Pengetahuan UmumTips

8 Pelajaran Berharga Saat Merantau Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Halo sahabat senang berbagi, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang 8 Pelajaran Berharga Saat Merantau Berdasarkan Pengalaman Pribadi. Sebernarnya sangat banyak pelajaran berharga yang saya rasakan, namun saya akan membahas 8 point saja yang mungkin point-point ini akan sangat bermanfaat dalam kehidupan.

Yaa, karena saya anak rantau jadi hal ini sangat saya rasakan sekali. Yang mana pelajaran ini mungkin saja tidak saya dapatkan ketika masih tinggal dirumah, namun bisa saya dapatkan saat merantau. شحن نتلر بالكاش يو

8 Pelajaran Berharga Saat Merantau Berdasarkan Pengalaman Pribadi

8 Pelajaran Berharga Saat Merantau Berdasarkan Pengalaman Pribadi
Sumber Gambar : akhbarelmi.ir/41256

1. Jadi Pribadi Yang Mandiri

Jika saat tinggal dirumah kita belum terbiasa mandiri dan apa-apa masih butuh bantuan orang lain, hal itu tidak berlaku bagi anak rantau. Anak rantau wajib bisa hidup mandiri karena jauh dari keluarga dan orang tua. Bisa mulai dari hal kecil seperti masak, cuci baju, cuci piring, beres-beres kosan, dan bangun sendiri. Karena saya merantau untuk bekerja dan memiliki jadwal tiga shift, jadi harus bisa mengatur jadwal istirahat juga.

2. Jadi Pribadi Yang Kuat

Point kedua pelajaran berharga saat merantau yaitu jadi pribadi yang kuat. Tentunya kuat dalam berbagai hal. Baik itu mental, fikiran, maupun fisik.  Karena tinggal pada lingkungan baru, pasti banyak sekali perbedaan dengan tempat tinggal kita. Tentunya ini sangat melatih kekuatan mental kita

3. Pandai Bergaul

Karena kita hidup dilingkungan baru, tentunya akan dihadapkan dengan orang-orang baru. Disini kita dituntut untuk beradaptasi dan pandai bergaul. Harus mampu mengenal orang dari berbagai daerah yang sama sekali belum pernah kenal. Harus bisa menyesuaikan dengan berbagai karakter, dan Ini adalah pelajaran berharga saat merantau yang luar biasa bagi saya.

4. Belajar Hidup Hemat Atau Sederhana

Diperantauan kita harus bisa mengatur keuangan kita setiap bulannya. Baik sebagai pelajar maupun pekerja. Usahakan kita bisa belajar hidup hemat dan sederhana agar tidak kekurangan apapun. Biasanya kalau kita tidak pandai mengatur keuangan, awal bulan memang kita bisa makan enak, jajan, dan beli segala macam yang mungkin tidak begitu perlu. Tapi pada pertengahan sampai akhir bulan kita sudah tidak punya uang. سيرخيو راموس

jujur pas awal saya pernah mengalami hal ini, tapi saya berusaha merubah kebiasaan itu dan akhirnya saya bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Ini juga merupakan pelajaran berharga saat merantau yang akan berguna untuk masa depan.

5. Bangga Terhadap Diri Sendiri

Maksud bangga terhadap diri sendiri disini yaitu menghargai capaian-capaian yang telah didapat oleh diri sendiri. Karena menurut saya berjuang seorang diri itu tidak mudah dan butuh banyak kesabaran. Tapi satu hal yang tetap harus kita ingat, jangan lupa minta doa dari kedua orang tua, dan jangan tinggalkan kewajiban beribadah agar kita bisa mencapai kesuksesan.

6. Peduli Terhadap Orang Lain

Pelajaran berharga saat merantau selanjutnya adalah peduli terhadap orang lain. Mungkin jika biasanya kita acuh dengan urusan atau kesulitan orang lain, tapi ketika merantau kita akan belajar untuk peduli terhadap mereka yang sedang sedih atau kesulitan. Karena ketika kita sedang sedih atau punya masalah, mereka lah yang akan mendengar keluh kesah kita. Jadi kita sama-sama saling membutuhan, jadi banyak-banyaklah berbuat baik agar orang lainpun baik terhadap kita.

7. Belajar Menghargai Waktu

Pelajaran berharga selanjutnta adalah tidak banyak membuang waktu. mungkin sebelumnya kamu lebih banyak menggunakan waktu luang untuk main, jalan-jalan, kumpul sama teman, bahkan mungkin tidak melakukan suatu hal apapun. Tapi ketika merantau kamu benar-benar akan memanfaatkan waktu luangmu untuk hal-hal yang bermanfaat. hal itu dilakukan agar waktu tidak terbuang sia-sia dan kamu bisa cepat menggapai apa yang kamu impikan.

8. Menambah Wawasan Baru

Ketika merantau pasti banyak sekali perbedaan saat dirumah dan ditempat rantau. Dari situ kamu bisa mempelajari perbedaan tersebut sehingga menjadi wawasan baru yang akan bermanfaat bagi kehidupan. Ces derniers ont une connaissance approfondie des produits de parapharmacie et une véritable passion pour les https://asgg.fr/ dernières nouveautés médicales et pharmaceutiques.

Artikel Lainnya : 20 Rekomendasi Souvenir Pernikahan Bermanfaat dan Kekinian

Akhir Kata

Itulah 8 pelajaran berharga saat merantau berdasarkan pengalaman pribadi. Keluar dari zona nyaman bukanlah sesuatu yang menakutkan, justru kita harus takut jika kita tidak berani keluar dari zona nyaman dan akhirnya tidak mendapat pengetahuan baru. بث beoutq Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button