Pengetahuan UmumTips

4+ Tips Mencegah Penyebaran Virus Corona Paling Efektif

tips mencegah penyebaran virus corona

Data kasus penyebaran virus Corona di Indonesia terus mengalami peningkatan. Data terakhir hingga 15 Maret 2020, terkonfirmasi ada 117 orang terinfeksi virus yang satu ini. Korban-korban tersebut tersebar di berbagai provinsi Indonesia seperti Jakarta, Jawa Barat, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Barat, hingga Sulawesi Utara.

Bukan hanya menyerang masyarakat sipil saja, pada faktanya corona juga menyerang pejabat tinggi negara. Kabar terakhir menyebutkan, Menteri Perhubungan Indonesia Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Apa Itu Virus Corona

Virus Corona atau yang juga disebut sebagai Covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Infeksi virus ini pertama kali pada bulan Desember 2019, tepatnya di kota Wuhan China dan telah menyebar ke berbagai negara dunia termasuk di Indonesia.

Seorang yang terinfeksi virus Corona akan mengalami gejala-gejala yang mirip seperti gejala flu. Mulai dari demam tinggi, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak nafas, hingga sakit kepala. Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah terpapar virus Corona

.

Beberapa Tips Mencegah Penyebaran Virus Corona

Perlu untuk anda ketahui, virus corona menular melalui beberapa cara. Bisa dari kontak langsung atau melalui percikan dahak saat batuk ataupun bersin. Untuk itu, penting sekali untuk menjaga jarak dengan penderita corona.

Sejauh ini, masih belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit yang berasal dari China. Namun anda tetap bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan supaya virus tersebut tidak menyebar ke orang lain. Lakukan hal-hal sederhana berikut ini :

Rajin Mencuci Tangan

Tips mencegah penyebaran virus Corona yaitu dengan rajin mencuci tangan. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun selama kurang lebih 20 detik. Pastikan cuci seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih. Alternatif lain anda bisa menggunakan hand sanitizer yang dinilai lebih efektif dalam membersihkan kuman.

Menggunakan Masker

Ada dua jenis masker yang bisa anda gunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker N95 dan masker bedah. Masker N95 merupakan masker khusus sedangkan masker bedah adalah masker umum yang selama ini sering kita gunakan.

Manakah yang lebih efektif untuk mencegah masuknya virus Corona ke dalam tubuh? Tentu saja masker N95 yang jauh lebih efektif. Hanya saja masker ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal dan juga kurang nyaman dipakai bagi yang tidak terbiasa menggunakannya.

Pastikan untuk rutin mengganti masker. Sebab, didalamnya pasti meninggalkan kuman penyakit sehingga dalam waktu 1-2 hari anda harus menggantinya. Masker bisa dibeli di apotek atau toko obat di sekitar anda.

Baca juga : tips gaya hidup sehat

Jaga Daya Tahan Tubuh

Kunci untuk mencegah terjangkitnya virus corona adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh sudah bagus, maka virus jenis apapun akan sulit masuk ke tubuh anda. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Konsumsi makanan sehat dan bergizi, terutama buah dan sayuran. Selain itu jangan lupa untuk rutin berolahraga agar tubuh kita semakin sehat dan juga bugar. Bila perlu, konsumsi juga suplemen sesuai anjuran dari dokter.

Baca juga : tips pola makan sehat

Tidak Berpergian ke Negara Terjangkit

Tips mencegah penyebaran virus Corona berikutnya adalah dengan tidak pergi ke negara yang juga terjangkit virus corona. Walaupun sangat penting, lebih baik tunda dahulu rencana anda untuk pergi ke sana sampai kondisi benar-benar aman.

Artikel Corona Lainnya : tips untuk mengetahui penyebaran virus corona

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Lakukan dari sekarang supaya tidak ada lagi orang-orang berikutnya yang terjangkit virus yang sama. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close