Home » Tips » Apa Yang Harus kita lakukan Saat Bulan Puasa?

Apa Yang Harus kita lakukan Saat Bulan Puasa?

Halo sahabat senang berbagi kali ini akan membagikan Apa Yang Harus Kita lakukan Saat Bulan Puasa?. Yang mesti kita lakukan dalam selama bulan puasa ini sangat simple. Tentunya untuk menemani ibadah puasa kita seharian dan bisa produktif. Lalu apa saja yang mesti kita lakukan saat bulan puasa ini agar selalu produktif berikut adalah aktivitasnya.

Apa Yang Harus Kita lakukan Saat Bulan Puasa?

Apa Yang Harus kita lakukan Saat Bulan Puasa
Sumber Gambar : www.flickr.com

1. Berdiam Saat Menanggapi hal yang memancing Emosi Kemarahan

Berdiam diri saat bulan puasa wajib kita lakukan untuk menanggapi hal yang dapat memancing kemarahan saat berpuasa. Selain menjaga makan dan minum menjaga hawa napsu marah juga wajib kita lakukan. Tentu saja itu hal yang perlu kita tanamkan tidak perlu membalas ataupun berbalik marah menanggapi hal-hal sepele saat berpuasa. Lakukan berdiam saat menanggapi hal yang dapat memancing hawa napsu kemarahan. Maka kita menjadi pemenang dalam berpuasa setiap hari selama bulan puasa ini.

2. Tersenyum bercanda saat menanggapi orang yang sedang marah

Hal ini dapat kita lakukan juga saat menanggapi orang yang sedang merah apa lagi dalam kondisi masih sedang berpuasa. Hal ini dapat menjadi candaan dan kasih senyuman lepas agar yang marah kembali tersenyum. Kemudian jelasankan kenapa harus marah-marah padahal kita sedang menjaga hawa napsu kita selalau berpuasa ini. Jadi hal ini dapat kita lakukan juga saat bulan puasa ini untuk menemani waktu puasa kita.

3. Olahraga Ringan

Olahraga ringan dapat kita lakukan saat berpuasa agar kondisi tubuh kita semakin vit dan kuat menjalankan ibdah puasanya. Intinya jangan malas-malasan saat berpuasa ini karena itu membuat kita tidak produktif. Jadi silahkan olahraga ringan misalnya bersepeda, senam yoga, joging dan lainnya tentunya dapat anda lakukan saat berpuasa juga. Baik kita lakukan pagi hari setelah sholat subuh atau pada sore hari saat kita mau berbuka puasa pastinya itu lebih semangat lagi.

4. Rajin Membersihkan Badan dengan Tidak Malas Mandi

Hal ini kaya sepele namun efektif dapat membuat kita kembali Fresh saat sedang berpuasa jangan malas-malasan tidak mandi. Yang pasti akan membuat badan kita tidak sedap saat berpuasa. Jadi mimin sarankan rajin membersihkan badan kita dengan mandi minimal 2x dalam sehari. Itu dapat kita lakukan dalam menemani waktu bulan puasa kita. Agar menjadi sehat dan terhindar dari berbagai kotoran yang menempel pada badan.

5. Bekerja Ringan dari Rumah atau Kantor

Mimin sebagai Full Time Blogger memang sangat nyaman dengan pekerjaan yang mimin lakukan. Yaitu dengan bekerja ringan dari rumah tanpa harus bekerja keras diluar sana. Namun untuk temen-temen yang bekerja yang lebih keras lagi sebaiknya kurangin. Untuk menjaga badan kita tidak terlalu cape saat berpuasa pada bulan Ramadhan ini. Silahkan kerjakan yang ringan saja untuk menemani waktu bulan puasa anda.

6. Membaca Buku yang bermanfaat

Ada banyak buku-buku yang bermanfaat untuk menambah wawasan kita saat bulan puasa ini. Hal ini dapat meningkatkan pengetahuan kita saat bulan puasa jaman sekarang bisa mengintsal e-book. Yang dapat kita lihat langsung dari smartphone kita langsung. Jadi dapat kitalakukan juga hal ini untuk menemani waktu kamu saat berpuasa penuh seharian.

7. Tonton Video Edukasi dan Pelatihan

Tidak hanya membaca buka dengan tonton Video Edukasi dan pelatihan juga dapat kamu lakukan saat berpuasa ini. Khusus yang menerima program kartu prakerja sebaiknya habiskan saldo kamu untuk membeli pelatihan yang bermanfaat setiap harinya. Tentu saja akan menjadi hal yang baru saat bulan puasa ini. Karena kita dapat belajar langsung dari smartphone kita kemudian mendapatkan insentif juga dari program kartu prakerja ini. Namun untuk yang tidak mendapatkan program kartu prakerja ini banyak video edukasi dan pelatihan gratis dari Youtube. Tersedia juga pelatihan gratis dari platform pelatihan yang dapat anda temukan seperti dari platform sekolahmu dan platform lainnya. Silahkan dapat kamu coba tonton video edukasi dan pelatihan ini agar harimu selalu produktif walaupun saat berpuasa seharian.

8. Tidur Siang Untuk Meng Istirahatkan Badan Kita

Jika temen-temen sudah melakukan banyak hal seharian bisa lakukan hal ini untuk meng istirahatkan badan kita. Tentu saja ini efektif untuk dapat membuat badan kamu kembali fresh dan vit lagi. Tidak masalah karena saat bulan puasa tidur juga bisa menjadi Ibdah. Apa lagi kalau kita banyak melakukan kebaikan saat bulan puasa ini. Pastinya kita akan mendapatkan banyak sekali pahala dalam menunaikan ibdah puasa ramadhan ini.

9. Tadarus Al-Quran

Hal ini dapat sobat lakukan juga saat menunaikan Ibadah puasa yaitu membaca Al-Quran atau Tadarus. Untuk lebih mudah silahkan instal aplikasi Al-Quran dari Hp anda kemudian baca lah setiap harinya. Tidak perlu banyak-banyak membacanya cukup 10 ayat saja setiap anda mengerjakan sholat wajib yang 5 waktu. Namun jika anda kuat silahkan selesaikan 1 Juz setiap harinya. Maka anda akan menjadi pemenang dalam hari anda saat berpuasa pada Bulan Ramadahan ini.

10. Ngabuburit Mencari Jajanan Menu Berbuka puasa

Hal yang dapat kita lakukan saat berpuasa ini yaitu ngabuburit sambil mencari jajanan untuk berbuka puasa. Hal ini dapat kita lakukan memang agar hari-hari kita tidak menjadi bosan. Cari jajanan yang tidak jauh dari rumah anda kemudian selalu menggunakan masker, cuci tangan dan menjauhi kerimunan untuk menjaga jarak. Tetap gunakan protokol kesehatan agar kita terhindar dair Virus Covid-19 ini. Ok mungkin itu yang dapat kita lakukan saat bulan puasa ini.

Artikel Lainnya : 40 Menu Sahur Praktis yang Mudah Untuk disajikan

Akhir Kata

Itulah yang dapat kita laukan saat bulan puasa jadi dapat menjawab Apa Yang Harus kita lakukan Saat Bulan Puasa?. Jadi jawabannya banyak yang terpenting kita selalu semangat sampai waktu berbuka puasa. Kemudian semangat sampai hari kemenangan datang Hari Raya Idul Fitri. Ok terima kasih semoga dapat bermanfaat artikelnya.