Home » Tutorial Blogger » Cara Mengamankan WordPress dari Virus Redirect Iklan Popup

Cara Mengamankan WordPress dari Virus Redirect Iklan Popup

Halo sahabat senang berbagi kali ini mimin akan membagikan Cara Mengamankan WordPress dari Virus Redirect Iklan Popup. Yang mana iklan ini sangat menggangu situs kita bahkan penghasilan kita langsung tidak berjalan karena situs teralihkan atau redirect ke iklan popup. Nah kita coba bahas cara mengatasinya dan mimin baru-baru ini juga mengalami kendala seperti itu.

Ada beberapa cara mengatasi atau mengaman wordpress dari virus yang bandel ini mulai dari cara manual, dan juga cara otomatis dan itu pastinya berbayar. Untuk yang gratis sudah mimin coba praktekan nanmun versi berbayar belum karena membutuhkan minimal $99 untuk mengaktifkannya. Nah langsung saja tanpa basa basi berikut cara mengamankan wordpress dari virus redirect iklan poup.

Cara Mengamankan WordPress dari Virus Redirect Iklan Popup

Cara Mengamankan WordPress dari Virus Redirect Iklan Popup
Sumber Gambar : webhostingadvices.com

1. Backup dan Restore WordPress Anda

Cara sederhananya yang sudah mimin praktekan yaitu dengan backup dan restore wordpress kita cukup masuk pada server atau ke tempat hosting kita beli. Nah yang pertama ini tanpa biaya alias gratis cukup kita restore ke pengaturan sebelumnya. Anda masuk ke halaman server lalu pergi ke bagian restore ke pengaturan tanggal sebelumnya yang mungkin belum pernah terkena virus.

Namun mimin sarankan anda melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan restore ini karena jika tidak postingan anda sebelumnya akan terhapus. Kemudian jika sudah berhasil anda restore cek kembali apakah virusnya masih ada atau tidak. Coba akses situs anda jika sudah normal berarti anda sudah berhasil mengamankan wordpress anda dari virus redirect iklan popup.

2. Download Plugin Anti Malware untuk WordPress

Downloadan antivurs seperti Wordfance, Secupress Free, MalCare, kemudian aktifkan pada wordpress anda pilih salah satu saja dari 3 anti virus untuk wordpress. Setelah itu aktifkan antivirus lalu scan virus nya kemudian anda bisa melihathasilnya. Namun terkadang harus mengaktifkan versi pro sekitar $99 untuk satu tahun berlangganan dengan verisi pro. Contohnya dengan MalCare kita bisa menghapus virus redirect ini ke akar-akarnya namun lumayan juga harus mengeluarkan uang $99 USD. Jadi bisa jadi rekomendasi juga jika anda ingin menghapus virus yang ada pada situs anda.

3. Jangan Melakukan Spam di Sosial Media

Yang ke-3 ini jangan pernah anda melakukan spam menggunakan situs anda ke sosial media karena itu dapat mengundang para hacker meretas situs anda. Selain ia dapat meretas meraka juga dapat menyisipkan virus malware ke wordpress anda sehingga dapat redirect ke situs lain. Jadi usahakan jauhi yang namanya sebar-sebar link anda pada sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

4. Terus Pantau Server dan WordPress Anda

Yang ini perlu anda perhatikan yang mana anda harus terus memantau situs anda apakah baik-baik saja atau melah sudah tumbang terkana hacker dan banyak virus yang masuk. Anda juga bisa menggunakan situs GTMetrix untuk mengecek kecepatan situs anda. Atau menggunakan situs sitecheck.sucuri.net untuk mengetahui apakah situs anda sudah terinfeksi atau belum. Jika sudah anda sebaiknya segera melakukan sesuai minimal poin yang ke-1 dan ke-2 itu sudah cukup. Syukur-syukur bisa membeli untuk menghapus virus redirect iklan popup yang versi pro biasanya seharga $99 tadi.

5. Hapus Malware Manual pada WordPress

Sulit memang yang ini anda harus membuka file wordpress satu-satu mulai dari index.php, htaccess file, check file tema wordpress, header.php, footer.php, functions.php, adminer.php dll. Kemudian temukan situs yang mengarahkan wordpressa anda. Misal ke iklan popup nya anda bisa copy atau catat kemudian anda cari jika temu anda dapat menghapus virus tersebut agar tidak ter redirect situs anda. Jadi lumayan sulit mimin juga kesulitan menemukannya apalagi sudah terscan biasanya akan terhapus secara otomatis kalau sudah pakai yang pertama dan yang kedua tidak perlu yang ini. Kalau ada lagi virus nya atau ke redirect otomatis anda bisa coba lagi dengan mengecek satu per satu agar ketemu virus iklan popupnya.

Artikel Lainnya : Cara Mudah Reset Template WordPress Anda

Akhir Kata

Itulah Cara Mengamankan WordPress dari Virus Redirect Iklan Popup semoga dapat membantu anda untuk mengatasi situs anda yang sedang terkena virus. Jadi sebaiknya segera atasi agar tidak merugikan visitor situs anda dan juga penghasilan anda pastinya. Ok Terima kasih.

Tinggalkan komentar