Dunia InternetTipsTUTORIALTutorial BloggerWindows

Cara Mudah Instal Web Drupal di Windows

Jika sebelumnya sudah membaca cara instal Joomla secara offline, pada tutorial kali ini intinya sama Cara Mudah Instal Web Drupal. Namun instal drupal secara offline ini banyak sekali kendalanya. Yang pernah mimin alami error saat proses instalasi berlangsung. Mungkin diantara temen-temen bertanya-tanya kenapa instalasi web drupal bisa error.

Nah ternyata itu semua ada caranya kalian bisa menyeting sebelum melakukan proses Instal web drupal ini. Yang perlu kamu siapkan yaitu file zip web drupal yang bisa kamu download dihalaman resminya. Jika sudah kamu bisa buka file php untuk konfigurasi sebelum proses instalasi.

Jika semua telah siap kalian juga siapkan Xampp untuk Php dan database dalam satu paket tinggal kalian jalankan saja. Nah jika semua sudah siap kita dapat langsung melakukan proses instal web drupal di Windows. Tentu cara ini sudah saya praktekan sebelumnya dan berhasil. Jadi buat temen-temen yang sebelumnya masih gagal bisa simak tutorial kali ini.

Cara Mudah Instal Web Drupal di Windows

Cara Mudah Instal Web Drupal
Sumber Gambar : www.milesweb.in
  • Step pertama siapkan Xampp kemudian silahkan jalankan klik start di Database MySQL dan PHP. Selanjutnya kalian download file drupal dari website resminya klik disini.
setting php
  • Silahkan siapkan php.ini kemudian buka file akan terlihat seperti pada gambar diatas ini. Lalu silahkan ganti pengaturannya seperti pada gambar diatas atau bisa dilihat seperti pada pengaturan dibawah ini.

max_execution_time = 600

max_input_time = 600

memory_limit = 512M

post_max_size = 64M

upload_max_filesize = 64M

mysql.connect_timeout = 600

  • Jika sudah disetting silahkan hapus extension=php_fileinfo.dll pada file php tersebut. Kemudian step selanjutnya masuk difolder berbeda buka file my.ini difolder C:\xampp\mysql\bin\my.ini. Silahkan bisa kalian samakan seperti pada pengaturan dibawah ini.

max_allowed_packet = 64M

innodb_flush_log_at_trx_commit = 2

Cara Instal Web Drupal di Windows

menjalankan Xampp
  • Step pertama jalankan Xampp di Windows kemudian klik start apache dan Mysql. Selanjutnya pindahkan file Drupal terbaru yang sudah kamu download dan extract difolder htdocs.
File Web Drupal
  • Step selanjutnya silahkan jalankan di aplikasi browser kamu dengan mengetikan localhost:nama folder. Misalkan file difolde htdocs dengan nama drupal8.8.4. kalian bisa akses di http://localhost/drupal-8.8.4.
Cara Mudah Instal Web Drupal
  • Step selanjutnya pilih bahasa menjadi english agar proses instalasi tidak memerlukan file translate. Jika sudah klik save dan continue untuk memulai menginstal web drupal ini.
Instal Web Drupal
  • Step selanjutnya kamu pilih instalasi standard untuk lebih jelasnya dapat kamu lihat seperti pada gambar diatas. Jika sudah sama tinggal klik save and continue.
php untuk instal web drupal
  • Jika kalian tidak mengikuti step diatas tadi biasanya akan error setelah menjalankan step ini. Proses instalasi pun gagal kamu tidak bisa mengakes Web Drupal kamu. Selanjutnya karena sudah disetting kamu bisa klik Save and Continue.
Setting database Drupal
  • Untuk menginstal web drupal silahkan buat setingan databasenya mulai dengan database mysql atau mysqlite. Jika sudah kamu buat nama databsenya dan nama pengguna isi root sandi dikosongkan. Selanjutnya klik save and continue.
  • Silahkan tunggu proses instalasi Web Drupal kamu hanya beberapa menit saja jika sudah silahkan konfigurasi website kamu. Untuk mengatur web drupal saat instalasi cek dibawah ini.
konfigurasi Website Drupal
  • Step selanjutnya silahkan isi nama website drupal, email, username, password untuk login dan alamat email login kamu. Jika sudah silahkan pilih loksasi kamu dan time zone. Jika sudah kamu bisa ceklist atau tidak update dari Drupal lalu klik Save and Continue.
Cara Mudah Instal Web Drupal
  • Halaman awal saat anda berhasil memasang Web Drupal di Windows tentunya jika sudah kalian bisa mulai mendesain web. Silahkan tambahkan konten, artikel, page, menu dan tampilan web drupal anda. Untuk mengganti tempilan anda bisa download Template gratis dari pengembangan drupal itu sendiri.

Cara Mudah Mengganti Template Website Drupal

Instal Template
  • Step pertama untuk mengganti Template website drupal silahkan download template yang akan kamu pasang. Silahkan download dihalaman Template pada website Drupal kemudian kamu download filenya. Jika sudah silahkan masuk difolder web drupal kamu kemudian extract dan simpan difolder Theme.
Mengganti Template di Web Drupal
  • Step selanjutnya kamu masuk dihalaman Appearance pada halaman web drupal kamu lalu klik Install and set as default. Jika sudah temen-temen bisa lihat haslnya seperti pada pengaturan tema default drupal yangs sudah mimin praktekan.
Setting Default Web Drupal
  • Step selanjutnya silahkan akses web drupal anda lihat hasilnya apakah tampilan sudah berubah sesuai template yang dipasang. Untuk lebih jelasnya dapat kamu praktekan berikut adalah template yang sudah berhasil dipasang pada website drupal tadi.
Template Drupal
  • Step selanjutnya silahkan tambahkan fitur, menu, dan konten dihalaman Web Drupal yang sudah kamu instal. Step akhir tinggal nanti upload ke hosting untuk dapat diakses oleh semua orang.

Artikel Lainnya : Cara Instal Web Joomla Offline dengan Mudah

Akhir Kata

Itulah cara mudah instal web drupal di windows sudah mimin praktekan berikut cara mengganti templatenya. Untuk kamu yang masih error instal Web Drupal bisa cek cara lengkapnya diatas ini. Silahkan dicoba dan dipraktekan untuk hasilnya silahkan tinggalkan dikolom komentar. Ok Terima kasih semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close