Tips

3+ Tips Pola Makan Sehat untuk Tubuh Sehat

tips pola makan sehat

Pola makan sehat merupakan salah satu cara menerapkan tips gaya hidup sehat yang sebelumnya telah saya jelaskan. Karena bagaimanapun, setiap makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan diri kita.

Jika anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, maka membuat tubuh anda juga semakin sehat. Sementara itu, apabila makanan dan minuman yang masuk ke tubuh anda cenderung kurang bagus, maka bisa menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh.

Baca juga : tips agar bisa bangun pagi.

Makanan dan Minuman Sehat

Sebelum saya memberikan tips-tips penting seputar pola makan yang harus anda terapkan, penting juga bagi kita semua untuk mengetahui apa saja makanan dan minuman yang tergolong sehat dan tidak membahayakan bagi tubuh sendiri. Apa saja itu? Berikut beberapa contohnya :

Nasi

Nasi merupakan makanan pokok penambah tenaga. Mengandung karbohidrat yang tinggi, dapat menambah tenaga sehingga anda bisa lebih kuat dan sehat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Disarankan bagi anda untuk sarapan nasi setiap harinya dan jangan biarkan perut kosong.

Lauk Pauk

Ada banyak lauk pauk yang sehat untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah daging dan telur yang kaya akan kandungan protein. Sebagaimana yang diketahui, protein merupakan zat yang sangat bagus untuk perkembangan otak. Selain itu, anda juga perlu mengkonsumsi lauk pauk yang mengandung vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan

Sayur dan Buah

Jangan lupakan sayur dan buah dalam menu makanan anda. Sebaiknya sediakan paling tidak 1 jenis sayur dan 2 jenis buah di meja makan anda. Keduanya kaya akan vitamin dan juga mineral yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan mencegahnya dari berbagai jenis penyakit.

Air Putih

Setelah makan, sebaiknya jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih. Bahkan tak cuma saat itu saja, para pakar menyarankan kita untuk minum air putih secara rutin sebanyak 7-8 gelas setiap harinya. Dengan minum air putih, dapat menghindarkan anda dari dehidrasi dan juga memberikan dampak positif lain bagi kesehatan tubuh.

Susu

Pernah mendengar istilah 4 sehat 5 sempurna? Susu itulah yang disebut 5 sempurna. Susu kaya vitamin, mineral, protein hewani berkualitas dan lemak sehat. Tak hanya itu saja, susu juga merupakan sumber protein terbaik.

Baca juga : apa itu virus Corona?

Beberapa Tips Pola Makan Sehat

Setelah anda mengetahui tentang beberapa makanan sehat dan bergizi yang bagus untuk kesehatan tubuh, sekarang saatnya anda tau bagaimana cara makan yang sehat dan benar. Sebab, anda tidak bisa melakukannya secara asal-asalan. Semua ini demi kesehatan tubuh yang lebih baik. Berikut ini cara menerapkannya :

Konsumsi Asupan Protein

Alih-alih memperbanyak karbohidrat, justru para ahli gizi lebih menyarankan bagi kita semua untuk menambah asupan protein. Sebab, zat yang satu ini menjadi pondasi utama tubuh untuk membentuk otot, kulit, hormon, dan hampir seluruh sel serta jaringan yang ada didalamnya. Peran protein sangat penting untuk tubuh manusia.

Jumlah konsumsi protein yang disarankan bagi pria dan wanita berbeda. Kebutuhan harian protein untuk pria adalah 56 gram, sedangkan untuk wanita adalah 46 gram.

Mengkonsumsi Lemak Baik

Perlu untuk anda ketahui, tidak semua lemak jahat dan membahayakan tubuh anda. Ada juga lemak baik yang justru para pakar sangat menyarankan kita untuk mengkonsumsinya asal dalam jumlah yang wajar.

Ada dua jenis lemak yang baik untuk tubuh yaitu lemak lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Kedua jenis lemak tersebut menurut hasil penelitian dapat menurunkan resiko stroke dan juga serangan jantung.

Beberapa sumber makanan yang mengandung lemak baik antara lain alpukat, ikan salmon, tahu, dan kacang almond. Asupan harian yang disarankan adalah 44-47 gram setiap harinya.

Kurangi Konsumsi MSG

Tips pola makan sehat selanjutnya adalah dengan tidak menambahkan MSG ke dalam menu masakan anda. Masyarakat awam lebih mengenalnya dengan sebutan micin. MSG sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Tips lainnya : tips menghilangkan gejala flu

Itulah beberapa tips sederhana dalam menerapkan pola makan sehat. Konsumsi makanan yang tepat, maka tubuh anda akan semakin sehat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close