Life StyleTips

Cara Supaya Bisa Tidur Cepat di Malam Hari

Cara supaya bisa tidur cepat

Cara supaya bisa tidur cepat – Walaupun malam sudah semakin larut, tak lantas membuat seseorang bisa dengan mudah tertidur dengan pulas. Ya memang begitu adanya, sebagian orang di dunia ini ada yang mengalami susah tidur atau dalam istilah medisnya lebih dikenal dengan sebutan insomnia.

Data menunjukkan, prevelansi insomnia di Indonesia mencapai 28 juta orang alias 10% dari total populasi. Bahkan jumlah ini menjadi yang paling tinggi di benua Asia.

Penyebab utamanya tentu adalah pola hidup yang tidak sehat. Terlebih lagi, di era teknologi seperti saat ini membuat banyak gaya dan pola kehidupan manusia menjadi berubah. Alhasil mereka pun kerap kali begadang hingga sulit untuk tidur di malam hari.

Cara Supaya Bisa Tidur Cepat di Malam Hari

Tidur cepat

Bagi para penderita insomnia, memang bukan perkara mudah untuk bisa tidur cepat dan pulas pada malam hari. Walau kondisi sudah berada di dalam kamar tidur, rasa-rasanya mata tidak ingin menutup sama sekali.

Tak perlu bingung dan khawatir, bagi Anda yang mengalami susah tidur berikut kami berikan beberapa tips agar bisa tidur dengan cepat di malam hari. Mari simak penjelasannya berikut ini

Teknik 4-7-8

Metode supaya cepat tidur yang satu ini mungkin masih terasa asing di telinga Anda. Dan sebagian orang masih belum melakukannya, padahal manfaatnya begitu luar biasa.

Teknik 4-7-8 pertama kali dipopulerkan oleh seorang dokter penyakit dalam bernama dr. Andrew Weil. Teknik ini sendiri dilakukan dengan tujuan supaya pikiran anda menjadi lebih tenang dan juga rileks. Begini cara melakukannya.

  • Posisikan ujung lidah Anda menempel di langit-langit mulut, tepat di belakang deretan gigi bagian atas. Jangan ubah posisi ini hingga langkah terakhir.
  • Selanjutnya buang napas melalui mulut secara perlahan, hingga ada suara desis angin yang keluar.
  • Katupkan kedua bibir Anda dan tarik napas dalam melalui hidung sambil menghitung hingga angka empat.
  • Tahan napas Anda sembari menghitung hingga tujuh dalam hati.
  • Langkah berikutnya, buang napas melalui mulut dalam hitungan hingga delapan.
  • Ulangi teknik yang sama dari awal hingga langkah ke lima sebanyak tiga kali. Sehingga Anda akan melakukan teknik ini sebanyak empat kali.

Matikan Peralatan Elektronik

Cara agar bisa tidur cepat selanjutnya adalah dengan mematikan seluruh perangkat elektronik yang Anda miliki. Baik itu ponsel, tablet, laptop, komputer, televisi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Stop melakukan kegiatan yang berhubungan dengan gadget karena hal tersebut membuat anda menjadi kesulitan tidur.

Penyebabnya yaitu adanya sinar biru pada piranti elektronik sehingga membuat produksi hormon melatonin jadi menurun. Alhasil, kualitas tidur Anda menjadi terganggu. Usahakan melakukan hal ini sekitar 20 menit hingga setengah jam sebelum tidur.

Matikan Lampu Kamar Tidur

Adanya cahaya lampu, membuat anda kesulitan untuk tidur. Sama halnya seperti cahaya layar gadget, cahaya lampu juga bisa mempengaruhi kualitas hormon sehingga Anda bisa terjaga di malam hari.

Untuk itulah, sebaliknya matikan lampu kamar ketika Anda hendak tidur. Anda akan lebih cepat tidur dalam kondisi yang gelap atau minim cahaya.

Jaga Suhu Kamar Tetap Dingin

Selain cahaya, suhu pun juga berpengaruh terhadap tidur manusia. Manusia lebih bisa tidur pada suhu dingin dibandingkan pada suhu panas. Bahkan, suhu ruangan yang dingin membuat Anda bisa lebih nyenyak ketika sudah tertidur.

Berapa seharusnya suhu ruangan yang digunakan? Idealnya adalah 18-24 derajat. Tinggal sesuaikan dengan kemampuan tubuh Anda dalam menerima suhu ruangan.

Menggunakan Aromaterapi

Cara supaya bisa tidur cepat berikutnya adalah dengan menggunakan aromaterapi, salah satu yang bisa digunakan adalah minyak lavender. Hal ini dilakukan untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh sehingga Anda lebih mudah untuk tertidur.

Sebuah penelitian membuktikan bahwasanya minyak lavender yang digunakan ke tubuh sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Tak sekedar itu saja, bahkan keesokan harinya ketika sudah terbangun Anda bisa lebih bertenaga.

Baca juga : tips bangun pagi.

Mengenakan Pakaian Tidur yang Nyaman

Salah satu cara tidur cepat 30 detik yang bisa dilakukan adalah dengan mengenakan pakaian tidur yang nyaman. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk tertidur di malam hari.

Jika anda lembur dan datang terlalu malam, sempatkan untuk mandi dan gunakanlah pakaian tidur yang nyaman. Jangan datang tiba-tiba langsung tiduran di kasur.

Mandi Air Hangat

Ini juga merupakan salah teknik tidur cepat yang bisa Anda lakukan. Dengan mandi air hangat, membuat tubuh menjadi rileks sehingga Anda lebih gampang untuk tidur di malam hari.

Apabila tak sempat mandi, paling tidak bersihkan wajah, tangan dan kaki Anda dengan air hangat. Teknik satu ini sudah banyak yang melakukannya dan terbukti sangat efektif.

Membaca Buku

Salah satu cara supaya bisa tidur cepat selanjutnya adalah dengan membaca buku sesaat sebelum tidur. Cara ini dilakukan supaya anda bisa cepat mengantuk dan pada akhirnya tertidur pulas.

Namun tidak semua buku membuat Anda cepat mengantuk. Disarankan untuk membaca buku bergenre non fiksi supaya Anda bisa cepat tertidur, ketika masih baca buku beberapa lembar saja.

Baca juga : kegiatan positif selama bulan Ramadhan

Konsumsi Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Mengkonsumi makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, roti, atau gandum bisa membuat Anda bisa tidur dengan cepat. Pasalnya, karbohidrat dapat mendorong produksi hormon tryptophan yang dapat membuat Anda lebih cepat mengantuk.

Karena itulah mengkonsumsi karbohidrat sangat disarankan. Lakukan beberapa jam sebelum Anda tidur di malam hari supaya hasilnya efektif.

Makan Makanan Manis

Selain makanan berkarbohidrat, makanan manis juga bisa membuat Anda mudah untuk tertidur. Ada sebuah penelitian yang membuktikan tentang hal ini. Hasil penelitian dari Jepang membuktikan bahwasanya senyawa octaconasol pada tebu dapat menurunkan stres dan memicu rasa kantuk pada manusia.

Tak hanya itu, senyawa ini juga sangat efektif untuk mengatasi insomnia. Untuk itulah, pada sore hari disarankan untuk mengkonsumsi makanan manis agar malam harinya Anda lebih mudah untuk tertidur.

Olahraga

Kebiasaan berolahraga ternyata sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Suatu penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang rutin melakukan olahraga intensitas sedang hingga berat terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur.

Penelitian tersebut melibatkan hingga 305 partisipan. Untuk itulah sangat disarankan untuk rutin berolahraga pada pagi atau sore harinya supaya pada malam harinya Anda tidak susah tidur.

Jangan Tidur Siang

Cara supaya bisa tidur cepat di malam hari yang terakhir adalah dengan menghindari tidur siang. Pasalnya, jika anda melakukannya membuat Anda bisa terjaga di malam hari sehingga menjadi kesulitan tidur.

Karena hal itulah, tidak disarankan untuk tidur siang selama lebih dari 2 jam karena dapat menurunkan kualitas tidur.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan supaya bisa lebih cepat tertidur pada malam hari. Usahakan lakukan secara rutin supaya hasilnya maksimal. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close