OtomotifTips

4 Tips Memilih Asuransi Kendaraan, Hati-hati Dalam Memilih!

Memilih asuransi kendaraan tidak bisa dilakukan secara asal, anda perlu mengetahui beberapa tips memilih asuransi kendaraan agar tidak menyesal atau bahkan tertipu. Seperti yang kita semua tahu, saat ini semakin banyak saja perusahaan asuransi tanpa badan hukum jelas yang berpotensi melakukan penipuan.

Penipuan bukan hanya berupa membawa uang nasabah kabur saja. Modus penipuan bisa juga terjadi dengan cara tidak mengcover biaya kerusakan karena persyaratan yang tidak jelas bahkan hingga bunga yang tiba – tiba melonjak tanpa alasan yang masuk akal.

Oleh karena itu, wajib untuk kita memilih asuransi mobil terbaik untuk melindungi kendaraan yang kita miliki. Apalagi jika kendaraan tersebut memiliki kenangan dan memori tersendiri yang tidak bisa dilupakan.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan

tips memilih asuransi kendaraan

Sebelum memutuskan untuk mengikuti asuransi tertentu, anda perlu mengetahui beberapa hal penting terlebih dahulu. Berikut ini kita akan memberikan tips memilih asuransi mobil terbaik 2019.

1. Ketahui Penawarannya

Umumnya, ada 2 jenis penawaran yang diberikan oleh perusahaan asuransi pada calon nasabah. Yaitu asuransi TLO alias Total Lost Only dan All Risk.

Asuransi jenis TLO hanya akan menanggung biaya kerusakan bila jumlahnya lebih atau sama dengan harga mobil yang diasuransikan. Misalnya kerusakan karena kecelakaan, hilang, terbakar, dan lain – lain yang menyebabkan pemilih mobil mengalami kerugian dengan nominal yang sama dengan harga mobilnya.

Sedangkan All Risk akan menanggung semua biaya semua jenis kerusakan mulai dari kerusakan kecil karena bencana alam maupun kerusakan besar seperti kehilangan mobil. Tetapi, biaya asuransi untuk All Risk tentunya lebih tinggi dari Total Lost Only.

2. Pahami Syarat dan Ketentuannya

Sebelum memutuskan menjadi nasabah dan menandatangani berkas – berkas, calon nasabah akan dijelaskan mengenai syarat dan ketentuan dari asuransi yang akan ia ikuti.

Pada saat ini, anda perlu memahaminya dengan jelas sebab syarat dan ketentuan asuransi akan sangat fatal untuk kendaraan anda. Tanyakan bagian yang tidak anda mengerti. Jangan sampai pihak asuransi memanfaatkan ketidak tahuan konsumen untuk mendapatkan keuntungan lebih.

3. Mendengar Testimony Nasabah Lain

Tips memilih asuransi kendaraan yang berikutnya adalah mendengar atau membaca testimony dari nasabah yang lain. Jika perusahaan tersebut benar menawarkan asuransi mobil terbaik, maka sudah ada review asuransi mobil yang mereka tawarkan baik di internet maupun di kantornya langsung.

Akan lebih baik jika anda memiliki kenalan yang sudah mengikuti asuransi tersebut. Bila hasilnya memuaskan, tentunya anda semakin yakin untuk menjadi nasabah perusahaan tersebut.

Tetapi hati – hati, banyak pula testimony bohong yang tersebar untuk meningkatkan kepopuleran suatu perusahaan asuransi. anda harus teliti pula dalam menentukan mana review yang sekiranya benar ditulis oleh nasabah dan mana review yang ditulis oleh orang dalam perusahaan.

4. Sesuaikan Dengan Budget

Terakhir, sesuaikan budget bulanan asuransi dengan kemampuan dan kebutuhan anda. Jangan sampai biaya asuransi menjadi beban anda dan berujung ke hal – hal yang tidak diinginkan.

Perusahaan asuransi yang baik akan menawarkan berbagai macam planing dengan harga yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, pikiran secara matang penawaran mana yang akan anda ambil.

Hitung pula biaya kerusakan yang akan ditanggung jika sesuai dengan harga mobil yang anda miliki. Biasanya, mobil dengan harga yang lebih mahal akan diikuti asuransi bertipe All Risk dan mobil keluarga akan diikuti asuransi TLO.

Nah, seperti itulah beberapa tips memilih asuransi kendaraan yang wajib anda ketahui. Selalu melakukan perbandingan antara perusahaan mobil satu dan yang lainnya demi mendapatkan asuransi mobil terbaik.

Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close