TechTechnologyTEKNOTipsTIPS DAN TRIK

Cara Mengatasi Whatsapp Error dengan Mudah

Cara Mengatasi Whatsapp Error – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting paling favorit saat ini. Tak terkecuali Indonesia, aplikasi ini telah memiliki banyak sekali pengguna. Data dari Kominfo menunjukkan bahwasanya 83% dari 171 juta pengguna internet Indonesia adalah pengguna whatsapp.

Karena kemudahan dalam menggunakannya membuat aplikasi ini sangat mudah mendapatkan banyak pengguna. Tak hanya itu saja, aplikasi whatsapp tak hanya bisa digunakan pada ponsel saja, tetapi juga pada laptop atau komputer.

Meski memiliki cukup banyak keunggulan, tak lantas membuat whatsapp tidak memiliki kekurangan sama sekali. Terkadang, aplikasi ini mengalami error ketika Anda membukanya atau pada saat menjalankannya.

Penyebabnya beraneka ragam. Bisa karena cache, out of date, masalah jaringan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Permasalahan yang kompleks ini terkadang membuat kita merasa kesal sendiri.

Cara Mengatasi Whatsapp Error dengan Mudah

Cara mengatasi whatsapp error

Bila terjadi masalah pada aplikasi WhatsApp Anda, tak perlu risau dan tak perlu panik. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Bagaimana itu? Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini :

Bersihkan Cache

Salah satu penyebab mengapa aplikasi bisa mengalami error tak terkecuali WA adalah cache yang terlalu menumpuk. Maka dari itu, Anda harus membersihkannya sehingga aplikasi tersebut tak meninggalkan masalah atau problem.

Anda bisa menghapus cache whatsapp melalui pengaturan. Caranya, buka aplikasi pengaturan > pilih aplikasi > pilih whatsapp > dan yang terakhir klik “bersih cache”. Cara lain bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Membersihkan Data Aplikasi

Cara membersihkan whatsapp tidak bisa dibuka berikutnya adalah dengan membersihkan seluruh data aplikasi. Metode ini membuat seluruh chat, panggilan, dan file yang ada pada whatsapp menjadi hilang, jadi sangat disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu.

Sama halnya seperti membersihkan cache, membersihkan data aplikasi juga melalui pengaturan. Setelah data terhapus, Anda harus login kembali untuk bisa membuka akun whatsapp Anda.

Baca juga : cara mengatasi instagram lemot.

Pastikan Sinyal Internet Bagus

Untuk bisa menggunakan aplikasi whatsapp secara maksimal, smartphone ataupun PC harus memiliki koneksi atau sinyal yang maksimal. Jika sinyal tidak bagus, wajar saja jika aplikasi tersebut jadi error dan tidak bisa dijalankan.

Coba untuk pindah ke tempat lainnya, siapa tau sinyal internetnya dalam kondisi yang lebih baik. Atau Anda bisa menerapkan cara mengatasi internet lemot yang sudah pernah kami jelaskan sebelumnya.

Mematikan Mode Hemat Daya

Salah satu cara mengatasi whatsapp error/pending adalah dengan mematikan mode penghemat baterai. Anda perlu melakukan hal ini sebab jika fitur satu ini hidup maka saat layar sedang mati, data juga ikut mati. 

Mematikan mode penghemat daya sangatlah mudah dilakukan. Silakan masuk ke pengaturan > baterai > nonaktifkan tanda penghemat baterai. Apabila pada smartphone Anda ada aplikasi penghemat baterai, bisa menonaktifkannya melalui aplikasi tersebut.

Baca juga : cara mengatasi WiFi lemot.

Gunakan Aplikasi Versi Terbaru

Jika WA Anda sering error, bukan tidak mungkin penyebabnya adalah aplikasi yang sudah usang dan tidak pernah update sama sekali. Mengupdate aplikasi sangat penting guna menghindari bug yang terjadi pada aplikasi.

Update aplikasi whatsapp bisa Anda lakukan langsung dari google play store. Pembaharuan aplikasi juga bisa disetting secara otomatis sehingga Anda tak perlu repot-repot memperbaruinya secara manual.

Jadilah, itulah sedikit petunjuk bagaimana cara mengatasi whatsapp yang error, pending, atau gagal mengirim pesan. Paling terpenting, pastikan jaringan selalu dalam keadaan baik supaya whatsapp bisa bekerja secara maksimal. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close