TUTORIAL

Cara Membuat Surat Keterangan Pindah WNI Antar Provinsi

Untuk yang akan pindah alamat baik antar blok, desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi tentunya diperlukan surat keterangan pindah WNI. Akan tetapi jika cuman pindah alamat antar Blok, Desa, Kecamatan atau Kabupaten tidak serumit pindah alamat domisili antar provinsi.

Seperti temen saya yang pindah Antar Kota dan Provinsi dimana dari Kota Majalengka, Jabar ke Kendal, Jateng. Tentunya ini memerlukan surat keterangan pindah WNI Antar Provinsi.

Untuk Cara Membuat Surat Keterangan Pindah Antar Provinsi diperlukan syarat-syaratnya. Tentunya dimulai dari surat pengantar pindah dari desa dan juga kecamatan setempat.

Jika sudah mendapatkan surat pindah dari desa dan kecamatan selanjutnya silahkan ke kantor kependudukan Kota. Yaitu membuat surat keterangan pindah WNI Antar Provinsi.

Sangat mudah sekali untuk memproses surat kepindahan antar provinsi tidak rumit juga dan anda bisa melakukannya sendiri. Khusus yang mau mengurus surat kepindahan antar provinsi bisa mengikuti tutor yang sudah mimin praktekannya juga. Berikut adalah Cara Membuat Surat Keterangan Pindah Antar Provinsi.

Cara Membuat Surat Keterangan Pindah WNI Antar Provinsi

Surat keterangan pindah dari desa
  • Step pertama silahkan kalian meminta surat formulir permohonan Pindah WNI ke kantor desa setempat. Kemudian isi formulirnya dengan benar mulai dari biodata lengkap, daerah asal dan data kepindahan. Selanjutnya silahkan anda tanda tangan untuk pemohon, minta ttd dari kepala desa, dan kecamatan. Kurang lebih formulirnya seperti pada gambar diatas ini.
Persyaratan Pindah WNI antar Provinsi
  • Setelah dari Kantor Desa setempat dan kecamatan selanjutnya tinggal ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil tingkat Kabupaten. Lalu bawa surat formulir permohonan tadi dengan foto copy kk, KTP Asli, Foto Copy surat nikah yang dilegalisir.
Loket Pindah datang
  • Step selanjutnya formulir permohonan pindah WNI dengan persyaratannya dibawa ke loket bagian Pindah datang. Di kantor Disdukcapil tingkat kabupaten akan diberi tahu juga kurang lebih persyaratan yang dibutuhkan untuk permohonan surat ketaerangan pindah antar provinsi. Jangan lupa juga minta antrian untuk pindah daerah dibagian tiket antrian.
surat keterangan pindah
  • Step selanjutnya tunggu beberapa jam biasanya akan ada jeda jika waktu istirahat sampe anda dipanggil kembali. Untuk mengambil surat keternagan pindah ini silahkan tunggu dibagian pengambilan dukumen. Tinggal tunggu saja sampai nama atau antrian anda dipanggil kembali dan akan diberikan surat keterngan pindah antar Provinsi.
Contoh surat keterangan Pindah Antar provinsi
  • Ini adalah contoh surat keterangan Pindah WNI antar Provinsi anda juga bisa mengeceknya dibagian QR Code. Cek apakah dokumen aktif silahkan download aplikasi QR and Barcode Scan. Selanjutnya Buka Aplikasinya kemudian anda arahkan ke bagian gambar QR Code seperti pada gambar diatas ini.
cara mengecek dukumen surat keterangan pindah antar provinsi
  • Jika sudah selesai dan aktif akanterlihat seperti pada gambar diatas ini silahkan anda juga dapat mengeceknya dengan mudah. Jadi itulah cara membuat surat keterangan pindah antar Provinsi. Tentunya anda dapat melakukannya dengan mudah sendiri dengan mengikuti step-stepnya.

Artikel Lainnya : Cara Memperpanjang SKCK Terbaru 2020

Akhir Kata

Itulah Cara Membuat Surat Keterangan Pindah Antar Provinsi yang pastinya tidak terlalu rumit bahkan sangat mudah. Untuk kalian yang mau pindah antar provinsi bisa mengikuti step-stepnya. Jika ada kekurangan dalam pembahasan mohon maaf anda juga dapat menambahkannya dikolom komentar. Terima Kasih semoga bermanfaat.

Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close