Pengetahuan UmumTips

20 Tips Agar Kuliah Lulus Tepat Waktu

Bagi mereka yang menjalankan studi di universitas dan jurusan apapun, lulus tepat waktu adalah impian sejuta umat. Hal itu merupakan sebuah keberhasilan yang bisa mereka banggakan. Namun, tak jarang mereka mengabaikan hal-hal kecil yang  sebenarnya bisa membuat mereka lulus tepat waktu. Pada kesempatan ini, Senang Berbagi akan menjelaskan hal-hal kecil tersebut agar kamu  bisa lulus tepat waktu bahkan mungkin lulus sebelum waktunya. Langsung aja kita simak.

Inilah 20 Tips Agar Kuliah Lulus Tepat Waktu

Lulus Tepat Waktu
Sumber Gambar : www.northtexasgivingday.org

1. Perhatikan Absensi Atau Kehadiran

Tips pertama agar bisa lulus tepat waktu adalah absensi atau kehadiran. Pada umumnya, di setiap smester universitas akan memberikan tiga kali kesempatan kepada mahasiswa untuk tidak masuk kelas. Gunakanlah tiga kali kesempatan itu dengan sebaik mungkin. Kamu bisa menggunakannya untuk hal-hal yang mendesak. Jangan pernah main-main dengan kehadiran, karena kehadiran bisa menyelamatkan jika sewaktu-waktu mendapat nilai kecil. Jika kehadirannya bagus dosen akan mempertimbangkan nilaimu dengan melihat kehadiran. Jadi kalau tidak ada hal yang terlalu penting mending kamu ikuti perkuliahan dulu, dan setelahnya kamu bisa selesaikan urusan kamu.

2. Aktif di Dalam Kelas

Aktif didalam kelas yang dimaksud disini yaitu aktif dalam mengikuti perkuliahan. Bertanyalah jika ada materi yang belum dipahami dan jawablah pertanyaan yang diberikan dosen atau teman kelasmu. Hal ini akan membuat dosen memberikan nilai tambahan buat kamu yang aktif. Selain itu, hal ini juga melatih agar terbiasa berbicara di depan banyak orang. Ini sangat bermanfaat untuk nanti ketika sidang skripsi bahkan saat wawancara kerja.

3. Rajin Konsultasi dengan Dosen

Tentu tidak mudah harus berhadapan langsung dengan dosen. Apalagi dosen yang paling ditakuti. Namun, hal ini harus kamu lakukan agar bisa lulus tepat waktu. Kamu bisa mengutarakan kesulitan kamu selama mengikuti perkuliahan. Dengan begitu dosen akan memberi solusi agar kamu tidak kesulitan lagi. Kamu juga bisa bertanya tentang mata kuliah dengan dosen tersebut. Biasanya penjelasan diluar jam kelas akan lebih mudah dimengerti karena lebih santai dan fokus.

4. Maksimalkan Jumlah SKS Persmester

Setiap mahasiswa biasanya mempunyai jatah SKS untuk diambil di setiap smester. Kamu bisa memanfaat sisa SKS dari jatah yang ditentukan untuk mengambil mata kuliah selanjutnya yang sudah bisa kamu ambil. Dengan begitu ini akan membantu kamu lebih cepat menyelesaikan seluruh mata kuliah sehingga bisa lulus tepat waktu. Manfaatkanlah kesempatan ini sebaik mungkin. Kamu perlu tahu berapa SKS jatah yang diberikan, dan berapa jumlah SKS keseluruhan di smester yang akan kamu ambil.

5. Aktif di Organisasi Kampus

Aktif dalam organisasi adalah moment paling menyenangkan ketika kuliah. Dengan keaktifan tersebut kamu akan merasa menjadi mahasiswa sesungguhnya. Banyak ilmu dan pengalaman berharga yang akan kita dapat di organisasi tersebut. Seperti belajar bersosialisasi, belajar bertanggung jawab, belajar untuk mandiri, dan belajar bekerjasama. Suka duka akan dialami ketika menjadi anggota organisasi. Selain itu, manfaat dengan mengikuti organisasi yaitu kamu akan lebih dikenal oleh dosen karena keaktifan di organisasi. Sehingga mendapatkan nilai tambah sehingga bisa lulus tepat waktu. walau kamu aktif di organisasi, jangan pernah mengabaikan tugas utama kamu sebagai seorang mahasiswa. Tetaplah mengikuti perkuliahan dengan baik.

6. Perhatikan IPK

IPK (indeks persentase komulatif) adalah hal yang diabaikan kebanyakan mahasiswa selama mengikuti perkuliahan. Padahal ini adalah hal yang sangat penting dan bisa membuatnya lulus tepat waktu. Mereka akan tersadar bahwa IPK nya dibawah rata-rata ketika sudah tingkat akhir dan sudah harus menyusun skripsi. Tapi jika nilai IPK kurang kemungkinan besar kamu tidak bisa menyusun skripsi dulu. Kamu harus memperbaiki nilai-nilai yang masih kurang untuk mendapatkan nilai IPK yang ditentukan. Nilai IPK minimal adalah 27.5 jadi kamu harus mendapatkan setidaknya 3.00 agar kamu bisa aman dan bisa segera lulus.

7. Banyak Membaca Buku

Membaca adalah kunci utama untuk segala hal, termasuk untuk bisa lulus tepat waktu. Dengan banyak membaca maka wawasan kita semakin luas. Kamu akan mudah untuk memahami mata kuliah yang kamu ambil. Untuk bisa membaca kamu tidak perlu membeli buku, kamu cukup rajin datang ke perpustakaan kampus. Kamu bisa baca dan pinjam buku di perpustakaan dengan cuma-cuma. Semua buku yang kamu butuhkan pasti tersedia diperpustakaan.

8. Belajar Kelompok

Jika kamu ingin lulustepat waktu, maka kamu tidak boleh membuang waktu dengan sia-sia. Manfaatkanlah waktu luang yang kamu miliki dengan belajar kelompok bersama teman-teman kamu. Belajar kelompok tidak harus dilakukan dengan teman kelas. Kamu bisa melakukannya dengan teman yang beda kelas yang satu jurusan. Belajar kelompok bisa dilakukan setelah selesai mata kuliah atau mungkin hari libur. Dengan belajar kelompok kamu bisa menanyakan cara menyelesaikan tugas yang kurang kamu mengerti.

9. Bergaul dengan Orang Pintar

Bergaul dengan orang pintar juga bisa membantu kamu agar bisa lulus teat waktu. Pandai-pandai lah dalam memilih teman. Jika kamu berteman dengan orang rajin dan pintar maka kamu akan terbawa rajin. Jika teman kamu pergi ke perpustakaan atau belajar kelompok ikutilah mereka. Walau awalnya mungkin cuma ikut-ikut, tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa dengan hal tersebut sehingga kamu akan terbawa rajin untuk belajar.

10. Kerjakan Tugas Tepat Waktu

Selesai perkuliahan biasanya dosen akan memberikan tugas tentang materi yang baru saja dijelaskan. Maka segera kerjakan tugas tersebut dan jangan dinanti-nanti. Kamu bisa mengerjakannya sendiri atau bersama temanmu dengan catatan tidak boleh saling mengandalkan. Jangan sampai kamu mengerjakannya dikelas ketika akan dikumpulkan. Kerjakanlah dengan sungguh-sungguh. Biasanya itu akan menjadi nilai tambah untuk mahasiswa.

11.  Ikuti Les Privat atau Bimble

Selanjutnya hal yang bisa membantu kamu agar bisa lulus tepat waktu adalah les privat atau bimble. Kamu bisa ikut bimble untuk mata kuliah yang menurutmu sulit dan harus belajar khusus. Biasanya mata kuliah seperti matematika, ekonomi akuntansi, bahasa asing , ilmu komputer teknologi. Mungkin sebagian orang bisa dengan mudah memahami mata kuliah tersebut, tapi buat kamu yang merasa kesulitan maka les privat atau bimble adalah jalan keluarnya.

12. Menentukan Tempat Penelitian Lebih Awal

Ketika kamu akan mulai menyusun skripsi maka kamu membutuhkan tempat penelitian untuk menyusun skripsi tersebut. Untuk mengefisienkan waktu, sebelum kamu ditugaskan untuk menyusun skripsi maka kamu harus sudah mempersiapkan dimana kamu akan melakukan penelitian. Terlebih saat kamu menyusun skripsi maka teman seangkatan kamupun pasti juga akan menyusun skripsi sehingga akan lebih sulit untuk mencari tempat atau objek penelitian.

13. Mencari tahu Permasalahan Ditempat Penelitian

Setelah menentukan tempat penelitian, maka selanjutnya kamu harus mencaritahu tentang permasalah yang dialami oleh objek penelitian kamu, dengan begitu akan semakin mudah untuk mendapatkan topik pembahasan yang akan kamu susun diskripsi. Jika kamu rasa objek tersebut tidak terdapat suatu masalah yang bisa dibahas, maka segeralah mencari tempat penelitian lain.

14. Menentukan Judul Skripsi

Ketika sudah waktunya menyusun skripsi, biasanya mahasiswa kesulitan untuk mendapatkan judul skripsi yang akan mereka angkat. Aga kamu bisa lulus tepat waktu, Maka kamu harus menentukan judul skripsi yang akan kamu susun sebelum waktunya tiba. Dengan begitu kamu akan semakin mudah dan cepat untuk menyelesaikan tugas akhir tersebut.

15. Rajin Bimbingan

Ketika kamu sudah mulai menyusun skripsi, rajin-rajinlah bimbingan dengan dosen pembimbing. Jangan sampai kamu kehabisan waktu jika kamu tidak ingin kelulusanmu diundur. Biasanya mahasiswa yang rajin bimbingan akan lulus tepat waktu. Hal itu mereka sudah memenuhi standar skripsi yang baik dari hasil bimbingan tersebut. Kebanyakan mahasiswa merasa takut ketika akan bertemu dosen untuk bimbingan. Karena dosen akan mengoreksi dan melontarkan pertanyaan-pertanyaan. Lawan rasa takut itu, karena sebenarnya dosen tersebut sedang menguji apakah kamu paham atau tidak dengan isi skripsi yang kamu susun tersebut.

16. Hindari Revisi

Selanjutnya hal yang harus dilakukan agar lulus tepat waktu adalah menghindari revisi. Untuk menghindari banyak revisian dari dosen yaitu dengan cara mengikuti pedoman atau panduan penyusunan skripsi yang kamu dapatkan dari kampus. Disitu tertera tentang cara penyusunan skripsi yang benar. Jika kamu kurang yakin, kamu bisa konsultasi ke kakak tingkat yang sudah lulus apakah skripsi kamu sudah benar atau belum. Setelah yakin maka kamu bisa langsung bimbingan ke dosen pembimbing. Jika ternyata masih ada yang harus di revisi maka segera kerjakanlah revisian tersebut sesuai dengan yag diminta dosen.

17. Kerjakan Skripsi dengan Teman yang juga sedang Menyusun Skripsi

Mengerjakan skripsi dengan teman yang juga sedang menyusun skripsi akan membantu kamu untuk segera menyelesaikan skripsi. Karena sedang sama-sama menyusun jadi mereka akan paham ketika kamu mengalami kesulitan. Kamu bisa saling bertanya tentang kesulitan yang di hadapi masing-masing. Tapi bukan berati kamu akan terus mengandalkan teman untuk menghadapi kesulitan yang kamu hadapi. Setidaknya temanmu bisa sedikit membantu untuk mencari jalan keluar.

19. Persiapan Sidang Skripsi

Sidang skripsi adalah penentu apakah kamu akan lulus atau tidak. Untuk itu, maka perlu persiapan yang matang agar kamu bisa lulus tepat waktu. Pahami dengan baik isi skripmu dan baca point penting yang harus kamu ingat. Siapkan  power point yang menarik untuk persentasi ketika sidang. Banyaklah berlatih persentasi sendiri, kamu bisa melakukannya didepan cermin dan bayangkan sedang menghadapi dosen penguji. Persiapkan mental kamu dengan baik.

20. Hadapi Sidang Skripsi dengan Tenang

Dan akhirnya hal yang ditakuti namun dinanti oleh mahasiswa pun tiba ketika skripsimu di ACC oleh dosen pembimbing. Kamu akan segera menghadapi sidang, hadapilah dengan santai dan tenang. Jangan terlalu tegang karena itu akan membuat kamu tidak fokus dan sulit berfikir. Maka kamu akan kesulitan untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan dosen. Walau sebelumnya kamu sudah menguasai materi tersebut tapi kamu akan blank jika tegang. Jika kamu tidak bisa menjawab pertanyaan penguji, kemungkinan besar kamu harus ikut sidang selanjutnya dan tidak bisa lulus tepat waktu.

Artikel Lainnya : 10 Jenis Masker Terbaik Untuk Melindungi diri dari Virus Corona (COVID-19)

Nah, itulah 20 tips agar kuliah lulus tepat waktu yang bisa saya sampaikan. Apapun tidak akan terasa sulit jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh. Dan tidak ada proses yang instan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Maka ikutilah proses demi proses untuk mencapai keberhasilan. Selamat berjuang untuk para pemburu gelar. Semoga ilmu dan pengetahuannya bermanfaat. Sekian dan terimakasihJ

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close