Pengetahuan UmumTipsTUTORIAL

Tata Cara Sholat Taubat yang Benar

Cara Sholat Taubat

Senangberbagi merasa perlu berbagi ilmu bagaimana cara sholat taubat. Meskipun ini bukanlah sholat wajib, tetapi jika dilakukan keutamaannya sangatlah besar. Manusia tidaklah sempurna dan pasti memiliki banyak kekhilafan dan dosa, maka dari itu sholat taubat menjadi ibadah yang sangat disarankan untuk dilakukan terutama bagi umat muslim.

Sholat taubat harus disertai dengan keinginan sungguh-sungguh untuk berubah dan tidak akan melakukan dosa atau kesalahan yang sama di kemudian hari. Anda harus benar-benar bertaubat dengan serius dan tidak kalah mengulanginya lagi. Allah SWT berfirman dalam Surah Al Baqarah ayat 22 yang artinya :

 “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”

Waktu Sholat Taubat

Jam berapa sholat taubat sebaiknya dilaksanakan? Sebenarnya sholat ini bisa dilakukan baik siang hari maupun malam hari, namun banyak ulama yang menyarankan jika sholat taubat sebaiknya dilaksanakan pada sepertiga malam. Sebab, waktu-waktu tersebut dianggap mustajab dan Allah SWT akan mengabulkan segala permohonan kita.

Namun sebaiknya sholat taubat nasuha tidak dilakukan pada beberapa waktu karena dianggap haram. Adapun waktu-waktu tersebut adalah

  • Mulai dari terbit fajar kedua sampai terbit matahari.
  • Ketika terbit matahari sampai matahari naik sepenggalah.
  • Ketika matahari persis di tengah-tengah sampai terlihat condong.
  • Mulai dari sholat Ashar sampai matahari tenggelam pada malam hari

Tata Cara Sholat Taubat

Sekarang langsung saja, kita membahas bagaimana cara melakukan sholat taubatan nasuha yang tepat dan sesuai dengan syariat Islam. Sholat ini dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 6 rakaat.  Langsung saja, simak panduannya berikut ini :

1. Niat

Sama seperti sholat pada umumnya, sebelum memulai semuanya kita wajib untuk melafalkan dalam hati niat sholat taubat. Adapun bacaan niat sholat satu ini yaitu

 “USHALLI SUNNATAT TAUBATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA.

Artinya adalah ; “Aku Niat Shalat Sunah Taubat dua Raka’at karena Alloh Ta’ala

2. Lakukan Sholat Seperti Biasa

Cara sholat taubat untuk gerakan dan bacaan selanjutnya sama seperti kita melakukan sholat wajib. Dimulai dari takbiratul ihram, membaca doa iftitah (Sunnah), membaca Al Fatihah, membaca surat pendek, ruku, sujud, duduk diantara dua sujud hingga tahiyat akhir.

Lakukan proses dari awal hingga salam secara khusyu’ dan penuh tumakninah. Selanjutnya anda disarankan untuk berdzikir dan membaca doa setelah melaksanakan sholat taubat.

Baca juga : aplikasi jadwal puasa terbaik

Doa Setelah Sholat Taubat

Jangan lupa setelah anda melaksanakan sholat taubat untuk beristighfar memohon ampunan kepada Allah SWT. Berikut ini lafal istighfar dan doa yang bisa anda panjatkan setelah melakukan sholat taubat :

Bacaan Istighfar yang Dianjurkan

Astaghfirullahal Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyuumu Wa Atuubu Ilaihi.

Artinya:

“Aku memohon ampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Bacaan Doa Sholat Taubat

Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtanii Wa Ana ‘Abduka Wa Ana ‘Ala ‘Ahdika Wa Wa’dika Mastatho’tu. A’udzu Bika Min Syarri Maa Shona’tu, Abuu-U Laka Bini’matika ‘Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta.

Artinya :

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan dan janji-Mu yg sedapat mungkin aku laksanakan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tidak ada yang dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yang sudah aku lakukan.”

Semoga Tuhan mengampuni semua dosa-dosa yang telah kita lakukan. Demikian pembahasan mengenai tata cara sholat taubat, semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita semua terhadap Allah SWT.

Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close