Life StylePengetahuan Umum

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh, Luar Biasa

Manfaat puasa untuk kesehatan – Melakukan puasa bukan sekedar memenuhi kewajiban selama Ramadhan saja. Tetapi harus benar-benar anda lakukan secara ikhlas tanpa merasa dipaksa ataupun terpaksa melakukannya. Mungkin anda merasa puasa hanyalah kegiatan menahan lapar dan haus yang tidak ada manfaatnya, padahal hal tersebut jelas salah besar.

Puasa berdampak positif bagi manusia, terutama dari segi kesehatan. Sudah banyak Penelitian telah membuktikan bahwa berpuasa sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lebih lengkapnya tentang manfaat puasa mari simak selengkapnya pada penjelasan berikut ini

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh, Luar Biasa

Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh

Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jika anda ingin jantung yang lebih sehat, maka berpuasalah. Sudah banyak penelitian membuktikan tentang hal yang satu ini. Salah satu penelitian membuktikan bahwa puasa delapan minggu secara bergantian mampu mengurangi kadar kolesterol “jahat” LDL dan trigliserida darah masing-masing sebesar 25% dan 32%. Sungguh luar biasa.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat puasa untuk kesehatan tubuh adalah bisa membantu menurunkan berat badan secara alami. Sangat cocok dilakukan bagi anda yang tengah menjalani program diet. Bagaimana puasa bisa menurunkan berat badan manusia?

Jadi saat berpuasa, tubuh akan membakar lemak berlebih di sekitar organ seperti hati maupun ginjal. Pembakaran lemak inilah yang membuat bobot tubuh seseorang menjadi berkurang. Berpuasa juga menjadi hal yang tepat dilakukan bagi penderita obesitas.

Baca juga : menu buka puasa sederhana.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Bukan hanya kesehatan fisik saja, dengan puasa dapat meningkatkan kesehatan mental anda. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa, jika manusia berpuasa maka akan meningkatkan hormon endhorpin yang selama ini dikenal sebagai hormon yang membuat seseorang merasa senang/bahagia.

Efek positif ini biasanya akan terasa dalam waktu tiga hingga empat hari. Hormon endhorpin bisa meningkatkan rasa bahagia, mencegah gangguan kecemasan, dan juga mencegah stres atau depresi.

Membuang Racun dari Dalam Tubuh

Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah mampu menyingkirkan racun-racun berbahaya yang ada di dalam tubuh anda. Selama puasa, kita tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dengan begitu, akan ada banyak waktu bagi sistem pencernaan untuk beristirahat. Hal ini juga membuat tubuh lebih fokus pada pembuangan racun dari tubuh seseorang. Selain itu, pembuangan racun juga terjadi saat proses pembakaran lemak.

Baca juga : makanan manis terbaik untuk buka puasa.

Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu manfaat puasa ramadhan dari segi kesehatan adalah mampu meningkatkan fungsi otak. Para ahli berpendapat bahwa berpuasa dapat merangsang pelepasan BDNF (brain-derived neurothropic factor) di otak. BDNF sendiri merupakan hormon yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak dan juga melindungi sel-sel otak. Resiko terkena penyakit pikun akan berkurang jika anda rajin berpuasa.

Membuat Awet Muda

Berpuasa juga membuat anda menjadi lebih awet muda. Selain itu, penelitian membuktikan bahwa puasa bisa memperpanjang harapan hidup dan menghambat penuaan. Walaupun penelitian ini masih berlaku pada hewan, namun banyak yang berpendapat hal ini juga bisa dialami oleh manusia walau masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Baca juga : kegiatan positif selama bulan Ramadhan.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Puasa juga berdampak positif bagi sistem kekebalan tubuh anda. Berpuasa dapat memicu tubuh untuk mendaur ulang sel darah putih lama, sehingga menghasilkan sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik dengan sel darah putih yang baru.

Itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia. Tentu masih banyak benefit lainnya yang bisa anda rasakan, jika dilakukan dengan rutin insyaallah tubuh menjadi lebih sehat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close