Life Style
Trending

5 Trik Sederhana Untuk Mendeteksi Kebohongan Seseorang

Bahasa tubuh merupakan faktor yang jarang sekali diperhatikan ketika seseorang berbohong. Ketika seseorang berbohong cenderung fokus pada pemilihan kata-kata dan ekspresi wajah. Trik Sederhana Mendeteksi Kebohongan

Untuk itu kita bisa memperhatikan beberapa bahasa tubuh yang bisa mengindikasikan secara instan apakah seseorang tersebut berbohong atau tidak.

Walaupun tidak begitu akurat, beberapa tanda ini bisa membuat kita lebih waspada dan berhati-hati dalam mempercayai perkataan seseorang.

5 Trik Mendeteksi Kebohongan Seseorang

Trik Mendeteksi Kebohongan
Sumber Gambar : online.husson.edu

1. Durasi Emosi

Emosi yang sebenarnya akan bertahan tidak lebih dari 5 detik. Apabila seseorang memperlihatkan ekspresinya lebih dari itu, Ini bisa saja palsu.

Karena pada umumnya seseorang tidak bisa mempunyai ekspresi wajah yang sama selama 10 detik saat memproses informasi tidak sebegitu mengagetkan.

2. Waktu Jeda Lama

Salah satu ciri ketika seseorang sedang berbohong ialah mereka membuat jeda terlalu lama dalam setiap kata. Walaupun bahasa tubuh ini juga sering dikaitkan dengan kegelisahan saat orang tersebut berbicara.

Baca Juga :10 Cara Cek Kuota Telkomsel Terbaru 2020

Indikasi pertama bahwa seseorang sedang berbohong ialah mengeluarkan kata-kata seperti ‘ah’, ‘uh’.

3. Pengulangan Kata

Sebagian dari kita sulit sekali untuk mengekspresikan pikirannya lewat kata-kata, terlalu banyak pengulangan kata merupakan tanda seseorang sedang berbohong.

4. Menutup Wajah atau Mulut

Seseorang yang berbohong akan secara otomatis menutup mulut dan wajahnya. Reaksi ini biasanya tidak disadari karena merupakan gerakan refleks untuk menutupi ketidakjujuran tersebut.

Baca Juga : Cara Menghapus Email Dari HP Android

5. Ekspresinya

Para peneliti menemukan bahwa umumnya emosi datang pertama, baru setelahnya disusul dengan kata-kata pendukung dari ekspresi tersebut.

Ketika seseorang mengatakan bahwa dia marah, akan tetapi tidak terlihat ekspresi itu, sudah dipastikan bahwa itu bohong.

Artikel Lainnya : 15 Aplikasi Internet Gratis Terbaik

Hal ini akan lebih mudah bila kita tahu bagaimana orang tersebut mengekspresikan berbagai hal yang dirasakan.

Akhir Kata

Demikianlah trik sederhana untuk mengetes kejujuran seseorang. Cara tersebut bisa kita lakukan dengan orang terdekat seperti teman bahkan pacar untuk mengetes apakah dia sedang berbohong atau tidak.

Semoga Bermanfaat

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close