BLOGDunia InternetINTERNETTipsTutorial Blogger

Tips Mengamankan WordPress dari Hacker

Halo sahabat senang berbagi kali ini kita akan membahas tips mengamankan WordPress dari Hacker. Mungkin kalian masih ragu menggunakan wordpress saat banyak sekali yang terkena hack. Tentu saja ini masalah serius karna sangat merugikan sekali kepada pemilik website tersebut. Jadi akan lebih baik lagi jika kita dapat mengamankan sendiri website yang kita punya dan kita kelola sendiri.

Tips Mengamankan WordPress dari Hacker ini harus temen-temen lakukan untuk menjaga website temen-temen. Khususnya pengguna wordpress karena banyak sekali celah yang dapat mereka manfaatkan. Seperti karna password anda mungkin terlalu mudah. Atau kelalaian anda menggunakan plugin atau template bajakan itu juga sangat berbahaya.

Nah ini ada beberapa tips sederhana yang dapat mempersulit hacker menembus wordpress anda. Untuk itu silahkan bisa anda coba caranya seperti pada Tips Mengamankan WordPress dari Hacker ini.

Tips Mengamankan WordPress dari Hacker

Tips Mengamankan WordPress dari Hacker

1. Gunakan Kata Sandi Yang Rumit

Tips pertama dapat menggunakan kata sandi yang rumit dengan kombinasi angka, huruf, karakter kapital dan kecil dan juga simbol. Silahkan anda dapat menggunakannya agar wordpress anda aman dari hacker jahat.

Pastikan admin wordpress dan server tempat anda hosting menggunakan kata sandi yang rumit. Tentunya akan mempersulit hacker membobol wordpress anda jadi harap anda buat kata sandi yang susah. Karena mereka dapat menggunakan metode buruteforce jika password anda lemah sangat mudah sekali mereka serang.

2. Jangan Menggunakan Template dan Plugin Bajakan

Ya selain kata sandi yang rumit anda juga tidak kami sarankan menggunakan template dan plugin bajakan. Karena banayak sekali wordpress yang terancam jika salah menggunakan tema dan plugin bajakan. Jadi anda harus berhati-hati jika ingin mengupload dan memasang template dan plugin bajakan.

Untuk mengetahui bajakan atau tidak anda dapat mengeceknya secara online dari tools yang sudah tersedia yang pastinya gratis dapat anda gunakan. Seperti situs Virustotal bisa anda cek dan kalan langsung scan langsung. Mulai dari mengajukan, dengan url dan cari file anda langsung. Silahkan anda bisa mencobanya agar template atau plugin anda berbahaya. Jangan sampe anda menggunakan file yang berisikan virus yang sengaja pada hacker tanam baik dalam file template ataupun dari pluginnya. Harus berhati-hati agar wordpress anda tidak terancam pastinya.

3. Menambahkan Plugin Captch pada WordPress Anda

Tips berikutnya agar mempersempit ruang gerak hacker anda dapat menambahkan plugin Captch pada wordpress. Tentunya dengan plugin ini anda wajib memasukan kode captch saat akan login pada wordpress anda. Tidak langsung masuk ke WordPress melainkan harus melewati kode captch sehingga akan mempersulit hacker menembus wordpress anda.

4. Menggunakan Password generator Google

Jika anda menggunakan password generator dari google ini akan mempersulit penggunaan password/kata sandi anda. Seperti tips yang pertama sehingga hacker sangat sulit mencoba-coba kata sandi wordpress anda. Selain kata sandi WordPress sebaiknya kata sandi server anda juga harus menggunakan password generator ini juga untuk menjaga dari serangan hacker pastinya. Karena dengan begitu teknik Brute force akan sulit mereka lakukan karena karakter yang panjang dan juga rumit. Jadi dapat anda coba menggunakan password generator dari google ini.

5. Kenali Gerak Gerik Hacker

Jika anda sudah menggunakan 4 tips yang mimin sampaikan tadi anda bisa menggunakan tips yang ke-5 ini jika memang bisa ditembus. Kenali gerak-gerik hacker bisanya meraka akan masuk dari admin wordpress. Atau mereka masuk ke data base wordpress anda. Sebaiknya anda cepat dan sering membuka database atau wordpress anda. Jika anda curiga sudah mereka bobol anda harus segera menghapus atau mengganti password baik dari wordpress atau dari servernya langsung. Karena mereka biasnaya akan mengganti file index.php dan lainnya. Sebaiknya anda siap terhadap gerak gerik dari hacker yang berhasil membobol sitsu anda.

6. Menginstal Plugin keamanan

Tips ke-6 ini silahkan anda dapat memasang plugin kemanan dari wodpress seperti Wordfence security. Silahkan anda dapat memasangnya secara gratis dan sudah terpasang hingga 4 juta pengguna wordpress. Tentunya banyak digunakan untuk keamanan wordpess mereka dari serangan hacker jahat yang memburu website yang keamanannya kurang baik.

Jadi silahkan anda bisa memasangnya kemudian anda dapat men scan wordpress anda dan dapat mengecek file-file berbahaya. Tentu dengan plugin keamanan ini dapat dengan mudah kita menghapusnya. Bisanya hacker juga akan membuat situs anda menjadi sangat lambat dengan menggunakan metode DDos. Tentunya dengan menggunakan Plugin ini setidaknya dapat meningkatkan dan meringankan wordpress anda saat sedang gencar-gencarnya situs anda diserang.

7. Sudah Menggunakan SSL

SSL ini untuk melindungi data anda sepert transaksi pada package dan data trafic pada website anda. SSL ini sangat membantu website anda untuk melindungi data pengguna temen-temen yang pastinya ter-enkrip dan akan teracak jika dengan SSL ini. Walaupun tidak menjamin sangat berguna sekali SSL ini untuk keamanan pelanggan pada website anda.

8. Sering Update Plugin dan template WordPress anda

Tips nomor 8 ini wajib anda lakukan jika anda sebagai admin atau web developernya. Karena setiap harinya banyak sekali plugin dan template biasanya yang meminta update. Jangan sampe temen-temen mengabaikan hal ini karena pengembang plugin/template terus mengupdate fiturnya. Sehingga akan terus menyempurnakan dan memperbaiki situs/wordpress anda dari sisi plugin yang sudah kalian gunakan. Jadi harap sering mengecek apakah ada updatean atau tidaknya silahkan dapat anda coba.

9. Backup data Wordpess anda

Tips yang ke-9 ini tentu saja wajib anda lakukan untuk mengamankan website atau wordpress. Dengan mem-backup data worpdpress tentunya untuk berjaga-jaga agar jika hacker berhasil mengacak-ngacak web anda. Dengan mudah mengembalikan kembali, jadi hal ini sangat penting anda lakukan untuk website yang anda gunakan. Tentu saja silahkan backupan anda simpan secara offline atau via online babas. Yang jelas sangat perlu sekali pencadangan data wordpress anda ini.

10. Memperbaiki WordPress Anda

Setelah semua tips anda lakukan tips yang terakhir ini bisa kamu coba juga yaitu terus memperbaiki kesalahan pada wordpressa nada. Misalnya mengecek kembali plugin-plugin anda. Atau mengecek komentar anda mungkin ada spam yang bisa anda hapus. Jangan sampe anda terkecoh juga jika ada link mencurigakan pada komentar web anda. Karena kita mau masuk kedalam mungkin web phising untuk mengambil data website anda. Tentunya banyak sekali langkah untuk memperbaiki wordpress anda sehingga akan mempersuli hacker jahat meretas wordpess anda. Ok terima kasih semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya : 10 Tips Mengamankan Mbanking dari Hacker Jahat

Akhir Kata

Itulah Tips Mengamankan WordPress dari Hacker untuk anda agar terhindar dari berbagai serangan setiap saat dari hacker jahat. Tips ini terus anda lakukan karena memang hacker terus mencari celah. Jangan sampe anda terjebak dan masuk kedalam perangkap sang hacker. Karena hacker juga sangat pintar dan licik. Jadi kita harus lebih pintar lagi menghdapainya. Ok Terima kasih semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close