Dunia InternetINTERNETPAKET DATATips

Cara Menghemat Paket Data Internet, Pasti Awet!

Halo sahabat saat ini kebutuhan Internet sangat penting bahkan jika hp/laptop tidak terhubung internet itu kaya gak idup. Segitunya memang kebutuhan manuasia terhadap inter. Mungkin itu sudah termasuk kecanduan terhadap teknologi internet jaman sekarang. Berikut Cara Menghemat Paket Data Internet.

Ada beberapa cara menghemat paket data internet anda uang bisa sobat terapkan agar tidak cepat habis. Yang tentunya jika kita hemat data internet berarti kita hemat uang pastinya.

Ok untuk cara menghematnya tidak perlu membatasi semuanya termasuk keperluan kita yang sangat penting. Yang jelas kita hemat untuk tidak mematikan teknologi yang kita butuhkan sehari-hari. Contohnya buat yang suka jualan online misalnya melalui WA. Itu tidak mungkin jika kita terus mematikan data internet kita. Jadi bisa coba nih cara menghemat paket data internet tanpa menghambat keperluan bisnis teman-teman.

Inilah Cara Menghemat Paket Data Internet

Cara Menghemat Paket Data Internet

1. Kelola Penggunaan data Internet

Kalian bisa mengatur penggunaan Kuota pada smartphone. Masuk pada setelan lalu klik pada menu Koneksi dan berbagi klik lagi pada pengaturan penggunaan data-SIM. Silahkan atur penggunaan data pada aplikasi yang kalian gunakan. Silahkan matikan sesuai data SIM yang sobat gunakan ya. Untuk aplikasi yang tidak kalian gunakan bisa dimatikan saja. Karena dengan begitu dapat menghemat paket data internet anda.

2. Gunakan Pencairan Google untuk Melihat Tutorial

Youtube terkadang yang paling banyak digunakan dibandingkan google karena memang youtube itu lebih jelas saat menyampaikan tutorial. Jika sobat orang yang suka tutorial belajar apapun itu bisa menggunakan google.

Manfaatkan artikel yang ada tidak perlu kita melihat tutorial dari Youtube untuk streaming karena itu pasti mengurasi paket data internet. Jadi bisa jadi referensi nih dengan menggunakan google saat melihat tutorial. Karena memang sama saja goalnya mendapatkan tutorial yang bisa kita kerjakan apapun itu permasalahnnya. Jadi mimin lebih mereferensikan Google dan artikelnya agar dapat menghemat paket data internet anda.

3. Ubah Jaringan Kamu Menjadi H+ atau 3G

Jika jaringan stabil pada 4G atau 4.5G kamu bisa menurunkannya menjadi 3G/H+ dengan begitu kamu dapat menghemat paket data. Tentunya jaringan 4G dan bahkan sudah 5G akan mempercepat kuta kamu habis. Tentunya dengan jaringan H+ atau 3G akan menghemat penggunaan data kamu apa lagi hanya digunakan untuk WhatsApp dan sosial media saja.

4. Kurangi Streaming Video IG, YT dan FB

Selain tiga cara diatas kalian bisa coba juga yang ke-4 ini yang mana bisa mengurangi penggunaan paket data anda. Seperti Streaming Video pada Instagram, Youtube dan Facebook. Yang ke-4 ini sangat boros sekali memang terutama jika tidak membatasi/mengurangi penggunaannya. Jadi mulai sekarang dapat mengurangi streaming Video agar menghemat paket data internet anda.

5. Pilih Paket Data Internet yang Tepat

Pemilihan paket data internet yang tepat dapat menghemat penggunaan paket data internet kamu. Yaitu dengan memilih paket data misalnya dengan paket data Unlimited tanpa FUP. Tentunya paket data internet ini selain menghemat biaya juga dapat berselancar di Internet tanpa batas.

Jika sobat menggunakan paket data Unlimited tanpa fup ini tentunya lebih nyaman lagi tanpa harus takut kehabisan paket data internet. Jadi inginnya bermain internet lebih lama lagi menghabisakan hingga ribuan GB. Tentu tidak malah habisa beberapa GB pun karena paket yang kita gunakan unlimited. Jadi silahkan pilih paket data internet yang tepat untuk internet kamu.

6. Matikan Update Otomatis

Selain aplikasi yang selalu minta update juga kalian bisa mematikan update system dan juga aplikasi yang berjalan. Nah jika tidak maka akan boros sekali karena otomatis mendownload update dari aplikasi anda secara otomatis. Jadi silahkan matikan update otomatis pada smartphone anda dan rubah menjadi update dengan WiFi dengan begitu akan menghemat banyak sekali penggunaan data internet anda.

7. Jangan Lupa Matikan Tethering hotspot Anda

Jangan sampe hal konyol ini terjadi pada paket data internet anda yaitu lupa mematikan tethering hotspot anda. Karena mungkin lupa atau apa kalian tidak mematikan tethering hotspot anda. Mimin saranin selalu matikan hotspot anda setelah menggunakannya. Karena ditakutkan banyak yang meratas password wifi/malah lupa juga tidak diberi password. Tentunya hal konyol ini dapat mempercepat habis paket data internet anda. Karena secara otomatis orang lain apalagi pada tempat umum akan masuk pada tethering Hotspot anda. Jadi jangan sampe lupa tidak mematikan hotspot anda agar dapat menghemat penggunaan paket data internet anda.

8. Jangan jadikan smartphone anda sebagai Modem

Ok selain menjadikan tethering jangan jadikan juga smartphone anda sebagai modem, karena sudah tidak aneh lagi. Jika paket data anda tiba-tiba habis tak tersisa, karena memang penggunaan laptop dan pc itu sangat menyedot paket data internet kita. Jadi silahkan kalian pilih paket yang sesuai agar paket data internet kamu tetap awat tidak boros.

9. Matikan Opsi Sinkronisasi

Mimin selalu menemukan bahwasanya sinkronisasi baik email/akun google atau lainnya ini akan otomatis mensinkronisasi email anda. Nah dengan mematikan opsi sinkronisasi kalian dapat menghemat paket data internet anda. Silahkan masuk pada setelan kemudian cari pada menu pengaturan account lalu silahkan bisa mematikan opsi sinkronisasinya.

10. ON/OFF Data Internet Anda

Sudah jelas jangan lupa kalian mematikan data internet seluler anda jika sudah tidak kalian gunakan. Tentu dengan cara ini dapat menghemat penggunaan paket data internet yang anda gunakan. Silahkan gunakan internet seperlunya jangan selalu kalian hidupkan. Karena jika kalian biarkan maka internet otomatis hidup dan itu sangat menguras paket data internet anda.

11. Matikan GPS

Selain mematikan paket data cara lain untuk dapat menghemat data internet anda tanpa mematikan data seluler anda. Yaitu dengan mematikan GPS karena memang jika tidak kamu matikan dapat menguras paket data internet anda sobat. Apalagi jika GPS kamu dalam mode online pastinya akan terus menguras paket data internet anda. Jadi sebaiknya matikan saja GPS smartphone kamu jika memang tidak kita gunakan. Namu jangan sampe kalian matikan terus terutama saat keluar rumah. Karena GPS ini sangat penting untuk petunjuk saat kamu keluar kota atau ketempat baru yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

12. Gunakan Aplikasi Lite

Tahu gak sobat kalian dapat menggunakan aplikasi lite yang tentunya sangat ringan untuk penggunaan data kalian. Sebut saja Facebook Lite, Twitter Lite, Messenger Lite dan sejenisnya. Tentu saja itu dapat mengurangi penggunaan paket data internet anda. Yang tentunay dapat menghemat paket data internet anda lebih banyak lagi. Silahlahkan dapat mencoba 12 cara ini agar paket data internet kamu selalu awet.

Artikel Lainnya : 40+ Sumber Penghasilan dari Internet yang jelas No SCAM

Itulah Cara Menghemat Paket Data Internet anda agar tidak cepet habis setiap bulannya. Tentunya cara ini dapat kamu coba agar selalu awet paket data kamu setiap bulannya. Ok Terima kasih semoga bermaanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close