Pengetahuan Umum

9 Sisi Positif di Bulan Ramadhan 2020

Sisi Positif di Bulan Ramadhan – Semua umat muslim diseluruh dunia menyambut gembira datangnya bulan suci ramadhan ini. Karena dibulan Ramadhan ini banyak sekali sisi poisitif yang bisa kita ambil. Salah satunya adalah kita bisa menjalankan ibadah puasa yang dilakukan hingga 1 bulan penuh.

Dengan puasa wajib ini tentu kita dapat merasakan gimana rasanya tidak makan seharian. Karena memang banyak diluar sana saudara-saudara kita yang masih kesulitan untuk makan.

Sisi positif dibulan ramadhan ini juga memberikan efek semangat untuk ber ibadah kepada Allah SWT. Senantiasa sholat 5 waktu tidak tertinggal, membaca al-quran, sholat sunah tarawih dan ibadah lainnya.

Tentunya bulan suci Ramadhan ini sangat banyak sisi positif nya tidak hanya itu, berikut adalah salah satu sisi positif di bulan ramadhan.

9 Sisi Positif di Bulan Ramadhan 2020

Sisi Positif di Bulan Ramadhan
Sumber Gambar : www.freepik.com

1. Sholat Berjamaah

Sholat 5 waktu memang sangat sulit untuk berjamaah terkadang banyak diantara kita terutama laki-laki yang masih sholat sendiri. Padahal berjamaah itu lebih baik ganjarannya dari pada sholat sendiri saja.

Nah di bulan Ramadhan ini banyak sisi positif nya bahkan setelah melaksanakan sahur kita bisa sholat berjamaah dengan keluarga. Coba banyangkan dihari-hari biasa agak sulit bangun pagi-pagi tapi karena bulan ramadhan ini tidak sulit untuk bangun.

Bahkan anak-anak hingga dewasa banyak melakukan aktivitas obrog-obrog membangunkan orang untuk sahur. Tentunya dibulan ramadhan ini banyak sisi positifnya.

2. Sedekah

Dibulan-bulan biasapun sedekah memang selalu ada terutama orang-orang yang tahu ilmunya. Karena dengan sedekah kita akan lebih ditambah lagi baik itu harta ataupun ilmu. Sisi positifnya dibulan ramadhan sedekah tentunya akan lebih banyak lagi.

Dibulan ramadhan ini tentu kamu bisa melihat banyak orang berlomba-lomba dalam kebaikan terutama sedekah ke orang yang membutuhkan. Tentu ini sangat positif dan sangat dirindukan sekali saat bulan ramadhan akan segera berakhir. Semoga kita selalu melakukan sedekah dan selalu dicukupkan oleh allah SWT.

3. Membaca Al Quran

Pahala yang paling banyak yaitu membaca Al Quran terutama dibulan ramadhan ini pahalanya berkalilipat. Tentu dengan itu banyak orang yang sengaja meluangkan waktu untuk membaca ayat suci Al Quran.

Bahkan tidak sedikit orang menghapal dan menamatkan alquran hingga 30 Juz. Tentunya ini bisa kita contoh dengan sebentar meluangkan waktu membaca alquran. Sisi positif dibulan ramadhan karena kita tentunya bisa membaca alquran bahkan bisa khatam alquran hingga 30 Juz.

4. Rizki Melimpah

Selain pahala yang melimpah dibulan ramadhan ini juga Rizki berlipat ganda silahkan jangan males malesan karena puasa. Karena dibulan Ramadhan ini banyak sekali Rizki yang melimpah yang bisa kita semua dapatkan. Yang terpenting kita terus berusaha dan berdoa agar rizki kita selalu ada dan dicukupkan.

5. Menyehatkan

Dibulan ramadhan banyak sekali sisi positifnya khususnya buat kita yang melakukan puasa wajib dibulan ramadhan ini. Tentunya sangat menyehatkan untuk badan karena dengan puasa, tubuhkita dilatih untuk tidak bekerja terus.

Coba bayangkan dihari-hari biasa kita makan terus dan otomatis tubuh kita terus bekerja untuk memproses makanan yang kita lahap. Namun dibulan ramadhan ini ada sisi positifnya karena puasa tentunya ini menyehatkan untuk tubuh kita. Selain itu untuk diet sehat juga sangat bermanfaat selain sehat juga mendapatkan banyak pahalanya.

6. Banyak Makanan

Untuk semua keluarga pasti akan dimasak atau dibeli untuk dihidangkan saat berbuka puasa atau saat sahur. Di bulan ramadhan ini banyak sisi positifnya karena banyak makanan yang bisa kita makan saat sahur atau berbuka puasa.

Selain itu semua orang akan mendapatkan makanan karena seperti yang saya sampaikan diatas banyak orang bersedekah. Jadi semua orang bisa makan, kita juga bisa merasakan apa yang orang lain rasakan. Yang mungkin kurang beruntung jadi kita patut bersyukur kepada maha pencipta segalanya.

7. Berlomba-lomba Melakukan Kebaikan

Karena setan dikurung dibulan suci Ramadhan ini tentunya banyak orang yang tidak akan dihalangi untuk melakukan kebaikan. Tentunya banyak orang berlomba-lomba dalam kebaikan ini. Salah satunya sedekah, bekerja lebih semangat lagi, menghargai orang, membantu orang dll.

Tentunya banyak sekali kebaikan yang dapat kita lakukan dibulan Ramadhan ini. Akan rugi untuk orang yang masih melakukan hari-harinya seperti biasanya bahkan lebih menurun aktivitasnya. Jadi jangan jadi alesan ketika berpuasa kita tidak melakukan apa-apa sama sekali.

8. Malam Lailatul qadar

Malam lailatul qadar malam lebaih baik dari malam seribu bulan bahkan malam lailatul qadar adalah malam diturunkannya Alquran. Tentu saya pribadi belum pernah merasakan secara langsung malam Lailatul Qadar ini. Namun malam yang ditunggu-tunggu oleh semua umat islam ini hanya ada dibulan Ramadhan diantara tanggal 21, 23, 25, 27, 29 dan akhir malam bulan ramadhan. Dalam riwayat Rasullullah SAW. Tentunya itu adalah sisi paling positif yang ditunggu-tunggu dibulan suci ramadhan ini. Karena banyak orang mempersiapkan jauh-jauh hari untuk bisa bertemu malam Lailatul Qadar ini.

9. Zakat Fitrah

Untuk membersihkan diri menjelang idul fitri wajib dilakukan bagi yang mempunyai kelebihan dari makanan atau hartanya. Biasanya di tanggal 20 ramadhan sudah banyak orang yang melakukan Zakat Fitrah. Tentu ini sisi positif di bulan ramadhan karena semua umat muslim wajib mengeluarkan Zakatnya masing-masing. Silahkan kasih zakat kalian ke orang-orang yang membutuhkannya.

Artikel Lainnya : 10 Rekomendasi Game Untuk Menemani Waktu Ngabuburit

Akhir Kata

Itulah sisi positif di Bulan Ramadhan. Masih banyak yang belum tersampaikan namun terus lah melakukan hal yang positif di bulan ramadhan ini. Mulai dari ibadah, melakukan kebaikan, menghargai orang lain, peduli kepada sesama dan masih banyak lagi. Ok Terima kasih mohon maaf bila ada salah dalam penulisan atau defenisi dari artikel yang saya sampaikan, semoga saya diampuni oleh allah SWT aamiin.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close