Dunia InternetPeluang UsahaPengetahuan UmumTips

Jenis Pekerjaan Freelance, Bisa Bekerja dari Rumah!

jenis pekerjaan freelance

Karena dampak covid 19, Presiden Joko Widodo memberikan imbauan masyarakat untuk bekerja dari rumah. Baik itu Pegawai Negeri Sipil maupun para pekerja kantoran. Bahkan tidak seperti biasanya, Presiden Joko Widodo melakukan rapat dengan jajaran kementerian lewat teleconfrence tidak bertatap muka secara langsung seperti biasanya.

Bekerja dari rumah, mungkin aneh bagi sebagian orang. Tetapi, hal seperti ini sudah menjadi makanan sehari-hari bagi seorang freelancer atau pekerja lepas. Sehari-hari para freelancer selalu bekerja dari rumah (benar-benar bekerja bukan hanya bersantai saja).

Mungkin anda belum mengetahui apa itu freelancer. Baiklah, terlebih dahulu akan saya jelaskan.

Freelacer adalah seseorang yang bekerja tanpa adanya kontrak dengan pihak manapun. Para freelancer tidak memiliki komitmen dalam jangka jangka waktu tertentu dengan bos yang memberikan mereka pekerjaan.

Freelancer sering disebut sebagai pekerja remote. Mereka bisa menyelesaikan pekerjaan dimana pun sesuai dengan keinginan. Namun tetap saja, pekerjaan harus selesai sesuai dengan deadline yang sudah diberikan. Gaji freelance pada umumnya tidak dibayarkan setiap bulan, tetapi dibayar setiap project telah selesai dikerjakan.

Jenis Jenis Pekerjaan Freelance Paling Populer

Bagi anda yang ingin mencoba menjalani pekerjaan sebagai seorang freelancer, berikut ini saya informasikan beberapa contoh pekerjaan yang bisa dilakukan secara freelance. Apa saja itu?

Content Writer atau Copywriter

Sesuai dengan namanya, keahlian freelancer content writer ataupun Copywriter yang utama adalah menulis. Tugas dari kedua freelancer ini adalah menulis dan mempublikasikannya di website. Hanya saja, untuk seorang copywriter diwajibkan memiliki kemampuan marketing yang baik sebab tulisannya bertujuan untuk menarik calon pembeli.

Untuk tahap pemula, anda bisa mencoba menjadi penulis artikel bahasa Indonesia dulu. Selanjutnya, alangkah lebih bagus jika anda juga belajar bahasa sehingga nantinya bisa memiliki kemampuan dalam menulis bahasa Inggris. Jika bisa mendapatkan penghasilan double tentu lebih bagus bukan?

Data Entry

Jenis pekerjaan freelance yang populer berikutnya adalah data entry. Bahkan untuk mengerjakan job ini tidaklah terlalu sulit, sehingga cukup banyak yang meminatinya. Anda hanya perlu memasukkan data ke database yang sudah disediakan. Sangat mudah bukan?

Analis dan Konsultan Bisnis

Jika anda mencari pekerjaan freelance dengan gaji tinggi, maka pekerjaan sebagai konsultan bisnis adalah jawabannya. Dan gaji besar yang didapatkan selaras atau sebanding dengan pekerjaan yang dilakukan. Jika anda merasa tidak mampu melakukannya, jangan coba-coba untuk menjalani pekerjaan ini. Tugas dari konsultan bisnis adalah mengumpulkan dan menganalisis data dan informasi dari suatu permasalahan bisnis

Desainer Grafis

Pekerjaan freelance yang satu ini sangat cocok dijalankan bagi anda yang gemar menggambar. Selain itu, anda harus memiliki kemampuan desain grafis supaya lebih mudah dalam menjalani pekerjaan ini. Jika hasil desain anda sangat bagus, bukan hal yang mustahil untuk mendapatkan penghasilan yang sangat besar.

Web Designer

Seorang web designer bertugas untuk membuat tampilan website dari 0 hingga benar-benar bisa diakses. Bukan sekadar kemampuan mendesain gambar, anda juga harus memiliki kemampuan HTML, JavaScript dan CSS. Selain itu anda juga harus jago menggunakan software Adobe Photoshop ataupun Corel Draw. Namun kesulitan tersebut sebanding dengan penghasilan yang nantinya akan didapatkan.

Digital Marketer

Jenis pekerjaan freelance yang bisa anda jalankan selanjutnya adalah digital marketer. Profesi ini mengharuskan anda untuk menguasai berbagai strategi pemasaran secara online. Bukan hanya itu saja, seorang digital marketer harus memiliki pengetahuan seputar email marketing, pay per click atau PPC, search engine marketing, SEO management, dan juga media sosial.

Baca juga : pekerjaan terbaik untuk anak kuliahan.

Itulah beberapa jenis pekerjaan freelancer yang bisa anda jalankan untuk menambah penghasilan di tengah mewabahnya virus corona ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close