Pengetahuan UmumTipsTUTORIAL

Review Mutasi Balik Nama Kendaraan Bermotor Antar Kota

Ok saya akan mereview mutasi kendaraan bermotor antar kota yang baru saja mimin lakukan dan ini real. Mimin baru saja mutasi dan balik nama kendaraan bermotor. Ini memang yang pertama yang akan mimin ulas seperti apa itu mutasi balik nama kendaraan bermotor antar kota. Karena pada artikel-artikel sebelumnya memang hanya membahas umumnya saja dan ini cerita mimin langsung dilapangan.

Ok mimin akan menjelaskan proses yang sudah mimin praktekan untuk mutasi balik nama kendaraan bermotor antar kota ini sangat mudah. Yang pertama silahkan siapkan BPKB Asli, STNK Asli, KTP Asli dan Kuitansi pembelian kendaraan bermotor anda. Jika sudah kumplit tinggal beranikan pergi ke kantor Samsat kota kamu ya. Kemudian silahkan daftarkan pada loket CEK FISIK berkas anda tersebut. Nanti petugas akan memberikan lembar cek fisik yang harus sobat gesek pada mesinnya. Namun ada petugas yang akan membantu anda.

Ok jika sudah temen-temen langsung kembali lagi kebagian cek fisik jika sudah dari sini silahkan foto copy semuanya. Karna sobat akan ke bagian arsip STNK pihak pertama dan ini akan saya bahas. Karena masih banyak sekali petugas yang nakal gak tau kenapa saya selalu mengeluarkan uang. Tapi gak masalah sih mungkin petugas juga butuh hhaha yang jelas sudah tidak aneh lagi yang seperti itu.

Nah pada selanjutnya akan menandatangani pada bagian ke arsipan stnk ini mungkin ini yang akan kita gunakan untuk cabut stnk nantinya. Sebelum menyelesaikan itu kita harus tahu data pemilik pertamanya dan baru deh membuat nama baru pada pemilik kendaraan tersebut. Nah selanjutnya temen-temen masuk ke kantor samsat ke bagian mutasi kendaraan. Kemudian akan meminta atau harus kebagian fiskal terlebih dahulu untuk mendapatkan surat keterangan fiskal. Nah jika sudah anda dapat kembali ke ruangan mutasi kendaraan dan akan membayar uang untuk proses mutasi kendaraan bermotor anda.

Nah pada bagian ini tinggal menunggu kurang lebih satu minggu setelah proses mutasi stnk berhasil. Jadi jangan terburu-buru ya kita akan kembali lagi ke kantor Samsat tempat/kota pertama membeli motornya. Proses ini hanya satu mingguan dan temen-temen bisa kembali lagi. Berikut cara mutasinya lengkap dan gambar yang sudah mimin ambil pada proses mutasi kendaraan bermotor.

Cara Mutasi Balik Nama Kendaraan Bermotor Antar Kota

Cara Mutasi Balik Nama Kendaraan Bermotor Antar Kota
  • Step pertama silahkan temen-temen siapkan motor yang akan kita mutasi dan juga balik nama. Karena pertama kita akan melakukan pencabutan berkas dari tempat/kota motor pertama kita beli. Lalu silahkan minta kebaikan cek fisik lembar untuk cek fisiknya. Jika sudah silahkan berikan kepada petugas agar segera cek fisik untuk mengetahui nomor mesin dan rangkanya.
Review Mutasi Balik Nama Kendaraan Bermotor Antar Kota
  • Setelah cek fisik temen-temen tinggal kebagian mutasi kendaraan sebelum keruangannya siapkan juga berkas-berkasnya. Sebut saja hasil cek fisik, STNK asli, KTP ASLI dan BPKB asli. Silahkan siapkan juga kwitansi pembelian motor dan juga berkas lama kendaraan pada ruangan kearsipan. Biaya yang mimin keluarkan yang pertama saat gesek nomor rangka dan nomor mesin yaitu Rp10.000. Kemudian biaya foto copy Rp20.000 berikut kwitansi baru. Karena sebelumnya masih atas nama mimin dan harus sama dengan KTP yang akan kita balik nama. Kemudian pada bagian kearsipan kembali diminta yaitu Rp20.000 kemudian terakhir meminta surat pada bagian fiskal dan mimin harus bayar lagi Rp20.000 kalau nggak salah. Jadi banyak keluar uang juga namun ga papa lah karena mimin baru juga. Kalau yang kedua kali dan sudah tahu mungkin mimin akan menanyakan uang-uang itu untuk apa. Karena dalam peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016 itu tidak ada jadi sobat juga harus tahu itu.

Proses Mutasi Pencabutan Berkas Membutuhkan Waktu 2 Minggu

surat pengambilan berkas mutasi
  • Jika sudah sampai step ini kembali lagi dalam dua minggu untuk menunggu STNK dalam proses mutasi pajak. Jika temen-temen sudah menyelesaikannya tinggal bayar sajah Rp150.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp250.000 untuk roda empat. Jadi lakukan pembayaran sesuai peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016. Tentang Biaya Pencabutan Berkas (PNBP) Penerimaan Negara Bukan Pajak dan jika lebih dari itu silahkan sobat lakukan protes dan proses negosiasi dengan petugas. Namun disarankan jangan menggunakan biro jasa agar lebih murah melakukan proses mutasi ini. Tinggal tunggu dua minggu dan sobat tinggal ke kota tujuan untuk melakukan proses mutasi dan itu membutuhkan waktu dua minggu lagi. Jadi memang harus sabar proses mutasi dan balik nama ini.
berkas pencabutan stnk dikota asal
  • Lalu ini adalah berkas pencabutan dari proses mutasi stnk jadi memakan waktu sekitar 2 Mingguan. Lalu mimin balik lagi ke kota asal kantor samsatnya dan mengambil berkasnya. Jika sudah kita dapatkan berkasnya tinggal ke kota tujuan mutasi kita. Jika sudah tinggal kasih saja dan jangan lupa minta foto copy untuk surat jalan. Selebihnya akan mimin bahas pada cara mutasi kendaraan dan balik nama pada kota tujuan.

Cara Mutasi Kendaraan dan Balik Nama Pada Kota Tujuan

Cara Mutasi Kendaraan dan Balik Nama Pada Kota Tujuan
  • Step pertama silahkan bawa berkas dari kota asal ke kota tujuan dan mimin tidak paham kenapa dikasih surat keterangan ini. Silahkan lakukan cek fisik kembali seperti awal pertama kita pencabutan berkas. Selanjutnya silahkan fotocopy surat jalan lalu masuk kebagian mutasi dengan membawa hasil cek fisiknya. Tinggal menunggu saja kurang lebih 20 harian namun mimin harus membayar 100k untuk biaya admin pembuatan surat keterangan seperti pada gambar. Selain itu mimin mendapatkan platnomor sementara untuk menunggu platnomor terbaru terbit. Surat keterangan ini bukan surat pengganti stnk memang hanya surat keterangan izin untuk pengoprasian kendaraan dijalan. Jadi mungkin itu tujuan pembuatan surat keterangan ini dan mimin harus membayar biaya admin 100rb. Hanya sekedar pengetahuan saja ya, mungkin tidak sadar mimin penulis ya mau gimana lagi mimin tulis seadanya.
Berkas Mutasi
  • Ok ini adalah berkas mutasi yang sudah berhasil dan mimin kurang lebih menunggu hingga 20 hari. Karena dari tanggal 23 Oktober 2020 hingga 12 November 2020 jadi sekitar kurang lebih 20 hari mimin menunggu proses mutasi dikota tujuan kantor cabang samsat kota. Jika sudah berhasil dapat sobat lihat seperti pada gambar tinggal kita bayar biaya penerbitan BPKB sebesar Rp225.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp375.000 untuk roda empat. Jadi buat kalian bisa coba tuh dengan sendiri karena lumayan juga, dari pada menggunakan biro jasa mending uangnya dipakai jajan.
formulir surat permohonan registrasi kendaraan bermotor
  • Berikut adalah formulir surat permohonan registrasi kendaraan bermotor dan pendataan kendaraan bermotor. Jadi silahkan isi yang pentingnya saja jangan sobat isi semuanya. Selengkapnya silahkan sobat lihat pada contoh yang sudah mimin isi bagian itu saja. Berarti kebawahnya gak perlu lengkap tinggal tanda tangan saja. Yang jelas isi dengan nomor registrasi baru yang sudah mimin cek list.
progresif setelah mengisi formulir
  • Kemudian identitas isi dengan ktp pemilik baru ya jangan sampe salah. Untuk meminta formulir SPRKB dan SPPKB tinggal bawa berkas tadi kebagian customer service isi kemudian bawa hasilnya kebagian progresif/update kepemilikan. Jika sudah tinggal tunggu saja kalian dipanggil pada loket pembayaran untuk biaya akan mimin uraikan.
pembayaran pajak kendaraan
  • Silahkan tunggu menerima panggilan sesuai nomor antrian kemudian tinggal bayar sesuai nomonial pada loket pembayaran. Jika sudah berikut mimin bukti pembayaran telah lunas dan kembaliannya. Jadi buat temen-temen bisa coba karena memang sangat mudah sekali.

Biaya Mutasi dan Balik Nama kendaraan bermotor

  • Siapkan juga uang untuk membayar pajak(PKB), SWDKLLJ, penerbitan STNK dan Penerbitan TNKB. Jadi lumayan juga untuk PKB mengikuti kendaraan sobat sesuai pajaknya, kemudian penerbitan STNK 100rb untuk motor dan mobil 200 rb. Penerbitan TNKB 60 rb untuk SWDKLLJ Rp40.700 belum termasuk sanksi admin. Jadi memang agak lumayan juga karena dihitung-hitung mimin mengeluarkan Rp460.900 untuk biaya pajak dan lainnya. Jika kita tambahkan dengan biaya penerbitan BPKB Rp225.000 kurang lebih Rp685.900. Jika kita totalkan dengan biaya pencabutan Rp150.000 jadi Rp835.900. Tidak nyampe 1 juta namun itu belum kita hitung bengsin, jajan dan rokok hehe. Jadi silahkan bisa sobat coba sendiri dan mimin sudah mempraktekannya. Yang terpenting berani saja agar kita tidak perlu mengeluarkan uang cukup mahal untuk biaya mutasi dan balik nama kendaraan ini.
Plat Nomor dan STNK Mutasi berhasil dan balik nama
  • Biaya diatas tidak mimin hitung saat gesek mesin kembali saat masuk dari kota awal ke samsat kota tujuan. Ada biaya Rp20.000 kemudian biaya pembuatan surat keterangan tadi pada step pertama Rp100.000 biaya adminnya. Kemudian biaya ambil platnomor Rp10.000 mimin tidak sebutkan jika mimin mau memang bisa saja menolak. Namun karena tidak tahu dan kasian juga ga papa lah. Yang jelas kita tidak keluar uang banyak hingga jutaan rupiah. Pertama saja mimin dulu mutasi dan balik nama habis sampai 1 juta lebih itu langsung dari sorum motornya. Jadi mending coba sendiri dan jangan lupa pelajari dan cari tahu biaya-biaya agar kita tidak terbodohi. Ok Terima kasih semoga bermanfaat reviewnya terima kasih.

Artikel Lainnya : Tips Balik Nama dan Mutasi Kendaraan Agar Murah

Akhir Kata

Itulah Review Mutasi Balik Nama Kendaraan Bermotor Antar Kota jadi gimana lumayan mudah bukan. Prosesnya harus sabar memang setelah bayar pajak dan bayar penerbitan BPKB kita harus menunggu lagi 2 Bulan baru bisa kita ambil di kantor samsat bagian mutasi kembali. Jadi memang tidak instan harus menunggu waktu untuk proses mutasi dan balik nama ini selesai dengan sukses. Ok Terima kasih semoga bermanfaat ya reviewnya.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close