Life StyleTips

Kegiatan Positif Selama Bulan Ramadhan Walau di Rumah Saja

Kegiatan positif selama bulan Ramadhan

Kegiatan positif selama bulan ramadhan – Jika melihat pada Kalender Masehi 2020, tanggal 1 Ramadhan 1441 H insyaallah akan jatuh pada Hari Jumat 24 April 2020. Ini artinya, kurang dari seminggu lagi umat Islam di Indonesia dan dunia bakal berpuasa selama satu bulan penuh.

Mungkin ada yang sedikit berbeda dengan Ramadhan di tahun ini. Saat ini, kita berada dalam situasi pandemi Covid 19 dan diprediksi belum berakhir pada bulan puasa esok. Namun anda tak perlu khawatir, sebab tetap banyak kegiatan positif yang bisa anda lakukan selama Bulan Ramadhan.

Baca juga : persiapan menyambut bulan suci Ramadhan.

Kegiatan Positif Selama Bulan Ramadhan di Rumah Saja

Jika kita asumsikan, saat bulan puasa wabah Corona belum juga berakhir maka kemungkinan besar kegiatan kita banyak dilakukan dari dalam rumah. Kementerian Agama sendiri sudah mengirimkan surat edaran agar melaksanakan ibadah dari dalam rumah, tak perlu pergi ke masjid.

Namun apakah bisa kita melakukan kegiatan positif hanya di dalam rumah? Jawabannya tentu saja bisa. Walaupun tidak keluar rumah, anda tetap bisa melakukan banyak kegiatan yang bermanfaat selama bulan puasa. Apa saja itu?

Tadarus Al-Qur’an

Membaca Al Qur’an merupakan salah satu amalan yang bisa anda lakukan di bulan puasa. Untuk mencegah penularan covid 19, anda bisa bertadarus Al Qur’an di rumah bersama keluarga.

Jika anda sedang kos, coba ajak teman satu kamar untuk belajar membaca Al Qur’an bersama. Insyaallah, dengan berterdarus ilmu membaca Al Qur’an anda semakin meningkat dan hati pun menjadi tentram.

Baca juga : tips menghilangkan bau mulut saat puasa.

Sholat Wajib dan Sholat Sunah

Selain membaca Al Qur’an, salah satu kegiatan positif di bulan Ramadhan lainnya adalah melaksanakan sholat. Baik itu sholat wajib maupun sholat sunah. Sholat wajib yang terdiri atas 5 waktu, tentu saja harus terus anda lakukan setiap hari. Jangan sampai anda meninggalkannya.

Sementara itu, untuk sholat sunah sebaiknya juga dilakukan. Terlebih lagi di saat pandemi covid 19, anda pasti lebih memiliki banyak waktu di rumah. Gunakan kesempatan tersebut untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Selain melaksanakan sholat wajib, ada baiknya juga melaksanakan sholat sunah paling tidak sekali dalam sehari.

Sholat memiliki banyak sekali manfaat, bukan hanya sekedar menambah pahala tetapi juga bermanfaat dari segi kesehatan. Setiap gerakan sholat yang kita lakukan ternyata memberikan efek positif terhadap kesehatan dalam maupun luar tubuh. Bukan hanya itu saja, sholat juga bisa menghindari diri dari pikiran pikiran negatif.

Buka Puasa Bersama

Bukber atau buka bersama juga merupakan salah satu kegiatan positif selama bulan Ramadhan yang bisa anda lakukan. Namun di tengah kondisi seperti saat ini, tentu saja bukan bersama harus dijalankan dengan cara yang berbeda. Tidak mungkin lagi melaksanakan bukber dalam jumlah yang sangat besar karena hal tersebut jelas sangat dilarang.

Jadi bagaimana solusinya? Cukup dengan buka bersama secara kecil-kecilan saja. Misal, buka bersama dalam satu keluarga. Dengan begitu, rasa kedekatan dan kekeluargaan semakin meningkat jika sering bersama di rumah. Keluarga pun insyaallah akan semakin harmonis.

Baca juga : buah buahan populer saat bulan puasa.

Belajar

Belajar juga menjadi aktivitas bermanfaat yang bisa anda lakukan dari dalam rumah. Belajar bisa lewat mana saja, baik buku maupun platform digital. Belajar tak mengenal usia, untuk itu berapapun usia anda jangan pernah puas dengan ilmu yang dimiliki dan teruslah belajar.

Itulah beberapa aktivitas positif yang bisa anda lakukan selama bulan Ramadhan walau hanya di dalam rumah. Jangan pernah berhenti berbuat positif dan melakukan hal-hal bermanfaat dalam kehidupan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close