Mbanking dan hindari hal yang dapat mengancam Mbaking anda. Masih banyak tips lainnya yang ada namun sebaiknya perhatikan dari 10 terlebih dahulu. Karena hal sepelepun akan menjadi ancaman untuk anda. Ok Terima kasih semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close