Dunia InternetTips

Cara Mudah daftar di Situs Kartu Prakerja 2020

Seperti yang diinformasikan dari instagram resmi kartu prakerja Sabtu(11/04/2020). Pendaftaran kartu prakerja resmi dibuka pada hari ini kamu bisa melakukan pendaftaran disitus resminya langsung. Silahkan bisa mengakses situs resmi dari kartu prakerja.

Syarat yang penting untuk daftar di situs Kartu Prakerja 2020 ini yang pertama yaitu Warga Negara Indonesia. Selanjutnya yang kedua Berusia diatas 18 tahun dan yang terakhir Tidak sedang sekolah/kuliah. Jadi temen-temen bisa mendaftar dengan memenuhi 3 persyaratan utama tersebut.

Pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan Cara Mudah daftar di Situs Kartu Prakerja 2020. Tentunya mungkin tutorial ini dapat membantu sobat semua untuk melakukan pendaftaran pada situs kartu prakerja ini.

Inilah Cara Mudah daftar di Situs Kartu Prakerja 2020

Cara Mudah daftar di Situs Kartu Prakerja
  • Step pertama silahkan bisa masuk disitus resminya klik disini jika sudah kalian silahkan lakukan pendaftaran. Isi mulai dari email dan password kemudian cek list untuk menyetujui dan klik daftar.
Cara Mudah daftar di Situs Kartu Prakerja
  • Step ini silahkan isi email dengan email pribadi kamu bisa dari google atau Microsoft sama saja. Selanjutnya buat kata sandi/password untuk login situs kartu prakerja kemudian cek list untuk menyetujui dan klik Daftar.
email sudah berhasil terdaftar
  • Jika sudah terdaftar kamu akan mendapatkan notif seperti pada gambar diatas Email sudah terdaftar. Step selanjutnya silahkan cek email masuk untuk melakukan verifikasi pendaftaran dari email.
verifikasi email di situs kartu prakerja
  • Step selanjutnya silahkan lakukan verifikasi email dengan masuk email kamu misalkan dengan email microsoft/hotmail. Anda dapat menceknya di email sampah karena biasanya dianggap spam. Selanjutnya silahkan klik email dari situs kartu prakerja, kemudian lakukan verifikasi dengan klik Verifikasi Email Kamu
    . Selanjutnya kamu sudah bisa masuk jika sudah berhasil terverifikasi.
Verifikasi ulang kartu prakerja
  • Step selanjutnya adalah dengan verifikasi email hingga berhasil. Namun jika ada masalah, terjadi kesalahan seperti pada gambar diatas kamu bisa klik Verifikasi ulang. Setelah itu kamu klik kembali email dari kartu prakerja ini.
Cara Verifikasi Email Kartu Prakerja
  • Jika sudah berhasil diverifikasi dapat dilihat seperti pada gambar diatas ini kamu bisa masuk dengan klik lihat dashboard. Jika sudah kamu bisa langsung mengisi data diri kamu selengkap mungkin.
cara login di situs kartu prakerja
  • Step selanjutnya login terlebih dahulu untuk mengisi data diri saat proses pendaftaran di situs kartu prakerja. Silahkan masuk dengan email yang terdaftar dan password yang dibuat sebelumnya lalu klik login.
Veririfikasi KTP
  • Step selanjutnya silahkan melakukan verifikasi KTP dengan mengisi nomor NIK dan tanggal lahir. Silahkan isi dengan data kamu yang benar jika sudah tinggal klik lanjutkan.
melengkapi data diri kartu prakerja
  • Step ini yang harus kamu bereskan yaitu melengkapi data diri dengan benar siapkan juga foto ktp dan ktp asli. Karena kita harus upload ktp dan foto selfie sambil memegang ktp silahkan diisi semua lalu klik lanjutkan.
upload foto dan ktp gagal cara mengatasinya
  • Step ini anda isi dengan lengkap kemudian siapkan foto ktp dan foto selfie perlu diperhatikan ukuran foto juga. Silahkan perkecil ukuran foto kamu dengan aplikasi kompress foto atau screenshoot ulang. Tentunya akan menghasilkan foto dengan ukuran kecil, karena banyak kendala pada step ini jadi bisa kamu coba tipsnya.
mengisi nomor hp pendaftaran kartu prakerja
  • Step selanjutnya silahkan masukan nomor hp kamu yang aktif dan lakukan verifikasi nomor hp. Masukan nomor hp kamu lalu klik kirim dan kode akan dikirim ke nomor hp yang anda daftarkan.
verifikasi nomor hp pendaftaran kartu prakerja
  • Masukan 6 digit kode verifikasi pendaftaran kartu prakerja kamu yang dikirim ke nomor hp kemudian klik verifikasi. Jika sudah kamu akan secara otomatis terdaftar dan siap melakukan test.

Menjawab Pertanyaan Pendaftar

pertanyaan pendaftar
  • Pertanyaan pendaftar silahkan isi pertanyaan pendaftar dengan jawaban yang jujur ya. Seperti pada gambar diatas kamu silahkan jawab dengan jujur agar proses pendaftaran kamu segera diproses.
selesai mendaftarkan diri
  • Step selanjutnya silahkan klik Oke jika sudah menjawab pertanyaan pendaftar dengan jujur pastinya. Ok kita masuk distep berikutnya yaitu mengisi Tes kartu prakerja dengan jumlah 18 Soal.

Cara Mengisi Tes Soal Kartu Prakerja

Cara Mengisi Tes Soal Kartu Prakerja
  • Step pertama silahkan siapkan kertas dan pensil atau bolpoin yang mungkin kamu perlukan saat menjawab soal. Pastikan juga internet kamu stabil kemudian untuk mengikuti test klik “Mulai Tes Sekarang”.
Cara mengisi Tes prakerja
  • Silahan temen-temen isi Tes mulai dari soal motovasi sampai dengan kemampuan dasar. Soal terdiri dari 18 soal dengan durasi waktu 25 menit jadi segera temen-temen jawab dengan benar jangan sampe waktu habis masih ada yang kosong. Jika sudah klik selesai.
menjawab pertanyaan
  • Step selanjutnya jika sudah selesai anda bisa klik Ya, sudah untuk konfirmasi jawaban. Selanjutnya tinggal tunggu proses evaluasi sampai gelombang menutup pendaftaran dan meberikan hasilnya.
Tes selesai

Cara Gabung Gelombang Kedua Pendaftaran Kartu Prakerja

Kamu Belum berhasil ?

Untuk yang akan gabung atau sudah gabung digelombang sebelumnya namun belum berhasil tidak perlu sedih. Karena digelombang berikutnya anda bisa gabung lagi.

Caranya seperti pada gambar diatas ini silahkan login dengan email dan juga password akun prakerja kamu. Jika sudah kemudian klik login dan akan terbuka seperti pada gambar diatas ini jika sebelumnya belum berhasil. Kalian tinggal klik gabung untuk mengikuti gelombang kedua atau gelombang berikutnya lagi.

Cara gabung digelombang kedua

Step selanjutnya silahkan anda klik Ya. Gabung menurut provinsi amda karena setiap pendaftaran harus sesuai domisili. Untuk konfirmasi tinggal klik Ya. Gabung seperti pada gambar diatas ini.

Gabung Gelombang kedua kartu prakerja

Selanjutnya tunggu sampai pendaftaran berakhir lalu akan menerima kembali notifikasi melalu dashboard akun anda. Jadi silahkan mengikuti stepnya untuk daftar dan gabung sesuai gelombang pendaftaran.

Artikel Lainnya : Jenis Pekerjaan Freelance, Bisa Bekerja dari Rumah!

Akhir Kata

Itulah cara mudah daftar dari situs kartu prakerja silahkan bisa kamu coba dari rumah kamu dari laptop ataupun dari smartphone. Tentunya harus disiapkan persyaratannya dan ikuti semua tahapan pendaftaran, tes dan menunggu hasilnya. Ok semoga bermanfaat terima kasih.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close