Life Style

Hal yang Dilarang Pada Saat Hari Raya Idul Fitri.

Setelah satu bulan penuh kita berpuasa, kita akan merayakan hari raya idul fitri yang jatuh pada 1 Syawal. Tidak sedikit orang menanggapi hari raya idul fitri secara salah dengan melakukan hal yang berlebihan dan tidak sepatutnya dilakukan pada saat hari raya idul fitri. Seharusnya pada saat hari raya idul fitri kita isi dengan ibadah dan amal kebaikan agar mendapat berkah serta rahmat Allah SWT di hari kemenangan. Inilah hal yang dilarang pada saat hari raya idul fitri.

Pada saat hari raya idul fitri sebaiknya kita isi dengan berbagai hal baik seperti Shalat idul fitri bersama keluarga di masjid terdekat dan bersilaturahmi dengan sanak saudara. hari raya idul fitri menjadi hari kemenangan dan momentum untuk kita menjadi manusia yang lebih bertaqwa. Maka dari itu ada beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan pada saat hari raya idul fitri.

Hal-Hal yang Dilarang Pada Saat Hari Raya Idul Fitri

Hal dilarang saat Idul Fitri
Sumber Gambar : motionarray.com

Makan dan Berdandan Berlebihan

1. Makan Berlebihan

Makan dengan berlebihan ialah salah satu hal yang dilarang pada saat hari raya idul fitri. Karena pada saat idul fitri sangat identik dengan banyaknya makanan dan minuman yang enak. Banyak orang yang tidak bisa menahan dirinya untuk tidak menghabiskan berbagai makanan yang tersedia saat idul fitri.

Baca Juga : Macam-Macam Zakat dan Syarat Sah Dalam Islam

Makan berlebihan menjadi salah satu hal yang dilarang saat idul fitri karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, mungkin kita sudah mengetahui tentang ini.

“kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah.” ( Imam Syafi’I )

Dari pernyataan tersebut sudah jelas bahwa makan dengan berlebihan itu tidak baik dan merupakan suatu hal yang dilakukan saat hari raya idul fitri.

2. Berpakaian dan Berdandan Berlebihan

Bukan hanya makan, berpakaian serta berdandan secara berlebihan yang mencolok pada saat idul fitri juga dilarang pada saat idul fitri. Bahkan terkadang ada yang terkesan membuat aurat karena terlalu ketat.

Baca Juga : Tipe-Tipe Orang Saat Lebaran Idul Fitri

Allah SWT Berfirman:

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS. Al-A’raf: 31)

Dalam firman Allah SWT diatas telah jelas bahwa makan dan berpakaian berlebihan merupakan sesuatu yang dilarang saat hari raya idul fitri. Apalagi jika menggunakan pakaian yang menyebabkan aurat terbuka atau ketat, hal tersebut akan mendapatkan dosa.

Puasa dan Menunda Sholat

3. Puasa

Meskipun puasa merupakan amalan yang baik, namun hukum berpuasa saat hari raya idul fitri ataupun idul adha adalah sesuatu yang haram dilakukan. Meskipun telah menyelesaikan kewajiban melaksanakan ibadah puasa dibulan suci ramadhan, bukan berarti pada hari raya idul fitri kita juga harus berpuasa.

Sudah sepatutnya kita sebagai umat islam merayakan hari raya idul fitri yang merupakan hari kemenangan dengan berbahagia dan meninggalkan segala hal yang dilarang saat idul fitri.

Artikel Lainnya : Tips Agar Suara Bagus dan Merdu

4. Menunda Waktu Sholat

Seluruh umat islam mungkin sudah mengetahui, kita dianjurkan untuk menyegerakan sholat diawal waktu, tidak menunda-nundanya. Orang yang menunda waktu sholat dan lebih mementingkan duniawi akan masuk neraka. Biasanya pada hari raya idul fitri kita akan sibuk dengan acara keluarga.

Baca Juga : Cara Supaya Bisa Tidur Cepat Di Malam Hari

Acara tersebut malah membuat sholat menjadi terlambat dan tertunda. Tentu saja ini tidak boleh dilakukan bukan hanya saat hari raya idul fitri saja.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada saat idul fitri. Sesuatu apapun yang berlebihan maka dilarang untuk dilakukan.

Maka dari itu kita harus mampu untuk menjaga diri.

Selamat Hari Raya Idul Fitri

Minal Aidzin Walfaidzin

Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close