TechTechnologyTEKNOTipsTIPS DAN TRIK

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bersuara, Mudah dan Cepat!

cara mengatasi Xiaomi tidak bersuara

Teruntuk Anda pemilik ponsel Xiaomi, mungkin pernah mengalami masalah kehilangan suara pada speaker audionya. Kerusakan ini bisa saja terjadi secara tiba-tiba, tanpa diketahui secara pasti sebelum Anda benar-benar menyelidikinya.

Namun tentu saja hilangnya suara pada speaker audio Xiaomi bukanlah tanpa sebab yang jelas. Tapi jika sebelumnya memang tidak terjadi apa-apa pada ponsel itu, kemungkinan besar kerusakan disebabkan dari sisi software yang harus segera Anda perbaiki.

Selain itu, bisa juga disebabkan karena beberapa hal lainnya seperti kesalahan pengaturan ponsel, komponen speaker yang rusak, speaker putus, ataupun hal lainnya.

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bersuara

Apabila Anda memiliki ponsel Xiaomi dan terdapat masalah tersebut, volume paling keras sekalipun tidak ada suara, jangan bingung dan khawatir. Sebab, Anda bisa mengatasinya sendiri dengan berbagai yakni sebagai berikut :

Periksa Pengaturan Volume HP

Yang pertama, silakan cek terlebih dahulu pada bagian pengaturan volume ponsel Xiaomi Anda. Tujuannya adalah untuk memastikan kondisi speaker tidak dalam keadaan mute.

Jika Anda merupakan pengguna smartphone Xiaomi, dapat mengikuti langkah-langkah ini guna melakukan pengecekan :

  • Pertama, silakan buka menu pengaturan terlebih dahulu.
  • Kemudian menuju ke bagian suara dan getaran.
  • Nonaktifkan kode hening jika ingin memunculkan suara.
  • Selesai.

Baca juga : cara mengatasi hp Vivo bersuara saat tekan tombol apapun.

Restart HP Xiaomi

Jika setelah melakukan pengecekan, volume tidak dalam posisi mute dan suara tetap saja tidak keluar, cobalah untuk melakukan cara kedua. Yaitu dengan cara melakukan restart ponsel.

Metode ini juga bisa menjadi solusi gangguan program perangkat lunak yang mungkin menyebabkan speaker tidak berfungsi. Untuk ponsel Xiaomi, seperti ini cara restartnya :

  • Klik tombol power agak lama yang berada di sisi kanan ponsel.
  • Selanjutnya untuk merestart ponsel, silakan pilih ‘muat ulang’.
  • Setelah beberapa saat, ponsel Xiaomi Anda akan kembali hidup dengan sendirinya.

Setelah hp sudah hidup, Anda bisa mengecek kembali apakah volume suara sudah berfungsi seperti sedia kala ataukah belum.

Baca juga : cara restart hp Huawei.

Cek Kondisi Speaker

Cara mengatasi Xiaomi tidak bersuara selanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi speaker. Untuk mengujinya, Anda bisa menggunakan headset, apabila suaranya masih terdengar itu tandanya ada masalah pada bagian speaker.

Yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan speaker yang ada pada bagian bawah untuk HP Xiaomi. Caranya yaitu dengan mematikan ponsel terlebih dahulu lalu kompresor udara untuk meniup debu dalam speaker.

Selain itu, bukan tidak mungkin di dalam speaker tersebut terdapat benda-benda lain yang tersumbat dan dapat menghambat fungsinya. Jadi sesuatu itu harus dihilangkan terlebih dahulu.

Clear Cache

Clear cache dapat menjadi solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan pada ponsel, tak terkecuali masalah volume speaker pada Xiaomi. Pembersihan cache juga bisa menormalkan kerusakan yang terjadi pada sistem.

Cara clear cache hp Xiaomi dapat Anda lakukan dengan berbagai cara. Bisa dari menu pengaturan atau menggunakan aplikasi dari pihak ketiga ataupun menggunakan aplikasi cache bawaan dari smartphone Xiaomi.

Baca juga : cara mengatasi aplikasi telah berhenti di android.

Ganti Speaker Baru

Cara mengatasi Xiaomi tidak bisa bersuara terakhir adalah dengan mengganti speaker yang baru. Pastikan Anda hanya menjadikan cara ini sebagai alternatif jika cara-cara sebelumnya tidak bisa menyelesaikan masalah.

Kalau Anda tidak bisa mengganti speaker sendiri, coba minta bantuan kepada orang yang lebih ahli atau bawa saja ke tempat service.

Jadi itulah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah hp Xiaomi yang tidak muncul suara. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close